Comscore Tracker

5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias Gamophobia

Tak selamanya menikah itu berujung derita

Menikah memang tak selamanya indah. Hampir semua orang sudah tahu bahwa menikah bukanlah hal mudah. Ada banyak lika-liku dan tantangan yang harus dihadapi dalam pernikahan. Tidak sedikit pasangan yang pada akhirnya menyerah dan memutuskan untuk bercerai dari pasangan karena merasa sudah tidak cocok lagi. Secara tidak langsung, fenomena ini membuat sebagian orang yang belum menikah takut untuk berkomitmen dalam pernikahan. Rasa takut untuk menikah atau berkomitmen dengan seseorang sering disebut dengan ‘gamophobia’. Tentu rasa takut untuk menikah bisa disebabkan oleh banyak hal. Mau tahu apa saja hal-hal yang menyebabkan seseorang takut untuk menikah? Yuk, kita simak lima hal yang menyebabkan seseorang mengalami gamophobia.

1. Pernah dikhianati oleh pasangan yang sangat dicintainya hingga pada akhirnya takut untuk menikah

5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias GamophobiaPexels.com/Katjayne

Seseorang yang terkena gamophobia biasanya pernah mengalami peristiwa yang sangat menyakitkan tentang hubungan cinta dengan pasangannya dahulu. Entah itu dikhianati oleh pasangan dan ditinggal pergi oleh pasangan begitu saja tanpa ada kata ‘putus’. Tentu hal ini adalah sesuatu yang sangat menyakitkan bagi siapa saja yang pernah mengalaminya. Tidak sedikit orang yang pernah disakiti oleh pasangan mengalami trauma untuk membangun relasi dengan lawan jenis. Trauma yang dirasakan berlarut-larut bisa membuat seseorang mengalami gamophobia atau biasa disebut dengan ketakutan untuk menikah.

2. Takut tidak akan merasakan kebahagiaan yang semestinya setelah menikah

5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias GamophobiaPexels.com/Tessemilyseymour

Seseorang yang terkena gamophobia biasanya disebabkan karena munculnya persepsi bahwa menikah tidak akan membuat dirinya lebih bahagia daripada saat masih lajang. Setiap orang tentu ingin menikah lalu hidup bahagia selama-lamanya. Namun, kenyataan terkadang tidak seindah harapan. Tidak ada yang bisa menjamin pernikahan akan memberikan kebahagiaan kepada siapapun yang telah menikah. Hal ini tentu membuat sebagian orang takut untuk menikah dan berkomitmen dengan pasangan yang dicintainya.

3. Takut kehilangan kebebasan melakukan hal-hal yang disukai setelah menikah

5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias GamophobiaPexels.com/Pixabay.com

Seseorang yang mengalami gamophobia biasanya juga merasa takut kehilangan kebebasan melakukan hal-hal yang disukai setelah menikah. Misalnya, seseorang yang suka menghabiskan waktu dengan jalan-jalan, nongkrong dan belanja bersama teman-temannya setelah menikah tentu tidak bisa sebebas itu. Setelah menikah, tentu kebebasan mulai dibatasi. Hal ini tentu membuat seseorang takut untuk menikah. Mereka tidak siap untuk dikekang melakukan hal-hal yang disukai. Mereka takut tidak bisa sebebas ketika masih menyandang status ‘single’.

Baca Juga: Takut Berhubungan Serius Ternyata Ada Istilahnya, Yaitu Gamophobia

4. Tidak siap dengan tugas dan tanggung jawab yang harus diemban setelah menikah

5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias GamophobiaUnsplash/Alexanderdummer

Tentu menikah tidak hanya sekedar mengucapkan janji pernikahan lalu selesai begitu saja. Setelah menikah, tentu kamu akan diperhadapkan oleh berbagai tugas dan tanggung jawab seperti memasak, membereskan rumah dan mengasuh anak. Tentu tidak semua orang siap mengerjakan tugas dan tanggung jawab dalam rumah tangga. Hal ini tentu dapat membuat seseorang takut untuk menikah karena banyaknya tugas dan tanggung yang harus diselesaikan ketika sudah menikah. 

5. Munculnya ketakutan akan menikah dengan pasangan yang salah

5 Sebab Seseorang Takut Banget Berkomitmen Alias GamophobiaPexels.com/Pixabay

Siapapun tentu ingin menikah dengan orang yang tepat. Tidak ada satu orang pun ingin menikah dengan orang yang salah hingga akhirnya berujung perpisahan. Menikah dengan pasangan yang salah tentu bisa membuat dirimu menderita seumur hidup. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa sebagian besar orang takut untuk menikah. Mereka berpikir bahwa lebih baik sendiri saja daripada menikah dengan orang yang salah.

Itulah lima hal yang menyebabkan seseorang mengalami gamophobia. Memang menikah bukanlah hal yang mudah dan hanya sekali seumur hidup. Namun, anda jangan takut untuk menikah! Tidak selamanya pernikahan itu berujung derita. Tentu ada kalanya anda akan merasa bahagia karena telah menikah dengan pasangan yang anda cintai.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Komitmen dalam Hubungan, Cinta Saja Gak Cukup!

Rosselini Utami Wijaya Photo Community Writer Rosselini Utami Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You