Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lain

#IDNTimesLife Tidak semua orang harus tahu masalahmu

Dalam menjalin hubungan namanya perbedaan pendapat dan sudut pandang dengan pasangan adalah hal yang wajar. Mengingat menyatukan dua pikiran manusia yang berbeda. Sehingga jika tidak ada yang mengalah, kalian jadi rentang berselisih paham.

Di situasi banyak masalah inilah kadang kita ingin bercerita atau curhat dengan teman terdekat. Namun ternyata, terlalu sering meminta saran hubungan dari orang lain itu tidak baik lho, berikut 5 alasannya. 

1. Kamu jadi terlalu bergantung pada orang lain

5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lainpexels.com/@Andrea Piacquadio

Meminta saran dan curhat tentang hubunganmu dengan pasangan hal yang wajar kok, justru kita butuh teman untuk saling bertukar cerita. Namun akan menjadi tidak baik apabila setiap ada masalah dengan pasangan kamu selalu bergantung dan meminta saran ini itu pada temanmu.

Hei, kamu lho yang menjalin hubungan, kamu juga yang tahu apa masalah yang sebenarnya. So, jangan terlalu bergantung pada orang lain ya, coba selesaikan pelan-pelan bersama pasanganmu. 

2. Karena mereka tidak benar-benar mengerti hubungan yang kamu jalin dengan pasangan

5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lainpexels.com/@Rodnae Production

Alasan selanjutnya karena mereka tidak benar-benar tahu apa masalah yang sedang kamu hadapi dengan pasangan. Memang benar bertukar pikiran dan cerita bisa membuat perasaan lebih tenang apalagi curhatnya dengan sahabat sendiri.

Namun, sahabatmu pun tidak benar-banar tahu tentang masalah kalian. Kamu dan pasangan adalah orang yang paling mengerti akar masalahnya, dan kalian sendiri yang bisa mencari solusi dari permasalahan tersebut. 

3. Minta saran pada sembarang orang bisa memunculkan masalah baru

5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lainpexels.com/@Rodnae Production

Alasan selanjutnya yaitu, karena meminta saran pada sembarang orang bisa memunculkan masalah baru. Setiap orang itu punya sudut pandang dan caranya sendiri-sendiri dalam memecahkan masalah.

Saran atau masukan yang diberi oleh orang lain belum tentu menjadi cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah kalian. Apalagi kalau suka sembarangan curhat, masalah bukannya kelar namun bisa memunculkan problem lain. Oleh karena itu, pandailah dalam memilih teman curhat. 

Baca Juga: Ngakak tapi Hati Nyesek, 10 Meme Kocak Pacaran LDR 

4. Mereka hanya tahu satu sudut pandang yang dari ceritamu sendiri

5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lainpexels.com/@Cleyder Duque

Alasan selanjutnya kenapa jangan terlalu sering meminta saran hubungan dari orang lain yaitu karena dia hanya tahu dari satu sudut pandang saja. Dia tidak benar-benar tahu masalah yang kalian hadapi dan biasanya orang yang kamu ajak curhat hanya bisa memberi pendapat yang bersifat mendukung. Untuk mencari saran terbaik tidak hanya dari satu sudut pandang, tetapi dia juga harus mendengarkan cerita dari pasanganmu juga. 

5. Keseringan minta saran dari orang lain bisa membuatnya jadi risih

5 Alasan Jangan Terlalu Sering Meminta Saran Hubungan dari Orang Lainpexels.com/@Keira Burton

Alasan terakhir yaitu keseringan minta saran hubungan dari orang lain bisa membuatnya jadi risih sendiri lho. Masa iya setiap kali datang, kamu cuma cerita masalah percintaan yang nggak ada habis-habisnya, hal ini bisa membuat temanmu yang mendengarkan jadi bosan sendiri.

Kamu yang menjalin hubungan kok dia yang repot. Kalau sudah begini kamu bisa dianggap menjadi beban hidupnya. Oleh karena itu belajarlah menyelesaikan masalah sendiri, sesekali curhat nggakpapa kok yang penting tidak menganggu temanmu. 

Itulah 5 alasan jangan terlalu sering meminta rasan hubungan dari orang lain. Belajarlah untuk menyelesaikan masalah sendiri dengan pasanganmu ya. 

Baca Juga: Jangan Baper, 6 Zodiak Ini Konon Gak Mau Pacaran sama Sahabat Sendiri 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya