Comscore Tracker

Seimbang Sukses Karir & Pernikahan Itu Gak Mustahil, Asal Kamu Terapkan 4 Tips Ini!

Siapa bilang sukses dalam karir harus selalu mengorbankan pernikahan?

Sering kita dengar bahwa dua orang yang sama-sama sukses dalam karir pasti sulit mempertahankan kehidupan rumah tangganya. Berbagai perceraian orang-orang terkenal mulai dari Johnny Depp dan Amber Heard, Ben Affleck dan Jennifer Garner, hingga Angelina Jolie dan Brad Pitt seakan membayangi kesuksesan pernikahan pasangan sukses lainnya.

Power couple seperti David dan Victoria Beckham, Meryl Streep and Don Gummer, Barack dan Michelle Obama, Mark Zuckerberg dan Priscilla Chan, Bill Gates dan Melinda Gates, Marissa Mayer dan Zachary Bogue, serta masih banyak pasangan lain yang membuktikan kesuksesan dalam karir tak harus mengorbankan pernikahan. Berikut ini 4 tips penting yang wajib kamu tahu agar karir dan rumah tanggamu tak saling jadi korban.

1. Tak lupa untuk menghabiskan waktu bersama.

Seimbang Sukses Karir & Pernikahan Itu Gak Mustahil, Asal Kamu Terapkan 4 Tips Ini!today.com

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan sang istri Priscilla Chan adalah dua individu yang masing-masing punya karir menjanjikan. Ketika Mark menikahi Priscilla, mereka membuat perjanjian yang isinya Mark harus mengajak Priscilla berkencan seminggu sekali dan menghabiskan 100 menit per minggu hanya untuk berdua di luar kantor dan tempat tinggal mereka. Salah satu kesuksesan keduanya dalam berumah tangga adalah karena baik Mark dan Priscilla sama-sama menyukai kegiatan filantropi. Pasangan dengan visi sama punya tingkat kesuksesan lebih tinggi.

2. Sering berkomunikasi dengan baik.

Seimbang Sukses Karir & Pernikahan Itu Gak Mustahil, Asal Kamu Terapkan 4 Tips Ini!Getty Images via thepressroom.gr

Berkomunikasi yang baik tentu bukan hanya sekadar memberi kabar sedang melakukan apa di tempat mana. Komunikasi yang baik adalah ketika kedua pihak bisa saling menjadi diri sendiri, mengatakan apa adanya, saling menguatkan, dan tak egois. Hal ini penting karena dalam dunia pekerjaan stress itu pasti ada. Oleh karena itu, pasangan yang baik harus bisa menjadi pendengar yang baik serta mampu menunjukkan dukungan ketika dibutuhkan.

Baca Juga: 25 Pertanyaan Ini Akan Menguji Chemistry Antara Kamu dan Pasanganmu, Berani Coba?

3. Tak merasa insecure dengan kesuksesan masing-masing.

Seimbang Sukses Karir & Pernikahan Itu Gak Mustahil, Asal Kamu Terapkan 4 Tips Ini!REUTERS via ibtimes.co.uk

Perbedaan antara power couple dengan pasangan biasa atau yang hanya menonjol salah satunya adalah bahwa pencapaian dalam karir adalah bagian dari mereka. Pasangan ini tak bisa (dan memang tak harus) memilih antara karir atau pernikahan karena keduanya sangat penting. Oleh karena itu, kedua individu tak merasa insecure dengan kesuksesan masing-masing.

Suami aktris Hollywood Salma Hayek, François-Henri Pinault (CEO dari perusahaan ternama Kering), mencontohkan ini. Ia mendorong Salma untuk kembali berakting setelah melahirkan karena ingin melihat sang istri sukses dalam karir yang dicintainya.

4. Komitmen adalah hal paling penting.

Seimbang Sukses Karir & Pernikahan Itu Gak Mustahil, Asal Kamu Terapkan 4 Tips Ini!ted.com

Dengan kesuksesan di bidang karir, kesibukan yang menggila adalah sebuah keniscayaan. Akan ada banyak sekali hal yang menjadi distraksi sehingga seseorang bisa kehilangan fokus terhadap kehidupan rumah tangga yang sejatinya tak kalah penting. Oleh sebab itu, sejak awal setiap pasangan harus mempertegas komitmen mereka dalam berbagai macam hal, terutama sesuatu yang dianggap sangat fundamental bagi salah satu atau kedua pihak. Masing-masing harus yakin bahwa dukungan dan kepercayaan itu selalu ada. Namun, keduanya juga wajib menunjukkan komitmen ini. Trust is earned, right?

Baca Juga: Barack dan Michelle Obama Ajarkan 7 Hal Berharga Tentang Cinta Sejati

Topic:

Berita Terkini Lainnya