Comscore Tracker

Jarang Disadari, Ini 5 Alasan yang Membuatmu Susah Jatuh Cinta

Dari trauma hingga terlalu cari yang sempurna

Setiap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta. Mulai dari kisah yang indah-indah sampai paling sedih sekali pun. Mulai dari bahagianya saat gebetan membalas perasaan hingga nyeseknya cinta bertepuk sebelah tangan.

Namun seiring usia bertambah dewasa, perasaan cinta kita pada seseorang tak semudah waktu dulu yang terkesan main-main, yang ada jadi semakin sulit untuk jatuh cinta pada seseorang. Nah berikut lima alasan yang bisa membuatmu susah untuk jatuh cinta. 

1. Faktor kesibukan 

Jarang Disadari, Ini 5 Alasan yang Membuatmu Susah Jatuh Cintailustrasi perempuan (pexels.com/@Cedric Fauntleroy)

Alasan pertama yang bisa membuatmu susah untuk jatuh cinta adalah, adanya kesibukan. Entah sibuk bekerja, membangun karier, fokus dengan pendidikan yang ditempuh, terhadap cita-cita yang ingin kamu wujudkan, dan sebagainya. 

Karena hari-harimu diisi dengan kegiatan produktif dan menyibukkan diri, ini membuatmu jadi gak sempat untuk memikirkan cinta-cintaan. Prioritasmu saat ini adalah mewujudkan impian, urusan asmara belakangan saja. 

2. Terlalu mencari pasangan yang sempurna

Jarang Disadari, Ini 5 Alasan yang Membuatmu Susah Jatuh Cintailustrasi pasangan (pexels.com/@maksim goncharenok)

Alasan selanjutnya adalah, kamu terlalu menuntut untuk mencari pasangan yang sempurna. Bisa dikatakan selama ini terlalu pilih-pilih, jika ada seseorang yang deketin, kamu langsung menghindar dan terang-terangan menolak tanpa ada alasan yang jelas. Padahal kalian bisa saling mengenal terlebih dahulu lho. 

Menuntut mencari pasangan yang sempurna ini tidak mudah. Bahkan manusia sendiri pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dibalik sikap, attitude, dan kehidupannya sehari-hari pasti ada kurangnya, karena di dunia ini gak ada manusia yang benar-benar perfect. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bersikap Dewasa dan Bijaksana dalam Menghadapi Masalah

3. Sudah terlalu nyaman dengan kesendirian

Jarang Disadari, Ini 5 Alasan yang Membuatmu Susah Jatuh CintaSeorang perempuan (pexels.com/@min an)

Boleh jadi kenapa dirimu susah untuk jatuh cinta adalah sudah terlalu nyaman dengan kesendirian. Kamu merasa bisa melakukan apa-apa sendiri, memiliki penghasilan pribadi, sudah menemukan kebahagiaan lain yang tidak melulu soal pasangan hidup, hingga karena sudah menjomblo lama. 

Beberapa hal itulah yang akhirnya membuatmu merasa tidak punya pasangan tidak apa-apa, karena kamu memiliki kebahagiaan lain. Lebih baik sendiri, daripada menghabiskan waktu dengan orang yang tidak tepat. 

4. Adanya trauma kisah masa lalu

Jarang Disadari, Ini 5 Alasan yang Membuatmu Susah Jatuh Cintailustrasi pasangan (pexels.com/@afif kusuma)

Selain tiga poin di atas, alasan ke empat adalah adanya trauma kisah masa lalu. Dahulu mungkin kamu punya pengalaman dikhianati oleh seseorang, perselingkuhan diam-diam, adanya kekerasan fisik dalam hubungan, dsb. Trauma tersebut jadi membekas dalam ingatan hingga akhirnya membuatmu jadi takut jatuh cinta kembali. 

Selain mengalaminya sendiri, rasa trauma itu bisa hadir ketika kita melihat dan merasakan kisah orang lain tanpa mengalaminya secara langsung. Hanya dari penglihatan, namun bisa menimbulkan rasa takut untuk jatuh cinta kembali.  

5. Takut hubungan yang dijalin kembali kandas

Jarang Disadari, Ini 5 Alasan yang Membuatmu Susah Jatuh Cintailustrasi pasangan (pexels.com/mike jonas)

Setiap orang ketika menjalin hubungan apalagi di bawa ke jenjang yang serius, pasti gak ingin putus di tengah jalan. Semua menginginkan hubungan terus berlanjut dan berakhir menjalani kehidupan rumah tangga.

Namun jika pada akhirnya kandas, tentu bisa menimbulkan rasa trauma dan takut padamu. Trauma adanya kegagalan untuk kesekian kalinya inilah yang membuatmu takut untuk jatuh cinta kembali. 

Jatuh cinta itu gak bisa cepat-cepat, karena menumbuhkan rasa cinta itu butuh waktu. So, semoga segera dipertemukan oleh orang yang tepat, supaya tidak susah lagi untuk jatuh cinta. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubungan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya