Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam 

Jangan sampai dirimu sendiri yang malah tersakiti ya

Siapapun pasti pernah merasakan indahnya jatuh cinta, bukan? Jika kamu sedang jatuh cinta, maka pikiranmu selalu tertuju kepada orang yang dicintai. Entah ketika makan, bekerja, bahkan sebelum tidur, yang ada dalam pikiranmu hanyalah orang yang kamu cintai.

Apalagi jika kamu telah menjalin hubungan dengan seseorang yang kamu cintai dalam waktu yang cukup lama, tentu perasaan cinta kamu akan bertambah dalam. Semakin lama kamu menjalin hubungan dengan seseorang, maka perasaan cinta kamu akan semakin dalam.

Namun, ketika mencintai seseorang tentu harus ada batasnya. Sebaiknya, kamu tidak mencintai pasangan terlalu dalam.

Mau tahu kenapa? Yuk, kita simak lima alasan kenapa kamu tidak boleh mencintai pasanganmu terlalu dalam.

1. Kamu akan sangat sulit melupakan pasangan jika suatu saat kalian berpisah

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam Pixabay.com/Makunin

Jika kamu mencintai seseorang terlalu dalam, tentu kamu akan sangat sulit melupakannya jika pada akhirnya hubungan kalian kandas di tengah jalan. Kamu akan sangat terpuruk dan sangat sulit menerima kenyataan bahwa hubungan kalian telah berakhir. Kamu akan terus mengingatnya dan tidak dapat move on darinya.

So, cintailah pasanganmu sewajarnya aja ya. Biar kamu juga tidak susah melupakannya jika suatu saat kalian harus berpisah.

2. Kamu akan dibutakan oleh perasaan cintamu jika mencintai pasangan terlalu dalam

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam Pexels.com/Innalesyk

Jika kamu mencintai pasangan terlalu dalam, maka kamu akan cenderung dibutakan oleh perasaan cintamu kepada pasangan. Kamu akan menutup mata terhadap kekurangan pasanganmu dan menganggap dia adalah makhluk paling sempurna yang mampu membahagiakanmu. Tentu ini adalah hal yang salah.

Bukalah matamu lebar-lebar dan nilailah pasanganmu secara objektif. Tidak ada yang salah dengan perasaan cintamu terhadap pasangan. Namun, jika kamu mencintai pasangan terlalu dalam, maka itu dapat membuat dirimu sangat terluka kalau pada akhirnya ia membuatmu kecewa.

Baca Juga: Gawat, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan Mencintai Pasangan

3. Kamu akan sulit memulai hubungan cinta yang baru dengan orang lain

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam Pexels.com/Pixabay.com

Jika kamu mencintai seseorang terlalu dalam, kamu tentu akan sangat sulit untuk melepasnya.

Bagaimana jika suatu saat ternyata kalian tidak berjodoh? Tentu kamu merasa seakan duniamu runtuh. Kamu terpuruk dalam kesedihan hingga sulit memulai hubungan cinta yang baru dengan orang lain. Hal ini tentu sangat merugikan dirimu sendiri, bukan?

Selain itu, kamu juga akan sulit percaya kepada kekasih barumu nanti karena masih belum bisa move on sepenuhnya dari pria yang kamu cintai. 

4. Kamu rentan menjadi korban dalam hubungan cinta yang tidak sehat

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam Pexels.com/Zunzun

Jika kamu mencintai pasangan terlalu dalam, maka ini dapat memicu hubungan cinta yang tidak sehat. Hal ini dapat membuka kesempatan buat pasanganmu untuk menjadikanmu sebagai umpannya. Tidak heran jika pada akhirnya kamu hanya dimanfaatkan oleh pasanganmu.

Secara tidak sadar, kamu menjadi korban dari hubungan yang tidak sehat itu. Jika pasanganmu sudah mendapatkan apa yang diinginkannya maka, ia dapat meninggalkanmu kapan pun dia mau. So, kamu harus lebih hati-hati dalam mencintai, ya. Jangan sampai terlalu dalam! 

5. Perasaan cinta yang dalam dapat membuat kondisi psikologismu terganggu

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Boleh Mencintai Pasangan Terlalu Dalam Pexels.com/Rawpixel.com

Jika kamu mencintai pasanganmu terlalu dalam, maka itu bisa berdampak negatif terhadap kondisi psikologismu. Secara tidak sadar, kamu bisa merasa sangat cemas dan timbul rasa takut kehilangan pasangan tanpa alasan yang jelas.

Tidak hanya itu, kamu juga akan bersikap posesif dan cenderung emosional jika pasanganmu melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsipmu. Hal ini tentu bisa membuat kondisi psikologismu terganggu. Kamu pun rentan terkena gangguan mood atau depresi yang tentunya sangat mengganggu hubunganmu dengan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Itulah lima alasan kenapa kamu tidak boleh mencintai pasanganmu terlalu dalam. Sebaiknya, kamu perlu berhati-hati menaruh perasaanmu kepada orang lain karena tidak semua orang layak mendapatkannya. Jangan sampai malah kamu sendiri yang tersakiti karena mencintai pasanganmu terlalu dalam. Be aware, ya!

Baca Juga: 5 Zodiak yang Konon Paling Membawa Keberuntungan buat Pasangan

Rosselini Utami Wijaya Photo Community Writer Rosselini Utami Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You