Comscore Tracker

Tidak Baik, 5 Bahaya Sikap Insecure Terus Menerus dengan Pasangan

Janga dibiasakan, ya!

Kamu pernah gak sih dalam hubungan merasa insecure dengan pasangan sendiri? Merasa rendah diri karena mungkin ekonomi pasangan lebih mapan, dia dari keluarga yang berada sedang kamu biasa-biasa saja, insecure mengenai fisik, mengenai pencapaian, dan sebagainya. 

Kebiasaan ini jika dibiarkan terus-menerus tentu bisa memengaruhi hubungan kalian untuk ke depannya. Nah, berikut lima bahaya kebiasaan insecure berlebih dengan pasangan yang harus kamu hindari. 

1. Membuatmu terus menerus terjebak perasaan rendah diri

Tidak Baik, 5 Bahaya Sikap Insecure Terus Menerus dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@timur weber)

Bahaya pertama, kamu terus-menerus terjebak oleh perasaan rendah diri. Kamu merasa tidak pantas mendapatkan dia, merasa banyak kurangnya, mucul perasaan tidak lebih baik, dan sebagainya. Padahal, kalau pasangan tidak mempermasalahkan hal tersebut, tandanya ia mampu menerimamu apa adanya kok. Dia menerima segala kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. 

Jangan sampai pasangan jadi jengah, karena kebiasaanmu yang terus mengeluh tentang kekurangan diri, ya. Cobalah lebih mensyukuri dengan yang kamu miliki saat ini. 

2. Masalah kecil bisa dibesar-besarkan

Tidak Baik, 5 Bahaya Sikap Insecure Terus Menerus dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@afif kusuma)

Dalam menjalin hubungan, rasanya tidak akan berjalan mulus-mulus saja. Pasti akan muncul berbagai macam masalah dan persoalan. Jika ada masalah harus mencari jalan keluarnya berdua.

Namun, jika kamu orang yang mudah insecure dengan pasangan sendiri, tentu bisa menimbulkan masalah baru. Persoalan kecil yang harusnya bisa segera diselesaikan jadi semakin membesar. Masalah yang harusnya bisa diselesaikan saat itu juga, jadi membawa problem yang lebih runyam. 

Baca Juga: 5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!

3. Mudah gelisah saat pasangan mendapatkan pencapaian

Tidak Baik, 5 Bahaya Sikap Insecure Terus Menerus dengan Pasanganpasangan bertengkar (pexels.com/@pavel danilyuk)

Jika pasangan berhasil mendapatkan sesuatu, sukses dengan karier yang ia bangun, dan mendapat pencapaian yang lain, bukannya kamu bangga tapi jadi merasa rendah diri. Terkadang perasaan merasa gak pantas itu muncul tiba-tiba. 

Jika kamu mengalami krisis percaya diri yang berlebihan, membuatmu jadi gelisah ketika melihat pencapaian orang lain. Muncul perasaan tidak suka ketika pasangan berhasil mencapai sesuatu. Hal inilah yang awalnya kalian sama-sama suportif dalam hubungan, menjadi bersaing satu sama lain. 

4. Membuatmu jadi mudah stres dan tertekan

Tidak Baik, 5 Bahaya Sikap Insecure Terus Menerus dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@rodnae production)

Selain tiga poin di atas, bahaya selanjutnya yaitu membuatmu jadi mudah stres dan tertekan sendiri. Sebab punya pasangan dengan segala kelebihannya, dengan pencapaian yang telah ia raih, bisa membuatmu rendah diri.

Kamu mengkhawatirkan apakah pasangan benar-benar menerimamu apa adanya, apakah nanti dia tidak mempermasalahkan keadaanmu yang sekarang, apakah keluarganya bisa menerimamu secara utuh, dsb. Kebiasaan overthinking pada hal yang belum pasti inilah yang membuatmu jadi mudah stres. 

5. Jadi mudah cemburu dalam berbagai hal

Tidak Baik, 5 Bahaya Sikap Insecure Terus Menerus dengan Pasanganpasangan (pexels.com/@Luis Zambrano)

Bahaya terakhir sikap insecure adalah muncul perasaan cemburu dan curigaan. Kamu jadi suka negative thinking dengan pasangan sendiri karena merasa gak bisa menjadi yang terbaik.

Hal ini yang mendorongmu mudah curigaan pada pasangan sendiri, takut apabila ia berselingkuh atau bermain dengan wanita lain. Padahal, ia tidak berbuat macam-macam padamu. Itu semua murni karena pikiranmu sendiri yang berpikir buruk pada pasangan. 

Daripada insecure mulu, lebih baik yuk sama-sama meningkatkan kualitas diri. Jangan lupa kembangkan skill yang kamu miliki, belajar merawat diri, kejar cita-citamu, dan bentuk usaha yang lain. Dengan demikian, pribadimu jadi semakin berkualitas dan sama-sama saling memantaskan. 

Baca Juga: 5 Cara Hindari Insecure saat Melihat Hidup Orang Lain di Medsos

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya