Comscore Tracker

5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, agar Langgeng!

Membuat hubunganmu dengan pasangan semakin awet

Semua orang pasti ingin memiliki hubungan langgeng. Hubungan yang tidak main-main, namun memiliki keseriusan terhadap masa depan. Nah, untuk mencapai hubungan yang demikian, tentu dibutuhkan sikap saling melengkapi satu sama lain.

Mengingat setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan, tugasmu sebagai pasangan adalah melengkapi apa yang kurang darinya. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi pasangan yang bisa saling melengkapi. 

1. Bisa menghargai perbedaan masing-masing

5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, agar Langgeng!ilustrasi pasangan (pexels.com/@maksim goncharenok)

Cara pertama menjadi pasangan yang saling melengkapi adalah dengan bisa menghargai perbedaan masing-masing. Setiap orang diciptakan memiliki sisi uniknya sendiri, dengan sikap atau sifat yang bermacam-macam, selera yang tidak sama, hingga kelebihan serta kekurangan. Termasuk pasangan, pasti memiliki selera pakaian, makanan, hingga cara berpikir yang gak sama denganmu. 

Perbedaan tersebut harusnya bisa saling dihargai, mengingat kamu pun juga memiliki sudut pandang yang berbeda. Selagi bisa saling memahami satu sama lain tanda kalian menjadi pasangan yang saling melengkapi. 

2. Tidak menuntut pasangan untuk menjadi sosok yang sempurna

5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, agar Langgeng!ilustrasi pasangan (pexels.com/@Trung Nguyen)

Cara selanjutnya menjadi pasangan yang saling melengkapi adalah, dengan tidak menuntut pasangan untuk jadi sosok yang sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, demikian pula dengan pasanganmu pasti memiliki sisi kurangnya. 

Nah, supaya hubungan tetap langgeng harusnya kita saling menerima kelebihan dan kekurangan tersebut. Bukan malah menuntut pasangan untuk menjadi sosok yang sempurna atau menjadi pribadi yang kamu mau. Mengingat jika selalu menuntut, dia akan sulit menjadi diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Penyebab di Balik Sikap Posesif Pasangan, Bikin Dia Insecure!

3. Saling memahami kondisi masing-masing

5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, agar Langgeng!ilustrasi pasangan (pexels.com/@Van Thang)

Pasangan yang saling melengkapi adalah mereka yang bisa memahami kondisi satu sama lain. Artinya kalian tidak sama-sama mengedepankan ego atau mementingkan diri sendiri. Nah, untuk menjadi pasangan yang saling melengkapi, kamu harus bisa memahami kondisi pasangan.

Misalnya, akhir-akhir ini sangat sibuk dan tidak sempat bertemu, kamu bisa meluangkan waktumu sebentar, kalau pasangan lagi sedih kamu bisa menghiburnya, dan kalau dia sedang gak baik-baik saja berusahalah untuk selalu ada, pun juga sebaliknya. 

4. Tetap ada batasan atau privasi

5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, agar Langgeng!pasangan (pexels.com/@athena)

Meski sudah menjalin asmara tetap diantara kalian harus memiliki batasan atau privasi. Apalagi jika masih tahap pacaran yang yang belum ada kejelasan ke depannya seperti apa. Maka untuk menjadi pasangan yang saling melengkapi, tetaplah memberi batasan tersebut. 

Di mana kalian tetap ada batasan untuk waktu bersama dan waktu sendiri, untuk urusan asmara dan kehidupanmu yang lain, sehingga satu sama lain tidak akan terlalu bergantung. Kamu bisa melakukan sesuatu meski pasanganmu tidak ada disitu. 

5. Memperlakukan pasangan dengan baik

5 Cara Menjadi Pasangan yang Bisa Saling Melengkapi, agar Langgeng!ilustrasi pasangan menikah (pexels.com/@Mathieu Acker)

Poin terakhir untuk menjadi sosok yang bisa saling melengkapi yaitu, dengan memperlakukan pasangan sebaik mungkin. Perlakukan pasanganmu tidak hanya menjadi sosok yang kamu kagumi atau miliki semata, namun seseorang yang bisa kamu hormati dan memperlakukannya sebaik mungkin. 

Cintailah dia, terima segala apa yang ada dalam dirinya, dan bersyukurlah kamu bisa memiliki. Mengingat menemukan seseorang yang tepat dalam hubungan itu gak mudah. 

Menjadi pasangan yang saling melengkapi jadi salah satu cara cara untuk membuat hubungan semakin langgeng. Maka berusahalah menerima dia secara tulus dalam hidupmu. 

Baca Juga: 5 Tips Meyakinkan Pasangan untuk Melakukan LDR, Pasti Bisa!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya