Comscore Tracker

5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasangan

Jangan salah memilih pasangan ya

Dalam menjalin hubungan kita semua pasti ingin punya pasangan yang terbaik bukan? Dan sudah barang tentu ketika mencari pasangan kita akan melihat bagiamana sikap atau attitude-nya, kepribadiannya seperti apa, punya tujuanya yang sama atau tidak dan sebagainya.

Namun terkadang saat jatuh cinta, kita jadi sering dibutakan dan dibodohi olehnya. Alhasil bukan cinta dan kasih sayang yang didapat tapi penyesalan yang gak ada ujungnya. Nah berikut 5 kesalahan yang sering dilakukan seseorang dalam mencari pasangan. 

1. Memilih pasangan hanya karena fisik dan materi

5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasanganpexels.com/@trung nguyen

Kesalahan pertama yaitu memilih pasangan hanya terpaku fisik dan materinya saja. Ya memang siapa sih yang gak ingin punya pasangan ganteng atau cantik, berpenampilan menarik, dan punya banyak duwit. Rasanya gak bisa munafik kalau orang ingin punya pasangan yang seperti itu.

Namun nih, mentang-mentang dia berpenampilan oke dan punya banyak materi kamu jadi lupa menilai bagaimana kepribadiannya, attitude-nya seperti apa, apakah sosok yang bertanggung jawab, dsb. Penampilannya oke sih, tapi kalau kepribadiannya buruk sama saja bohong bukan? Oleh karena itu hati-hati dalam memilih pasangan ya. 

2. Menuntut pasangan menjadi sosok yang sempurna

5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasanganpexels.com/@Caleb Oquendo

Kekeliruan selanjutnya yaitu menuntut pasangan untuk menjadi sosok yang sempurna. Kita pasti sering mendengar, kelak bisa membuat pasangan menjadi sosok yang lebih baik. Gak ada yang salah sebenarnya, namun apakah kita bisa mengubahnya menjadi sosok yang ideal dan sempurna?

Tidak sama sekali, kamu dan pasangan adalah dua individu yang berbeda, di mana kalian punya perbedaan latar belakang yang memengaruhi kepribadian masing-masing. Saling memahami kelebihan dan kekurangan pasangan adalah cara terbaik untuk menjalankan hubungan. 

3. Terburu-buru memutuskan menikah sebelum memikirkan dengan matang

5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasanganpexels.com/@George Shervashidze

Poin selanjutnya yaitu terburu-buru menikah sebelum memikirkan dengan matang. Untuk menikah, modal cinta saja gak cukup lho, kamu harus memikirkan bagaimana kehidupan kalian ke depannya. Maka sebelum memutuskan ke jenjang yang lebih serius kenali betul bagaimana kepribadian pasangan, pikirkan keuangan rumah tangga, setelah menikah mau tinggal dengan orang tua apa kontrak rumah, hingga masalah momongan pun harus dibicarakan. Dengan begitu bisa menghindarkanmu dari kesalahan. 

Baca Juga: Ini 7 Tips Mencari Jodoh yang Baik Menurut Islam, Perlu Dicoba

4. Tidak menetapkan tujuan dalam hubungan

5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasanganpexels.com/@Rodnae Production

Kesalahan selanjutnya dalam memilih pasangan hidup yaitu, kamu tidak menetapkan tujuan dalam hubungan. Inginnya mengikuti arus saja dan membiarkan semesta yang bekerja. Hei, bagaimana bisa mendapat kebahagiaan dalam hubungan kalau dari awal gak tahu apa tujuanmu yang sebenarnya. Kamu gak tahu apa yang kamu inginkan dalam hubungan. Kalau sudah begitu bagaimana bisa membina dan membangun rumah tangga. 

5. Terlalu memikirkan tuntutan dan tekanan sosial orang sekitar

5 Kekeliruan yang Sering Dilakukan Seseorang dalam Mencari Pasanganpexels.com/@Simon Robben

Kesalahan terakhir dalam memilih pasangan yaitu, karena terlalu memikirkan tuntutan sosial orang sekitar. Seperti tekanan untuk cepat-cepat menikah karena umur sudah akhir 20 an dan 30 tahun. Berangkat dari tekanan sosial inilah bisa membuat kita jadi terburu-buru untuk memiliki pasangan tanpa memahami dan mengenal betul bagaimana kepribadiannya. Ingat menikah bukan ajang balap-balapan, menikah adalah keputusan besar, dan momen sakral yang gak bisa dibuat main-main. 

Memilih pasangan hidup bukan hal yang main-main, kamu harus mengetahui dan mengenal kepribadiannya seperti apa dulu, supaya tidak salah pilih nantinya. 

Baca Juga: Jangan Kejar 5 Hal Ini dalam Cari Jodoh, Nanti Kamu Ketipu Abis!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya