Comscore Tracker

5 Hal yang Kamu Dapat jika Terus Berusaha Menyenangkan Orang Lain

Jangan sampai rela mengorbankan kebahagiaan sendiri

Apa kamu sosok yang selalu berusaha menyenangkan orang lain? Membuat orang di sekeliling merasa bahagia, hingga rela mengorbankan kebahagiaan sendiri?

Well, menjadi orang yang selalu menyenangkan bukanlah suatu kesalahan kok, tapi apa kamu pernah berpikir hal demikian bisa membuatmu lupa terhadap perasaan sendiri.

Padahal, yang bertanggung jawab atas kebahagiaan orang lain itu bukanlah kita. Nah, berikut 5 hal yang akan kamu dapat jika selalu menyenangkan orang lain.  

1. Jadi lupa terhadap kebahagiaan sendiri

5 Hal yang Kamu Dapat jika Terus Berusaha Menyenangkan Orang Lainunsplash.com/@Pietra Schwarzler

Dampak pertama jika kamu selalu berusaha menyenangkan orang lain yaitu kamu jadi lupa terhadap kebahagiaan diri sendiri. Waktu yang harusnya bisa kamu manfaatkan untuk membuat diri bahagia, malah tersita hanya untuk mengurusi kesenangan orang lain.

Nggak ada yang tahu cara membuat kita bahagia kalau bukan diri sendiri, kamu yang berhak atas hidup yang kamu jalani, dan kamu pun sebenarnya nggak ada kewajiban untuk selalu menyenangkan orang lain.

2. Kamu tidak bisa menjadi diri sendiri

5 Hal yang Kamu Dapat jika Terus Berusaha Menyenangkan Orang Lainunsplash.com/@Sam manns

Dampak selanjutnya yaitu kamu jadi tidak bisa menjadi diri sendiri. Karena terbiasa menyenangkan orang lain dan melakukan apa saja supaya mereka menyukaimu, pada akhirnya membuatmu nggak bisa jadi diri sendiri.

Kamu selalu menunjukkan kelebihan yang kamu miliki dan berusaha tampil perfect supaya orang-orang mengakuimu. Hal inilah yang membuatmu nggak bisa jadi diri sendiri. Kamu selalu memakai "topeng" untuk menutupi kekurangan yang kamu punya. 

Baca Juga: Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkan

3. Hidupmu bakal mudah dikendalikan orang lain

5 Hal yang Kamu Dapat jika Terus Berusaha Menyenangkan Orang Lainunsplash.com/@Priscilla Du Preez

Dampak selanjutnya yaitu hidupmu bakal mudah dikendalikan oleh orang lain. Karena kamu selalu menampilkan sisi terbaik, pada akhirnya ada orang yang sengaja memanfaatkan kebaikan yang kamu miliki.

Mereka beranggapan kamu orang yang sulit untuk bilang tidak, sehingga ia mulai berani mengendalikan hidupmu. Maka dari itu, tegaslah terhadap diri sendiri, beranilah untuk bilang tidak dan jangan takut kalau pada akhirnya ada orang yang membenci hidupmu. 

4. Jika ia tak membalas dengan hal serupa, kamu bakal kecewa

5 Hal yang Kamu Dapat jika Terus Berusaha Menyenangkan Orang Lainunsplash.com/@Randy Jacob

Hal yang kamu dapat jika terus menyenangkan orang lain selanjutnya, yaitu jika kebaikan yang kamu curahkan selama tidak terbalas sesuai dengan ekspetasimu, maka kamu bakal menelan kekecewaan.

Ingat, tidak semua orang ketika kamu memberi kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Pasti ada saja orang yang nggak tahu diri untuk menjatuhkanmu. Maka, biar nggak menelan kekecewaan, bersikaplah biasa saja jangan berlebihan.

5. Kamu jadi selalu memikirkan tanggapan orang lain

5 Hal yang Kamu Dapat jika Terus Berusaha Menyenangkan Orang Lainunsplash.com/@CoWomen

Yang terakhir yaitu karena nggak mau mengecewakan orang di sekitarmu, kamu jadi selalu memikirkan tanggapan orang. Kamu nggak bisa bebas terhadap kehidupan yang kamu jalani, setiap kali melakulan sesuatu selalu saja memikirkan omongan orang.

Padahal, kamu punya hak bahagia atas hidupmu sendiri. Maka dari itu, bersikaplah sewajarnya saja terhadap kehidupan orang lain, ya.

 

Itulah guys, 5 hal yang bakal kamu dapat jika terus menyenangkan orang lain. Kamu adalah orang yang bertanggung jawab atas kehidupan pribadimu, maka jangan selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain, ya. Cukup jadilah diri sendiri. 

Baca Juga: Tak Bisa Menolak, 5 Tandanya Kalau Kamu Terjebak Jadi People Pleaser

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya