Comscore Tracker

Bisa Batal Nikah, 5 Ujian yang Sering Dialami Pasangan Sebelum Menikah

Hati-hati ya jangan mudah goyah

Setiap pasangan pasti menginginkan agar cintanya bisa berlabuh ke pelaminan, apalagi pasangan yang sudah lama menjalin hubungan pacaran. Tentu menikah sudah menjadi dambaan bagi keduanya. 

So, buat kamu yang sudah punya rencana nikah kamu harus tau beberapa ujian yang sering dialami banyak pasangan ketika akan menikah. Supaya kamu bisa mengambil sikap dan solusi yang tepat saat kamu mengalami masalah-masalah seperti di bawah ini.

1. Rasa ragu

Bisa Batal Nikah, 5 Ujian yang Sering Dialami Pasangan Sebelum Menikahinstagram.com/syifahadjureal

Biasanya menjelang menikah rasa ragu sering kali muncul, bentuk rasa ragu itu biasanya berupa pertanyaan-pertanyaan yang muncul dari diri sendiri. Rasa ragu apakah keputusan menikah ini adalah keputusan yang tepat, apakah dia nanti akan menjadi pasangan yang baik, atau ragu pada diri sendiri apakah aku bisa menjadi istri yang baik.

Ketika kamu mengalami hal itu sebaiknya jangan biarkan rasa ragu terus menghantui pikiranmu, bicarakanlah dengan pasangan agar dia mengerti sehingga kalian bisa mencari jalan keluarnya bersama, atau kamu juga bisa sharing dengan orangtua supaya kamu mendapatkan solusi dari keraguan itu. 

2. Pasangan lebih sensitif sehingga sering bertengkar

Bisa Batal Nikah, 5 Ujian yang Sering Dialami Pasangan Sebelum Menikahpinterest.com

Menjelang nikah biasanya sikap pasangan cenderung berubah, dia menjadi lebih sensitif. Misalnya jadi lebih mudah marah, cepat tersinggung, atau ngambekan, tak heran jika kalian akan sering bertengkar. Bahkan dalam sehari pasti ada aja hal-hal yang bikin kamu dan pasangan bertengkar.

Memang sih dalam sebuah hubungan pertengkaran adalah hal yang wajar, namun menjelang menikah pertengkaran itu jadi lebih sering dan lebih mudah terjadi. Banyak hal yang bisa memicu terjadinya pertengkaran, mengingat banyak hal juga yang harus diurus bersama untuk menyiapkan pernikahan.

Ya  selama pertengkaran itu masih dalam kategori wajar sih gak masalah, tapi kalau sudah berkepanjangan sebaiknya Kamu harus hati-hati dan memikirkan solusi yang tepat agar masalahmu bisa cepat terselesaikan.

Baca Juga: Kamu Pantang Ucapkan 5 Kalimat Ini pada Teman yang Batal Nikah

3. Mantan yang tiba-tiba datang

Bisa Batal Nikah, 5 Ujian yang Sering Dialami Pasangan Sebelum Menikahinstagram.com/cutsyifa

Menjelang menikah biasanya mantan tiba-tiba datang menghubungi, entah menelepon atau sekadar mengirim pesan melalui akun sosial media mu, mulai dari menyapa, memberikan perhatian, atau bahkan ngajak balikan.

Untuk itu kamu harus bisa mengambil sikap yang tepat untuk mengatasi mantan yang tiba-tiba datang, supaya ini gak jadi masalah besar dalam hubunganmu dengan pasangan. Jangan terjebak dengan mantan ya

4. Tiba-tiba banyak yang naksir

Bisa Batal Nikah, 5 Ujian yang Sering Dialami Pasangan Sebelum Menikahpinterest

Pasangan yang akan menikah biasanya memancarkan aura bahagia, tak jarang jika tiba-tiba ada banyak lawan jenis yang naksir. Apalagi yang naksir kamu itu orangnya lebih baik dari pasanganmu, dari segi fisiknya, kemapanannya, dan karakternya.

Tentu itu adalah ujian berat buat kamu, untuk itu kamu harus bisa mengambil sikap yang tepat agar tidak menimbulkan masalah baru dengan calon pendampingmu, apalagi ini adalah persoalan sensitif yang bisa mengganggu momen sakralmu.

5. Selisih paham dalam mempersiapkan acara pernikahan

Bisa Batal Nikah, 5 Ujian yang Sering Dialami Pasangan Sebelum Menikahstocksy.com

Menikah gak cuma tentang kamu dan pasangan, namun juga tentang dua keluarga yang punya pemikiran dan pendapat yang beda. Dalam mempersiapkan acara pernikahan, selisih paham antara kamu dan orangtuamu bahkan orang tua pasangan sering kali terjadi.

Konsep pernikahan yang sejak lama telah kamu idam-idamkan kadang gak sesuai dengan apa yang orangtua atau orang tua pasangan inginkan.


Kamu menginginkan konsep seperti ini, sedangkan orang tua mu dan orang tua pasangan punya konsepnya masing-masing. Untuk menghindari perdebatan yang berkepanjangan, hal ini sebaiknya dibicarakan dengan baik antara keluargamu dan juga keluarga pasangan hingga mendapatkan kesepakatan bersama.

Semuanya harus dihadapi dengan kepala dingin, jangan sampai semuanya yang telah kamu, pasangan, dan keluarga menjadi berantakan.

Baca Juga: Pernah Batal Nikah, Ini 6 Wanita dalam Kehidupan Roger Danuarta

Rizky Annisa Photo Verified Writer Rizky Annisa

Instagram: rizky_annisa_muna

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You