Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran 

Tidak ada yang salah dengan prinsipmu yang satu ini

Zaman sekarang memang masih ada orang yang belum pernah pacaran sama sekali? Jangan salah, masih ditemukan orang yang belum pernah pacaran sama sekali entah karena prinsip, fokus pendidikan atau karier, hingga ada yang belum diizinkan oleh orang tuanya.

Walaupun banyak beranggapan memiliki seorang pacar adalah hal yang harus dipenuhi karena dengan memiliki pacar dapat membuat semangat, bisa diajak jalan, dan ke mana-mana tidak sendiri lagi.

Namun, siapa bilang jomblo itu tidak bahagia? Siapa bilang status jomblo itu lebih rendah dari yang pacaran? Justru buat kamu yang jomblo sejak lahir kamu sangat beruntung loh, tidak perlu malu karena itu bukan sebuah aib. Ini beberapa alasannya. 

1. Ingat, belum pernah pacaran bukan berarti pintu jodohmu tertutup

5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran pixabay/StockSnap

Satu hal yang harus kamu ketahui, belum pernah pacaran dan belum memiliki daftar mantan bukan berarti pintu jodohmu tertutup. Bukankah Tuhan sudah mengatur bahwa setiap manusia diciptakan secara berpasang-pasangan? Jadi, jangan malu dengan status jomblomu sejak lahir.

Kamu harus yakin bahwa akan datang seseorang yang tepat di waktu yang tepat pula. Memang hanya saja dia masih dirahasiakan oleh-Nya, maka dari itu kamu harus lebih bersabar menanti. 

2. Bagimu pacaran itu bukan untuk main-main

5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran pexels.com/Trinity Kubassek

Semakin dewasa kita akan semakin berpikir pacaran bukan untuk main-main. Kamu mulai serius dan memikirkan masa depanmu yang tidak ingin dihabiskan oleh orang yang tidak mau serius denganmu. Daripada menghabiskan waktu untuk main-main, mending tidak dulu untuk pacaran. Kesungguhan seseorang itulah yang akan memenangkan hatimu. 

Baca Juga: Belum Pernah Pacaran dan Pengen Pacaran? Pahami Dulu 8 Konsekuensi Ini

3. Siapa bilang orang yang belum pernah pacaran akan kesepian? Justru memiliki ikatan pertemanan yang lebih kuat

5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran pexels.com/snapwire

Siapa bilang orang yang belum pernah pacaran itu selalu kesepian karena belum pernah menerima perlakuan istimewa dari seseorang? Ingat, ya orang yang memilih untuk tidak pacaran justru memiliki ikatan pertemanan dan persahabatan yang lebih kuat dan berwarna di hidupnya.

Memang tidak bisa dimungkiri perasaan sepi dan ada yang kurang dalam hidup itu pasti pernah dirasakan. Namun, dia lebih bebas dan tidak terkekang dalam menjalani hidup. 

4. Walaupun kamu tidak punya daftar mantan, justru kamu harus bisa buktiin untuk memiliki daftar pencapaian

5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran pexels.com/Liam Anderson

Sekarang jangan malu walaupun kamu tidak memiliki daftar mantan. Justru ini kesempatan untuk membuktikan pencapaianmu. Memang menjadi pribadi yang belum pernah pacaran menjadi tantangan tersendiri.

Namun, jangan biarkan hal itu membuat kepercayaan dirimu menurun. Justru kesempatanmu untuk meraih impian dan daftar pencapaian terbuka lebih besar. Kamu harus bisa membuktikan kepada mereka yang meremehkanmu bahwa kamu mampu meraih cita-cita walaupun miskin pengalaman cinta. 

5. Kalau kamu dikatain "gak laku" santai saja, orang berkualitas tidak semudah itu didapatkan

5 Alasan Kenapa Tidak Perlu Malu Meski Belum Pernah Pacaran Pexels/Muhammad Rifki Adiyanto

Anggapan bahwa kamu "tidak laku" sering kamu dengar karena kamu belum pernah pacaran sama sekali dan tidak memiliki daftar mantan. Namun santai saja dengan anggapan tersebut orang yang berkualitas tidak semudah itu untuk didapatkan.

Kalau orang tersebut kamu tanggapin, yang ada akan membuatmu pusing sendiri. So, yakinlah orang yang mengkualitaskan diri akan mendapat sosok yang berkualitas pula. 

Itulah alasan kenapa kamu tidak perlu malu karena belum pernah pacaran. Siapa tahu besok kamu menemukan orang yang tepat tanpa adanya pacaran namun langsung lamaran. Aamiin.

Baca Juga: Padahal Sehat, 6 Kebiasaan dalam Pacaran Ini Sering Dikira Toxic

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

deep thinker find me on ig: ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya