Comscore Tracker

5 Tips Biar Pasangan Gak Pindah ke Lain Hati, Bikin Klepek-klepek

Jangan mengekang ruang kebebasannya

Kalau pasanganmu berani berselingkuh, tentu membuatmu merasa sakit hati dan bisa menjadi trauma yang sulit untuk disembuhkan. Sebenarnya, pasti ada banyak faktor jika seseorang berani melakukan hal tersebut. Misalnya saja karena merasa diabaikan oleh pasangannya, tidak memiliki komitmen yang sama, dan merasa jenuh.

Perlu kamu ketahui bahwa hal seperti itu sebenarnya dapat dicegah, lho. Walaupun perselingkuhan bukan seutuhnya kesalahan darimu, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar ke depannya tidak terjadi lagi.

1. Mengetahui komitmen yang dimiliki pasanganmu 

5 Tips Biar Pasangan Gak Pindah ke Lain Hati, Bikin Klepek-klepekilustrasi pasangan (pexels.com/ Budgeron Bach)

Kenyataannya, menjalin hubungan asmara yang sehat harus dilandasi dengan komitmen dan memiliki rasa saling menghargai satu sama lain. Kalau masa lalu pasanganmu selama ini sudah sering berpindah ke lain hati dalam rentang waktu yang singkat, bisa jadi karena komitmen yang dia pegang bertolak belakang dengan mantan-mantannya.

Nah, ketika pasanganmu sudah menjelaskan komitmen soal hubungan bersamamu, dari situ kamu dapat mengetahui secara utuh seperti apa harapan yang dia inginkan. Jika komitmennya sejalan dengan apa yang kamu mau, pasti dia akan setia menjaga hubungan. Namun kalau ada perbedaan, maka diskusikanlah untuk memperoleh hasil yang terbaik untuk hubungan kalian.

2. Daripada mengekangnya, lebih baik memberinya kebebasan 

5 Tips Biar Pasangan Gak Pindah ke Lain Hati, Bikin Klepek-klepekilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Rasa cemburu memang wajar terjadi ketika menjalin hubungan asmara. Namun, jika cemburu tanpa ada alasan yang jelas justru terkesan mengekangnya. Kamu tidak bisa mengklaim kehidupan pasangan seutuhnya adalah milikmu.

Maka dari itu, kamu harus memahami bahwa keseimbangan antara urusan percintaan dan pribadi adalah hal yang penting demi keharmonisan hubungan kalian. Perselingkuhan terjadi salah satunya karena pasangan merasa terkekang atau tertekan oleh aturan-aturan yang membuatnya sulit memiliki ruang kebebasan.

Kalau sudah seperti itu, jangan heran dia merasa tidak nyaman menjalin hubungan asmara denganmu dan perselingkuhan pun bisa terjadi. Maka, bertindaklah sewajarnya dan jangan terlalu posesif biar pasanganmu tidak pindah ke lain hati.

Baca Juga: 5 Kebebasan yang Harus Kamu Terapkan dalam Hubungan Asmara

3. Nyambung saat diajak bicara bersamanya 

5 Tips Biar Pasangan Gak Pindah ke Lain Hati, Bikin Klepek-klepekilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Salah satu hal yang penting dalam hubungan asmara adalah rasa nyaman satu sama lain. Kalau sudah tidak nyaman, pasti ada saja konflik yang terjadi. Untuk bisa membuat pasangan nyaman ialah ketika kamu bisa nyambung saat diajak bicara bersamanya.

Memang terlihat sepele, namun memiliki pasangan yang enak diajak bicara justru mempererat ikatan asmara di antara kalian. Sehingga, meminimalkan rasa jenuh atau bosan yang menjadi penyebab perselingkuhan.

4. Bisa cepat berbaur dengan lingkungannya 

5 Tips Biar Pasangan Gak Pindah ke Lain Hati, Bikin Klepek-klepekilustrasi pertemanan (pexels.com/APRIL STUDIO)

Jika kamu bisa akrab dengan lingkungannya, misalnya saja teman-temannya, sahabatnya, dan bahkan keluarganya, kamu pun bisa disukai juga oleh mereka. Ketika semua lingkungan terdekatnya telah mengenalmu dengan baik, maka tidak heran dia akan memantapkan bahwa kamu layak menjadi pendamping hidupnya.

Sebab, kalau lingkungannya pun bisa menerima atau merestui hubungan kalian, pasti hatinya bisa terketuk untuk tetap menjaga hubungan bersamamu. Maka dari itu, mengakrabkan diri kepada lingkungan terdekatnya adalah hal yang penting untuk kamu lakukan.

5. Memiliki inisiatif yang tinggi 

5 Tips Biar Pasangan Gak Pindah ke Lain Hati, Bikin Klepek-klepekilustrasi pasangan (pexels.com/Arina Krasnikova)

Mungkin masih banyak orang tidak menyadari bahwa memiliki inisiatif yang tinggi merupakan nilai plus di mata pasangan. Ketika pasanganmu sedang dalam situasi yang sulit, maka kita pun bisa bersikap inisiatif untuk menolongnya.

Bagaimanapun juga, pasanganmu akan merasa diabaikan jika kamu tidak memperhatikannya secara baik. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bersikap inisiatif perlu dilakukan. Jangan sampai kamu seakan-akan tidak mempedulikannya, alhasil dia bisa saja berselingkuh atau mengakhiri hubungan bersamamu.

Kesetiaan adalah hal yang penting dilakukan jika telah bersama pasangan yang terbaik menurutmu. Maka dari itu, jangan sampai membuat pasanganmu pergi meninggalkanmu hanya karena kamu tidak dapat membuatnya nyaman menjalin hubungan bersamamu.

Baca Juga: 5 Akibatnya kalau Pasangan Tidak Bisa Berbaur dengan Keluargamu

Rizki Achmad Putra Photo Verified Writer Rizki Achmad Putra

typing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya