Comscore Tracker

5 Hal Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman yang Baru Putus Cinta

Jangan sampai kamu melakukannya ya guys

Kamu pasti pernah ngerasain kan bagaimana sakit dan sedihnya putus cinta dengan orang tersayang? Namanya perpisahan apalagi masih tahap pacaran adalah hal yang biasa terjadi. Dalam tahap inilah kita masih mencari-cari apakah ia sosok yang pas untuk dijadikan pasangan.

Tapi ada hal yang harus kamu hindari nih saat sahabatmu baru saja putus cinta. Hal itu dilakukan supaya tidak memperburuk keadaannya. Apa saja? Yuk baca artikelnya di bawah ini. 

1. Mengungkit-ungkit soal mantan

5 Hal Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman yang Baru Putus Cintapexels.com/Tirachard Kumtanom

Hal pertama yang sebaiknya tidak dilakukan saat teman baru putus cinta yaitu mengungkit-ungkit soal mantan kekasihnya. Biarkan dia menenangkan pikirannya terlebih dahulu, beri waktu sendiri, dan biarkan ia menumpahkan ekspresinya. 

Kamu sebagai sahabat jangan malah mengungkit-ungkit soal mantannya tersebut. Tahan untuk menggali lebih dalam terhadap apa yang terjadi. Percaya deh kalau dia sudah siap, ia juga bakal menceritakannya padamu. 

2. Memberi kalimat dukungan yang keliru

5 Hal Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman yang Baru Putus Cintaunsplash.com/Christina @ wocintechchat.com

Hal kedua yang tidak boleh kamu lakukan saat teman baru saja putus cinta yaitu memberinya dukungan yang keliru. Nah apa sih dukungan yang tak disadari ternyata salah bila itu dilakukan? Yaitu melarangnya untuk tidak menangis. 

Hey, perlu kamu ketahui jangan sekali-kali menyuruh seseorang untuk tidak menangis. Sebab menangis adalah salah satu cara untuk mengekspresikan diri dan meluapkan emosi. Dengan menangis perasaan yang semula sesak bisa menjadi lebih tenang. So, jangan melarangnya ya.   

Baca Juga: 7 Tanda Dia Mulai Gak Bahagia Jalani Hubungan Bersamamu, Sinyal Putus?

3. Memotong pembicaraan ketika ia curhat terhadap masalahnya

5 Hal Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman yang Baru Putus Cintapexels.com/@Alex Green

Saat putus cinta kita butuh waktu untuk sekadar curhat dengan orang lain. Kita perlu mempersiapkan diri untuk bercerita masalah yang sedang kita alami. Maka ketika temanmu sedang curhat atau cerita terhadap masalah asmaranya yang baru terjadi dengarkanlah. Janganlah menghakimi, memotong, dan menyela saat dirinya berbicara. Baru ketika ia meminta pendapat atau saran darimu berikanlah masukan yang terbaik. 

4. Langsung mencomblangkan dengan seseorang

5 Hal Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman yang Baru Putus Cintapexels.com/@Helena Lopes

Ya meskipun salah satu obat patah hati dengan menemukan cinta baru, tapi ingat ya jangan melakukan hal konyol dengan buru-buru mencomblangkan temanmu dengan seseorang. Biarkan dulu ia menyembuhkan hati dan perasaannya, jangan menambah beban pikiran dengan tiba-tiba kamu menjodohkan dengan orang lain. Tenang saja, kalau pun dia sudah siap membuka hati ia pasti bakal mencarinya sendiri dulu kok.  

5. Memaksanya untuk melakukan sesuatu

5 Hal Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan pada Teman yang Baru Putus Cintapexels.com/@Adril Kudri

Namanya putus cinta wajar dong kalau temanmu bawaannya galau dan sedih mulu. Maka dari itu biarkan ia menyembuhkan lukanya pelan-pelan dan mengistirahatkan jiwanya sebentar. Jangan kamu paksa dia untuk melakukan sesuatu yang tidak ia inginkan sendiri. 

Kadang saat patah hati kita hanya perlu berdiam sendiri di kamar. Jangan malah mengajaknya belanja atau hang out, sedang pikirannya saja masih kacau balau. Meskipun itu bertujuan baik untuk menghiburnya, tapi jangan pernah memaksakan sesuatu yang tidak ingin ia lakukan ya. 

Putus cinta memang sangat menyakitkan, maka saat temanmu sedang patah hati jangan melakukan lima hal di atas ya, jadilah sahabat yang bisa mengerti keadaan dan selalu ada untuknya. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Memperparah Sakit Hatimu Pasca Putus Cinta, Apa Saja?

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya