Comscore Tracker

5 Hal yang Bikin Hubungan Jarak Jauh Rentan Putus, Hati-hati

Mungkin ini penyebabnya!

Berbicara mengenai hubungan asmara, setiap orang pasti menginginkan hubungan yang langgeng. Hubungan yang tidak cuma main-main saja, namun bisa dibawa ke jenjang serius untuk ke depannya.

Tidak terkecuali saat kamu menjalin hubungan jarak jauh atau LDR, pasti menginginkan hubungan yang kalian jalin bisa langgeng. Namun ternyata menjalin hubungan jarak jauh itu gak mudah, lho.

Banyak sekali hambatan serta tantangan yang harus dihadapi, mengingat kalian dipisahkan oleh jarak dan waktu. Nah, berikut lima hal yang membuat hubungan LDR rentan putus di tengah jalan. 

1. Komunikasi yang tidak berjalan lancar

5 Hal yang Bikin Hubungan Jarak Jauh Rentan Putus, Hati-hatiwanita sedang memegang hp(pexels.com/Karolina Grabwoska)

Hal pertama yang membuat hubungan LDR rentan putus di tengah jalan, yaitu faktor komunikasi. Karena kalian jarang ketemu, terpisah oleh jarak waktu, sibuk dengan pekerjaan masing-masing, alhasil komunikasi kalian jadi terhambat.

Dahulu yang setiap jam selalu berkabar, sekarang memberi kabar pun kalau cuma ingat dan sempatnya saja. Nah, jika komunikasi kalian terus seperti ini dan tidak berusaha untuk memperbaikinya, tentu bisa menimbulkan salah paham yang bisa mengancam hubunganmu untuk kedepannya. Jadimulai sekarang perbaiki lagi komunikasimu, ya.

2. Adanya perselingkuhan

5 Hal yang Bikin Hubungan Jarak Jauh Rentan Putus, Hati-hatiIlustrasi pasangan (pexels.com/@ROMAN ODINTSOV)

Perselingkuhan kerap jadi penyebab dari kandasnya hubungan LDR. Hubungan jarak jauh yang mana jarang ada waktu untuk bertemu, gak bisa mengawasi secara langsung, dan tidak tahu pasangan di sana melakukan apa, rentan mengalami perselingkuhan atau main belakang. 

Merasa tidak ada yang mengawasi dan tidak terpenuhinya kebutuhan dari pasangan, bisa membuat seseorang berani berkhianat meski sudah terikat hubungan dengan seseorang. Perselingkuhan inilah yang pada akhirnya membuat hubungan jarak jauh rentan mengalami kegagalan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menjalani Hubungan Jarak Jauh, Jarang Disadari, Lho!

3. Kurangnya waktu kebersamaan

5 Hal yang Bikin Hubungan Jarak Jauh Rentan Putus, Hati-hatiilustrasi pasangan (pexels.com/@cottonbro)

Faktor selanjutnya adalah, kurangnya waktu kebersamaan di antara kalian. Yang namanya hubungan jarak jauh sudah pasti waktu bersama itu susah untuk didapatkan kalau sama-sama tidak menyempatkan. Kurangnya kebersamaan ini bisa membuat pasangan jadi berani mencuri waktu dengan orang lain. 

Maka untuk mengatasi hal tersebut, jaga komunikasi kalian, buat jadwal ketemu berdua misal satu bulan sekali atau bisa saling berkunjung satu sama lain. Jika sudah ada waktu, manfaatkan secara benar momen tersebut jangan malah sibuk sendiri.

4. Rasa cemburu atau curiga berlebihan

5 Hal yang Bikin Hubungan Jarak Jauh Rentan Putus, Hati-hatipasangan bertengkar (pexels.com/@Timur Weber)

Hubungan jarak jauh bisa meningkatkan rasa cemburu dan curiga berlebihan pada pasangan. Ini karena kalian terpisahkan oleh jarak tentu rasa takut pasangan bermain di belakang atau mengkhianati kepercayaanmu tetap ada. 

Namun rasa cemburu berlebihan itu tidak baik, lho. Apalagi suka menuduh pasangan tanpa ada bukti yang jelas, lama kelamaan membuatnya jadi risih karena sikapmu yang berlebihan tersebut. Maka, supaya hal tersebut tidak mengancam hubungan kalian, belajarlah untuk membangun kepercayaan satu sama lain.

5. Terjebak dalam hubungan yang membosankan

5 Hal yang Bikin Hubungan Jarak Jauh Rentan Putus, Hati-hatiilustrasi pasangan (pexels.com/@Rafael Neres)

Poin terakhir yang membuat hubungan jarak jauh putus di tengah jalan, yaitu terjebak adanya situasi yang membosankan. Gak bisa dihindari memang rasa bosan dan jenuh sering dirasakan dari hubungan ini. Ya bagaimana tidak, selama ini kalian hanya bisa berhubungan lewat virtual.

Berbeda dari hubungan biasa yang mana bisa menghabiskan waktu bersama, jalan bareng, makan berdua, dan momen yang lain, tapi kamu hanya bisa menahan rindu dari kejauhan. Situasi inilah yang bisa membuat seseorang terjebak dalam hubungan yang membosankan, sehingga banyak orang yang gak kuat  dan memilih putus di tengah jalan. 

 

Setiap hubungan bisa berpotensi terjadinya kegagalan. Maka, jika saat ini kamu tengah menjalin hubungan dengan seseorang, rawatlah dengan baik sehingga bisa meminimalisir adanya kegagalan. 

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Hubungan Jarak Jauh Tetap Harmonis

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya