Comscore Tracker

5 Alasan Enggan Menyatakan Perasaan Pada Orang yang Disuka

Mungkin ini lho alasannya

Kamu pernah bertanya-tanya gak sih, sudah dekat dengan seseorang, saling perhatian, dan sayang satu sama lain, namun si dia gak kunjung mengungkapkan perasaannya. Mau menyatakan duluan tapi gengsi, mau tanya tapi takut ke PD-an, dan akhirnya kamu cuma diam saja. 

Nah kalau dilihat situasinya seperti ini, pasti ada alasan kenapa dia melakukan hal tersebut. Mungkin ini lima alasan kenapa seseorang enggan mengungkapkan perasaan pada orang yang disuka.

1. Takut adanya penolakan

5 Alasan Enggan Menyatakan Perasaan Pada Orang yang Disukawanita dan pria sedang duduk (pexels.com/@pixabay)

Alasan pertama kenapa seseorang enggan mengungkapkan perasaan yaitu, takut adanya penolakan. Namanya menyatakan cinta risikonya ada dua, diterima atau ditolak. Itu hal yang wajar terjadi bukan. Namun, masih ada lho orang yang takut dengan adanya penolakan tersebut. Padahal kalau ingin tahu perasaan itu terbalas atau tidak, kuncinya hanya satu yaitu mengungkapkan. 

Maka sebelum menyatakan harus bisa melihat dulu apakah orang yang dituju menunjukkan ketertarikan yang sama atau tidak. Dengan demikian bisa menganalisis bagaimana perasaannya. 

2. Gengsi untuk menyatakan duluan

5 Alasan Enggan Menyatakan Perasaan Pada Orang yang Disukalaki-laki dan perempuan (pexels.com/@Leah Kelley)

Alasan selanjutnya yaitu, ia gengsi untuk menyatakan duluan. Hem ini salah satu alasan paling klasik kenapa seseorang enggan menyatakan perasaan, ya karena gengsi yang besar. Ia masih malu untuk menyatakan dan terkesan ragu-ragu. Padahal sebenarnya kamu pun punya perasaan yang sama. 

Jadi, daripada kelamaan menunggu, kenapa gak kamu yang menyatakan duluan saja. Gak papa kok menyatakan cinta adalah hal yang wajar dan siapa saja berhak untuk menyatakan duluan. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Rasa Gengsi akan Mempersulit Hidupmu

3. Takut merusak hubungan pertemanan kalian

5 Alasan Enggan Menyatakan Perasaan Pada Orang yang Disukapasangan sedang marahan (pexels.com/@cottonbro)

Ini biasa terjadi kalau kalian sudah berteman lama dan bersahabat satu sama lain, namun si dia menyimpan rasa terhadapmu. Ya bisa dikatakan terjebak friendzone. Karena biasanya kalau sudah bersahabat tapi salah satunya jatuh cinta, keadaan bisa berubah begitu saja, yang semula dekat jadi menjauh. 

Maka ia memilih untuk menyimpan perasaan tersebut, supaya jalinan pertemanan kalian gak renggang. Tapi kalau pada akhirnya dia mengungkapkan cinta, hargailah perasaannya dan jangan sampai pertemanan kalian jadi rusak.

4. Karena orang yang dia suka sudah dimiliki oleh orang lain

5 Alasan Enggan Menyatakan Perasaan Pada Orang yang Disukapasangan (pexels.com/@cottonbro)

Kita gak bisa menebak akan jatuh cinta dengan siapa. Dengan teman, rekan kerja, atau dengan orang yang sudah punya kekasih. Mungkin alasan dia gak mengungkapkan perasaan, karena orang yang dia cinta telah dimiliki oleh orang lain. Kalau sudah begini, bisa apa memangnya? Gak mungkin dong merebut atau merusak hubungan tersebut, itu justru hal yang sangat memalukan. 

Berat memang ketika itu terjadi, kuncinya yaitu mengikhlaskan. So, biarkan dia bahagia dengan pilihannya ya.

5. Merasa kurang percaya diri

5 Alasan Enggan Menyatakan Perasaan Pada Orang yang Disukalaki-laki sedang merenung (pexels.com/@Alexandr Podvalny)

Alasan terakhir yaitu, merasa kurang percaya diri. Ia menganggap dirinya hanyalah orang biasa yang tak layak dicintai sepenuh hati. Maka ia memilih untuk enggan mengungkapkan perasaan. Padahal setiap orang itu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pun dia pasti punya kelebihan yang gak dimiliki oleh orang lain. 

Jangan merasa rendah diri, kalau ingin mengejar cinta haruslah yakin. Karena kalau orang itu tulus mencintai, ia pasti bisa menerima apa pun dalam diri kita. 

Sebagian orang memilih memendam rasa karena itu adalah pilihan terbaik. Namun gak ada salahnya untuk berani menyatakan, supaya perasaan bisa lebih lega. 

Baca Juga: 5 Tips Anti Uring-uringan supaya Gebetan Segera Nyatakan Cinta Padamu!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya