Comscore Tracker

Ini 5 Cara Menyelamatkan Hubungan dari Ambang Perpisahan

#IDNTimesLife Lakukan hal ini dulu sebelum buru-buru putus

Dalam menjalin hubungan dengan seseorang rasanya gak ada kalau kisah cinta bakal mulus-mulus saja. Pasti bakal ada saja masalah yang kalian hadapi, entah bertengkar dengan pasangan, perbedaan prinsip atau pendapat, dan masalah yang lain.

Nah, di situasi ini kadang terbesit keinginan untuk putus dan mengakhiri hubungan saja. Namun jangan buru-buru ambil keputusan ya, ini lima cara menyelamatkan hubungan dari ambang perpisahan.  

1. Sebelum mengambil keputusan pikir baik-baik

Ini 5 Cara Menyelamatkan Hubungan dari Ambang Perpisahansedang kecewa (pexels.com/@Liza Summer)

Tips pertama menyelamatkan hubungan dari ambang perpisahan yaitu, sebelum mengambil keputusan pikirkan baik-baik. Apa pun itu saat memutuskan sesuatu jangan sambil emosi, selalu pikirkan dampak baik buruknya setiap keputusan yang kamu ambil.

Pahami juga risikonya dan jangan gegabah, supaya menghindarkanmu dari kesalahan. Ingat penyesalan datangnya belakangan, maka hati-hatilah dalam bertindak. 

2. Komunikasi dengan baik

Ini 5 Cara Menyelamatkan Hubungan dari Ambang Perpisahansuka manipulatif (pexels.com/keira burton)

Tips selanjutnya yaitu, komunikasikan dengan baik. Saat sedang bertengkar pasti komunikasi kalian jadi memburuk, masing-masing akan menyuarakan pendapat yang dianggap paling benar. Namun apa pun masalah yang kalian hadapi cobalah untuk tetap berkomunikasi secara baik-baik.

Untuk memperbaiki itu semua cobalah untuk memberi ruang pada pasangan lebih dulu. Ketika perasaan sudah membaik, kamu bisa mengajaknya untuk bicara pelan-pelan guna menyelesaikan masalah yang ada. Bicarakan secara jujur dari hati ke hati, supaya hubungan kalian bisa terselamatkan. 

3. Coba membangun kepercayaan satu sama lain

Ini 5 Cara Menyelamatkan Hubungan dari Ambang Perpisahanorang sedang ngobrol (pexels.com/keira burton)

Ada kalanya masalah yang kalian hadapi disebabkan kurangnya kepercayaan satu sama lain. Kamu sering curigaan pada pasangan, bersikap posesif secara berlebihan, dan gak pernah percaya padanya.

Hal inilah yang memicu masalah pada hubunganmu. Maka mulai sekarang coba bangun kepercayaan lagi. Singkirkan pikiran-pikiran negatif terhadap pasangan supaya hubunganmu bisa terselamatkan.  

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Gak Perlu Terlalu Sedih kalau Putus Cinta

4. Tunjukkan perhatianmu

Ini 5 Cara Menyelamatkan Hubungan dari Ambang Perpisahanpasangan (pexels.com/@evelina zhu)

Tips selanjutnya menyelamatkan hubungan dari ambang perpisahan yaitu, dengan menunjukkan perhatianmu. Kalau selama ini kamu cuek, gak pernah ingin tahu gimana perasaan dia,  dan masa bodoh terhadap hubungan, cobalah untuk memperbaiki itu semua.

Beri dia perhatian seperti awal-awal membangun hubungan dengan pasangan, supaya cinta kalian bisa tumbuh lagi. Tunjukkan usaha bahwa kamu masih ingin mempertahankan dia disisimu. 

5. Perbaiki kesalahan yang ada

Ini 5 Cara Menyelamatkan Hubungan dari Ambang Perpisahanpasangan sedang marahan (pexels.com/@cottonbro)

Tips terakhir yaitu perbaiki kesalahan yang ada. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, pun termasuk dirimu pasti pernah berbuat salah. Kesalahan saat menjalin hubungan ini jadikan sebuah pelajaran dan pengalaman.

Tunjukkan pada pasangan kamu bisa berubah jadi lebih baik, menjadi sosok yang serius dalam hubungan ini. Ingat kalau masalah bisa diselesaikan dengan cara baik-baik, lakukanlah. Jangan buru-buru untuk berpisah. 

Masalah dalam hubungan memang gak bisa ditebak, namun jangan buru-buru memutuskan berpisah apabila bisa diselesaikan bersama. 

Baca Juga: 5 Alasan Kuat Kenapa Kamu Takut Jatuh Cinta Lagi setelah Putus

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya