Comscore Tracker

5 Cara Menghadapi Perbedaan Prinsip dengan Pasangan, Jangan Bingung!

Perbedaan pendapat adalah hal yang wajar, kok

Dalam menjalin hubungan yang namanya perbedaan prinsip hal yang wajar, kok. Karena ketika menjalin asmara dengan orang lain, tidak selamanya kita memiliki satu pendapat yang sama.

Ada kalanya dihadapkan dengan perbedaan prinsip hidup, perbedaan cara pandang, cara berpikir, dan lainnya. Perbedaan prinsip inilah yang bisa memicu adanya pertengkaran hingga memutuskan hubungan.

Nah, jangan buru-buru putus dulu, berikut lima cara menghadapi perbedaan prinsip dengan pasangan. 

1. Dibicarakan secara baik-baik

5 Cara Menghadapi Perbedaan Prinsip dengan Pasangan, Jangan Bingung!pexels.com/Alex Green

Cara pertama menghadapi perbedaan prinsip dengan pasangan yaitu dengan membicarakan secara baik-baik. Ketemu dan duduklah berdua ungkapkan pendapatmu secara jelas, pun demikian beri pasanganmu untuk berbicara juga.

Setelah itu, ambil solusi atau jalan tengah yang paling terbaik dari argumen tersebut. Ingat ya, kalau ingin masalah cepat selesai komunikasikan dengan pasangan, jangan diam saja dan menunggu untuk dimengerti duluan. 

2. Tanamkan sikap toleransi

5 Cara Menghadapi Perbedaan Prinsip dengan Pasangan, Jangan Bingung!pexels.com/Alex Green

Kalau kalian sama-sama egois dan keras kepala masalah tidak akan cepat selesai. Maka, saat menghadapi perbedaan prinsip, tanamkan sikap toleransi.

Sikap toleransi ini ditunjukkan dengan saling menghargai pendapat dan mengerti satu sama lain. Namun, berbeda jika masing-masing masih bersikap keras kepala, tentunya masalahmu tidak segera menemukan titik temu.  

Baca Juga: 5 Prinsip yang Harus Dipegang Saat Mencari Pasangan, Biar Gak Menyesal

3. Berdiskusi dari berbagai sudut pandang

5 Cara Menghadapi Perbedaan Prinsip dengan Pasangan, Jangan Bingung!Unsplash.com/Yolanda Sun

Cara menghadapi perbedaan prinsip selanjutnya yaitu dengan rajin berdiskusi dan saling bertukar pikiran dengan pasanganmu. Jangan ragu untuk mengungkapkan pendapat, dan jangan takut berdiskusi dari berbagai sudut pandang.

Dengan begitu, kamu dan si dia bisa saling mengenal lebih dalam dan tahu karakter masing-masing. Selain itu, rajin berdiskusi juga dapat mencegah terjadinya miskomunikasi di antara kalian. 

4. Menjadi pendengar yang baik

5 Cara Menghadapi Perbedaan Prinsip dengan Pasangan, Jangan Bingung!pexels.com/Nandhu Kumar

Kadang yang jadi pemicu adanya perbedaan prinsip yaitu kalian berdua yang sama-sama keras kepala dalam mengungkapkan argumen. Di antara kalian tidak ada yang mengalah dan sama-sama merasa paling benar.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, jadilah sosok pendengar yang baik, jangan gengsi mendengarkan pendapatnya, dan jangan memotong pembicaraan saat sedang berbicara. Ibaratnya kalau dia jadi api, kamu jadilah air yang bisa menenangkan. 

5. Jangan mudah termakan emosi dan bersabarlah

5 Cara Menghadapi Perbedaan Prinsip dengan Pasangan, Jangan Bingung!unsplash.com/Radu Florin

Poin yang terakhir yaitu dengan bersikap sabar supaya tidak mudah termakan emosi. Namanya hubungan pasti ada naik dan turunnya, nggak mungkin kalau cuma adem ayem dan enak-enaknya saja.

Maka, ketika terjadi perbedaan prinsip bersikaplah sabar, dengan demikian emosimu bisa tenang. Selesaikan masalahmu secara pelan-pelan, percayalah bahwa dengan sabar dan mengontrol emosi, hubungan kalian bisa segera membaik. 



Itulah guys, lima cara menghadapi perbedaan prinsip dengan pasangan. Namanya hubungan itu tidak cuma enak-enaknya saja, pasti ada yang namanya masalah. Jadi, jangan buru-buru putus ya jika bisa dibicarakan secara baik-baik. 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya