Comscore Tracker

5 Dampak Sikap Diam saat Terjadi Masalah dengan Pasangan

Diam gak selamanya jadi pilihan yang tepat, lho

Dalam hubungan, kita pasti akan mengalami fase naik turun. Hari ini bisa sangat bahagia, tapi besok ada saja masalah yang diributkan. Sebab menyatukan pikiran dan prinsip dari dua orang yang berbeda bukanlah hal yang mudah. Maka wajar saja kalau kalian pernah berselisih paham dengan pasangan. 

Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menyelesaikan masalah tersebut. Kadang kita hanya memilih diam dan menuntut pasangan untuk peka.

Dibalik diam itu, ternyata ada dampak buruknya, lho. Tentu, tidak selamanya kalian bisa diam saat terjadi masalah dengan pasangan karena bisa menyebabkan lima dampak seperti di bawah ini.

1. Masalah tidak bisa segera diselesaikan

5 Dampak Sikap Diam saat Terjadi Masalah dengan Pasanganunsplash.com/Nathan Dumlao

Dampak pertama jika suka diam ketika terjadi konflik dengan pasangan, yaitu masalah tersebut tidak bisa segera kalian selesaikan. Harusnya bisa kalian atasi dengan cepat dan secara baik-baik, tapi karena kamu hanya diam masalah tersebut akhirnya menumpuk.

Maka dari itu saat terjadi problem dengan pasangan, yuk segera kalian selesaikan. Jika butuh waktu untuk berpikir, juga tidak masalah.

Jika butuh waktu untuk sendiri dulu, segera bilang. Jangan malah diam dan menunggu dia peka, sehingga waktu kalian terbuang percuma. 

2. Menunggu dia peka hanya buang-buang waktu, lebih baik segera kalian cari jalan keluar

5 Dampak Sikap Diam saat Terjadi Masalah dengan Pasanganpexels.com/Anastasiya Lobanovska

Dampak selanjutnya jika suka diam saja saat terjadi masalah dengan pasangan yaitu hanya akan membuat waktu kalian terbuang percuma. Jangan menunggu dia peka, jika terjadi konflik selesaikan bareng-bareng.

Kalau kamu diam, pasangan juga diam. Lalu, bagaimana masalahmu bisa cepat kelar? Kalau dia tidak berniat untuk memulai, coba kamu bertanya dan ajak dia diskusi lebih dulu. Jangan biarkan waktumu terbuang hanya untuk menunggu dia peka. 

Baca Juga: Hati-hati, 5 Dampak Buruk Love-Hate Relationship yang Tak Terkendali

3. Komunikasi kalian jadi rusak

5 Dampak Sikap Diam saat Terjadi Masalah dengan Pasanganpexels.com/Daisy Anderson

Karena kamu terbiasa diam saat terjadi masalah, pada akhirnya membuat komunikasi kalian jadi rusak. Seharusnya bisa kalian selesaikan dengan diskusi dan berbicara baik-baik, tapi keadaan malah semakin keruh.

Ingat, kalau ada sesuatu yang menjangggal dan menjadi kekhawatiranmu segera kamu bicarakan, sehingga pasangan bisa memahamimu, pun juga sebaliknya. Jangan biarkan satu masalah mengendap lama, karena bisa merusak komunikasi kalian. 

4. Masalah yang dipendam bisa memunculkan kebencian yang lain

5 Dampak Sikap Diam saat Terjadi Masalah dengan Pasanganpexels.com/Ketut Subiyanto

Dampak selanjutnya dari sikap diam saat terjadi masalah dengan pasangan yaitu dapat memunculkan kebencian yang lain. Misalnya kamu jadi mudah curiga, jadi gampang tersulut api cemburu dan akan menimbulkan masalah baru yang seharusnya gak terjadi.

Masalah yang dibiarkan lama bisa membuatmu diselimuti pikiran negatif. Maka jangan sampai hubungan kandas karena sikap ego kalian yang hanya diam saja ketika terjadi masalah. 

5. Lama kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan

5 Dampak Sikap Diam saat Terjadi Masalah dengan Pasanganunsplash.com/Alex Iby

Dampak terakhir, yaitu kamu jadi terbiasa untuk menutupi masalah yang kamu alami. Jadi tidak mau terbuka dengan pasangan, kalau ada apa-apa suka dipendam sendiri, dan masih banyak lagi.

Selama ini, kamu menganggap diam jadi cara yang tepat dan berbicara hanya akan berakhir pertengkaran. Padahal diam gak selalu jadi cara yang benar. Kamu tetap harus mengkomunikasikannya dengan pasangan. 

Ketika terjadi konflik dengan pasangan jangan hanya diam, komunikasikan dan bicarakan secara baik. Ingat, gak ada masalah yang nggak ada jalan keluarnya. So, carilah solusi terbaik dari setiap konflik yang kamu hadapi. 

Baca Juga: Jangan Mau Deh! 5 Larangan Pacar yang Menjurus ke Toxic Relationship

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya