Comscore Tracker

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!

"Bersedia memungut paku di jalan"

Salah satu masukan penting mengenai asmara yang pernah aku dapat adalah: bedakan antara boys (anak cowok) dan men (pria). Mengapa harus dibedakan? Baik boys maupun men sama-sama berjenis kelamin laki-laki di mana mereka punya lebih banyak kualitas maskulin dibandingkan girls atau women yang didominasi femininitas (sikap kewanitaan).

Perbedaan keduanya bukan hanya terletak pada usia, tapi juga seperti apa karakter, sikap, serta pola pikirnya. Boys cenderung masih kekanak-kanakan dan memikirkan diri sendiri. Sedangkan men adalah pria yang secara karakter lebih dewasa dan tahu prioritas. Tentu kita tak mau menghabiskan waktu dengan laki-laki yang lebih memilih main FIFA karena malas bekerja.

Kemudian ada istilah gentlemen. Ini biasanya disematkan pada pria yang punya kualitas terbaik diantara pria-pria lainnya. Misalnya begini:

Ada dua orang laki-laki berusia 27 tahun. Secara usia, keduanya sama-sama pria. Namun, yang satu tak hanya punya sifat yang secara umum baik, tapi dia punya kualitas ekstra di mana karakter dan pola pikirnya punya dampak positif terhadap pasangan maupun lingkungan sekitar. Secara alami, seorang pria baru akan disebut gentleman setelah bisa menyentuh perasaan orang lain (pasangan, sahabat, keluarga, dan sebagainya) secara personal. Jadi, ia tak hanya hadir, tapi keberadaannya juga punya makna lebih bagi orang lain.

Meski demikian, setiap perempuan punya definisi berbeda yang lebih spesifik mengenai seorang gentleman. Oleh karena itu, 10 perempuan dari beragam profesi ini memberikan penilaian mereka pribadi tentang seperti apa pria yang layak disebut sebagai seorang gentleman.

Priska, Project Manager.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!Mario Testino/Vogue via popsugar.com

Seorang gentleman harus punya integritas dan tidak melihat kesuksesan perempuan sebagai sebuah ancaman. Dia harus bisa melihat pencapaian perempuan sebagai sesuatu yang dirayakan bersama.

Agustin, Creative Editor.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!brandonwoelfel.com

Menurutku, dia adalah pria yang bisa menghargai perempuan dalam segala hal. Seorang gentleman juga punya kepekaan. Misalnya, paham kapan seorang perempuan butuh bantuan tanpa harus diberitahu terlebih dulu.

Erni, Copywriter.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!Canyon Creeks Film via girlschannel.net

Dia harus bertanggungjawab terhadap pilihan yang diambil dan konsekuensinya. Bagiku dia juga harus bisa mendukung impian pasangannya. Kalaupun dia tak setuju, dia bisa berkomunikasi untuk mengambil jalan tengah. Pria ini pun punya kepedulian yang baik terhadap sekitarnya. Contohnya, dia bersedia memungut paku di jalan yang bisa membahayakan pengendara.

Siantita, Video Producer.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!Temple Hill Entertainment via fanpop.com

Pria yang tergolong gentleman itu tak hanya bisa bersikap lemah lembut terhadap perempuan, tapi juga bisa tegas, tergantung situasinya. Dia pun bisa memposisikan dirinya. Contohnya adalah dia mau membantu memotong sayuran tanpa berpikir tak pantas melakukannya hanya karena dia laki-laki.

Baca Juga: Hubungan yang Sudah Dewasa vs. Kekanak-kanakan, Ini Bedanya!

Ruth, Social Media Manager.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!brandonwoelfel.com

Dia harus bisa memperlakukan perempuan seperti memperlakukan mamanya. Kalau dia baik, dia baik. That's it.

Ernia, Community Manager.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!quotesideas.com

Seorang gentleman itu selain punya karakter family man, dia juga tak mempersoalkan jender. Katakanlah pacar atau istrinya sedang sibuk dan butuh bantuan, dia tak akan segan untuk menolong meski misalnya dia harus membawakan tas perempuan atau mengganti popok anak. Gentleman juga tak takut akan kesuksesan pasangannya. Justru itu akan dijadikan motivasi agar dia pun bisa bekerja dengan baik.

Rully, Creative Writer.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!Mario Testino/Vogue via stylecaster.com

Kalau aku menilai pria itu harus setia dan memahami karakter pasangannya tanpa memaksakan kehendak agar dia berubah. Pria yang tergolong gentleman itu juga punya kepedulian yang baik pada orang lain meski tak kenal, bahkan ketika di jalan sekalipun.

Yuni, Accounting Manager.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!blog.naver.com

Menurutku seorang gentleman itu punya sifat melindungi dan selalu ada buat pasangannya. Komitmen sehari-hari itu paling penting untukku. Misalnya, kalau pasangannya butuh diantar, dia siap. Begitu juga saat pasangannya sedih karena ada masalah, dia bisa jadi tempat curhat dan mampu menghibur dengan lelucon-leluconnya.

Novita, Content Strategist.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!Lionsgate via cinemabravo.com

Pria baru bisa disebut gentleman saat punya tiga kualitas ini. Pertama, punya integritas. Dia adalah pribadi yang sama baik di dalam maupun di luar rumah. Ucapan dan tindakan harus selaras. Kedua, mau memperjuangkan apa yang dia cintai meski berarti dia harus mengalahkan egonya sendiri. Ketiga, seorang gentleman melihat perempuan sebagai equal partner -- tak hanya minta dukungan, tapi juga siap mendukung. 

Sasa, Video Producer.

Bukan Soal Uang & Penampilan, Ini Definisi Cowok Gentleman Menurut Para Cewek!Spyglass Entertainment via thoughtcatalog.com

Pokoknya saat dia salah, seorang gentleman tak gengsi untuk mengakui dan meminta maaf.

Baca Juga: ​Barack dan Michelle Obama Ajarkan 7 Hal Berharga Tentang Cinta Sejati

Topic:

Berita Terkini Lainnya