Comscore Tracker

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soul

Banyak teman yang meminta solusi hidup padamu

Apakah kamu merasa teman-temanmu selalu menceritakan masalah hidup mereka padamu? Tak hanya itu, mereka juga sering meminta solusi padamu karena kamu dianggap lebih bijak? Jangan merasa aneh dengan hal ini, ya. Ini bisa saja menandakan bahwa kamu seorang old soul, lho.

Dilansir laman Loner Wolf, old soul (jiwa tua) adalah orang yang merasa tingkat kedewasaannya jauh lebih tinggi dari usianya. Hal ini dibarengi dengan empati tinggi, intusi tajam, wawasan luas tentang kondisi manusia, serta kecerdasan tinggi. Biasanya kamu akan lebih bijak dan dewasa dibandingkan teman sebayamu. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat ciri-ciri seorang old soul berikut ini. 

1. Lebih suka menjadi solitaire

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old SoulIlustrasi (unsplash.com/Olaia Irigoien)

Meski suka dimintai pendapatnya, seorang old soul tidak terlalu nyaman berteman dengan orang sebayanya. Menurutnya orang yang seumuran dengannya, hampir semuanya tidak memiliki pola pikir yang sama dengannya.

Alhasil dia memilih menjadi solitaire atau penyendiri. Uniknya, meski sendirian, dia tidak merasa kesepian, lho.

2. Rasa ingin tahu yang tinggi

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Old soul sangat mementingkan kebijaksanaan dan kebenaran. Itulah mengapa dia selalu mencari tahu segala hal hingga mengetahui kebenarannya.

Apakah itu tentang dirinya, keluarga, negara, hingga dunianya, old soul akan mencari tahu hingga pikiran dan hatinya merasa yakin dengan kebenaran yang dia temukan. Itulah sebabnya, orang yang memiliki jiwa old soul cenderung tidak gegabah.

3. Memiliki perspektif berbeda dengan yang lain

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi diskusi (pexels.com/Kampus Production)

Apakah dia sering berkata, 'aku gak yakin ini berhasil, atau 'sepertinya itu berhasil' di saat yang lain memiliki perspektif berbeda denganmu. Anehnya, apa yang diucapkannya sering kali benar. Eits, old soul bukanlah seorang cenayang, tapi intuisinya memang tajam. 

Hal yang menarik dari old soul adalah dia menyukai hal-hal sederhana dan cara klasik. Meski banyak yang mengatakan dia ketinggalan zaman, tapi dia merasa nyaman dengan hal itu. 

4. Melihat secara 'big picture'

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi diskusi bos dan tim (pexels.com/Tima M.)

Dia tidak mudah terbawa emosi dan melihat segala hal dengan prespektif yang lebih besar. Tak hanya melihat dari satu sisi saja, dia memperhatikan berbagai sisi dan menentukan manakah solusi terbaik untuk semuanya.

Tak jarang, dia akan meminta waktu untuk mundur sejenak agar dapat melihat permasalahan secara lebih luas. Itulah sebabnya seorang old soul jarang salah dalam mengambil keputusan, nih.

Baca Juga: 5 Hal yang Tidak akan Dilakukan Orang Berkepribadian Dewasa

5. Menyukai pengetahuan, kebenaran, dan kebijaksanaan

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi rileks di rumah (unsplash.com/Anthony Tran)

Meski terlihat aneh, tapi old soul sangat menyukai ilmu pengetahuan, intelektual, kebebasan, dan kebijaksanaan. Karena itu, old soul jarang melihat seseorang dari penampilannya tapi dari inner beauty. 

Selain itu, dia juga tidak tertarik dengan kekinian, tapi lebih suka tentang ilmu pengetahuan. Jadi jangan pernah heran kalau old soul lebih suka berdiskusi tentang buku dibandingkan gosip artis.

6. Memiliki nilai spiritual tinggi

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi meditasi terfokus (unsplash.com/Conscious Design)

Biasanya old soul mempunyai sifat sensitif serta spiritual yang tinggi. Dia sangat tertarik mempelajari ilmu spiritual seputar kedamaian hati seperti yoga, meditasi, ketenangan batin, mindfulness, dan hal-hal lain.

Oleh karena spiritual yang tinggi, dia jadi lebih sensitif dengan batin, perubahan suasana sekitar, dan alam. Menurutnya, Tuhan 'mengajak' dia berbicara melalui alam atau batinnya. Sehingga, sering kali apa yang diucapkannya itu terjadi. Tenang, dia bukan cenayang kok. Tingkat spiritual lah yang membuatnya lebih sensitif.

7. Mudah mengenal sesama old soul

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi orang berpelukan (pexels.com/Anna Shvets)

Meski yang berjiwa tua sulit berkomunikasi dengan orang sebayanya, tapi dia akan langsung 'klop' jika bertemu dengan sesama old soul. Meski nyaman menyendiri, tetapi dia menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Itulah sebabnya sesama old soul akan mencari satu sama lain dan membina pertemanan jangka panjang. Uniknya, meski jumlahnya sedikit, sesama old soul saling setia dalam hubungan pertemanan mereka, lho. Jadi tak ada istilah 'teman makan teman' di antara mereka.

8. Menyadari hidup itu tidak kekal

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi refleksi (pexels.com/Ismael Sanchez)

Bukan menakutkan, tapi dia yang memiliki jiwa tua memang suka mengingat kematiannya sendiri dan juga kehidupan orang di sekitarnya. Tak jarang dia mengalami beberapa kali krisis eksistensial selama hidupnya karena sadar hidup itu tidak kekal.

Itulah mengapa dia lebih tabah ketika menghadapi masalah, karena dia menyadari bahwa kesulitan yang dirasakan bukanlah akhir hidupnya. Hal ini mengakibatkan dia jadi lebih hati-hati mengambil keputusan karena bisa mempengaruhi hidupnya nanti.

9. Tipikal introspektif

Lebih Dewasa dari Teman Sebaya, Ini 9 Ciri Kamu Seorang Old Soulilustrasi menulis diary (pexels.com/pixabay)

Old soul cenderung memikirkan segala hal. Alhasil sangat penting bagi dia untuk menyempatkan waktu dan ruang untuk introspeksi, berefleksi, dan mencari kesadaran diri. Dari perenungan ini, dia jadi lebih cepat memahami orang dan lingkungan di sekitarnya.

Di samping itu, waktu introspeksi itu digunakan untuk mengevaluasi diri, mencegah masalah menjadi lebih besar, ingin berbuat lebih baik, dan menciptakan keseimbangan dalam hidup.

Dari ciri-ciri di atas, apakah ada yang sesuai dengan karaktermu? Jangan-jangan kamu seorang old soul, nih. Wah, kamu pasti orang yang sangat dewasa, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalah

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya