Comscore Tracker

5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Saja

Kamu hanya perlu tenang hadapi menghadapinya

Sebel gak sih kamu kalau punya teman yang datang cuma ada perlunya doang? Setelah kebutuhannya selesai langsung tak ada kabar, kemudian muncul kalau ada perlu lagi sama kamu. Giliran kamu lagi butuh dan minta bantuan darinya malah ngilang dan pura-pura sibuk dengan urusannya.

Punya teman yang model begini memang bikin sebal dan makan hati aja. Nah, daripada terus-terusan dimanfaatkan, baca nih artikel 5 cara elegan menghadapi teman yang datang kalau ada perlunya doang di bawah ini. 

1. Jangan pernah takut untuk bilang tidak 

5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Sajapexels.com/Tirachard Kumtanom

Cara pertama untuk menghadapi teman yang seperti ini yaitu jangan pernah takut untuk bilang tidak dan menolaknya. Mungkin terdengar sulit buat kamu tipe orang yang gak enakan, tapi jika kebaikanmu tidak ingin terus dimanfaatkan olehnya jangan pernah takut untuk menolak. Sesekali kamu harus melakukan hal ini untuk memberi pelajaran untuknya. Kamu berhak menolak apabila hal tersebut memberatkanmu. 

2. Tetap tenang jangan langsung emosi

5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Sajapexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Tips kedua yaitu tetaplah tenang dan jangan langsung terbawa emosi. Saat dia mendatangimu dengarkan apa keluh kesahnya dan apa keperluan yang sedang ia butuhkan. Jangan terbawa emosi apalagi memarahinya, sebab itu akan membuat hubungan pertemanan kalian jadi renggang. Untuk itu kamu bisa memberikan solusi atas permasalahan yang sedang ia hadapi. 

Baca Juga: 5 Kiat Jitu Menghadapi Teman yang Ada Saat Butuhnya Saja

3. Beri dia solusi atau saran

5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Sajapexels.com/Alex Green

Meski kamu tidak bisa membantu secara langsung, kamu masih bisa menolongnya dengan memberikan solusi atau saran. Sebagai teman yang baik kamu bisa memberikan solusi atas permasalahan yang sedang ia hadapi. Dengan memberikan solusi atau saran bisa membuat dia belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri dan tidak terlalu bergantung dengan orang lain. Hal ini tentunya sangat berguna mengingat kita tidak bisa terus sama-sama dengan teman dan sahabat kita. 

4. Sesekali kamu bisa membantunya

5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Sajapexels.com/@Ketut Subiyanto

Jika ia memang benar-benar butuh bantuan gak ada salahnya kok sesekali membantu untuk menyelesaikan masalahnya. Jika kamu bisa membantunya bantulah dia, gak ada salahnya juga kan menolong orang lain? Namun hal yang paling terpenting ketahui batas kemampuanmu, jangan paksa diri untuk melakukan sesuatu tapi kita sendiri juga sedang mengalami kesulitan yang sama.

5. Merekomendasikan orang lain untuk membantunya

5 Cara Elegan Menghadapi Teman yang Datang Kalau Ada Perlunya Sajapexels.com/Gustavo Fring

Cara elegan terakhir untuk menghadapi teman yang kalau datang cuma ada perlunya saja yaitu dengan merekomendasikan orang lain untuk membantunya. Jika memang tidak bisa menolongnya, kamu bisa menyebutkan nama orang lain yang sekiranya bisa membantu menyelesaikan masalah temanmu. Dengan begitu ia tidak akan selalu bergantung padamu. Yah, jujur saja meski tidak bisa membantunya, setidaknya kamu tak terlalu merasa bersalah karena keputusanmu tersebut.

Meskipun perbuatan temanmu itu gak menyenangkan, kamu harus selalu memiliki kontrol diri. Jangan kebawa emosi ya, hadapi saja semoga temanmu bisa mengubah sikapnya tersebut secara pelan-pelan.

Baca Juga: Hadapi Teman yang Datang Jika Butuhnya Saja dengan 5 Sikap Ini

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya