Comscore Tracker

Jangan Berlebihan, 5 Harapan dalam Hubungan yang Bisa Membuatmu Kecewa

Cukup sekedarnya saja 

Dalam menjalin hubungan setiap orang pasti memiliki harapan supaya hubungan yang dijalin berakhir bahagia. Hubungan yang membuat hati berbunga-bunga, muncul perasaan sayang satu sama lain, dan berakhir ke dalam hubungan yang serius.

Namun ternyata ketika memutuskan menjalin asmara dengan seseorang tidak selamanya akan berjalan mulus. Pasti dalam perjalanannya yang namanya hambatan itu terjadi. Maka jangan berlebihan membuat harapan dalam hubungan yang bisa membuat kecewa ini.

1. Berharap hubungan berjalan mulus terus

Jangan Berlebihan, 5 Harapan dalam Hubungan yang Bisa Membuatmu Kecewailustrasi pasangan (pexels.com/@bethany ferr)

Hal pertama yang bisa membuatmu kecewa dalam hubungan adalah, berharap hubungan yang kalian jalin terus berjalan mulus. Ya memang itu merupakan harapan semua orang, namun kamu harus sadar bahwa tidak ada yang namanya kisah asmara yang mulus-mulus saja.

Di dalamnya pasti pernah mengalami yang namanya masalah, perdebatan satu sama lain, perbedaan pendapat atau sudut pandang, dan sebagainya. Maka dari itu jangan berlebihan ketika berharap supaya kamu gak sakit hati. 

2. Berharap memiliki pasangan yang sempurna

Jangan Berlebihan, 5 Harapan dalam Hubungan yang Bisa Membuatmu Kecewailustrasi pasangan (pexels.com/@elle hughes)

Poin selanjutnya adalah berharap kamu memiliki pasangan yang sempurna. Sebenarnya siapa yang tidak ingin memiliki pasangan yang perfect? Perfect dalam arti sesuai dengan tipe idealmu, dirasa semua ingin memiliki pendamping yang sesuai dengan kriterianya.

Namun akan menjadi suatu kesalahan apabila kamu menuntut pasangan untuk jadi yang sempurna tanpa cela. Ingat tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing termasuk pasanganmu. 

Baca Juga: 5 Penyebab Hubungan LDR Sulit Berjalan Lancar, Kok Bisa?

3. Berharap pasangan bisa selalu mengerti keadaanmu

Jangan Berlebihan, 5 Harapan dalam Hubungan yang Bisa Membuatmu Kecewapasangan sedang duduk (pexels.com/@Howdy Hada)

Poin ketiga, harapan berlebihan yang bisa menelan kekecewaan adalah berharap pasangan bisa selalu mengerti. Sebenarnya ketika menjalin hubungan, satu sama lain harus memiliki rasa kepekaaan, memiliki rasa peduli bagaimana perasaan pasangannya.

Namun hal tersebut tidak bisa terjadi apabila kamu sendiri saat ada masalah cuma diam saja, tidak mau mengkomunikasikan, dan selalu berharap pasangan peka duluan. Ingat menuntut pasangan untuk selalu mengerti hanya membuatmu kecewa jika ia gak bisa memenuhi ekspetasimu. 

4. Hubungan yang dijalani hanya berdua saja

Jangan Berlebihan, 5 Harapan dalam Hubungan yang Bisa Membuatmu Kecewailustrasi pasangan (pexels.com/@Huynh Van)

Selain tiga poin di atas yang bisa memunculkan rasa kecewa adalah berharap hubungan yang kalian jalin hanya berdua saja. Ya benar segala keputusan kalian yang mengambilnya, kalian sebagai nahkoda dalam rumah tangga.

Namun suatu kemustahilan apabila dalam hubungan tidak melibatkan keluarga masing-masing. Apalagi kalau kalian sudah menikah, pasti ada beberapa hal akan bersinggungan dengan keluarga besar. 

5. Berharap pasangan bersikap romantis layaknya dalam drama

Jangan Berlebihan, 5 Harapan dalam Hubungan yang Bisa Membuatmu Kecewailustrasi pasangan (pexels.com/@Hugo Martinez)

Tidak ada yang salah sebenarnya jika menginginkan pasangan yang romantis. Tapi menjadi suatu kesalahan apabila kamu gak bisa membedakan romansa di cerita fiksi dan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Berharap pasangan bisa bersikap romantis layaknya dalam film atau drama bisa membuatmu kecewa. 

Akan lebih baik apabila bisa menerima love languange versi pasanganmu sendiri. Jangan menuntutnya untuk menjadi orang lain, tapi terimalah dia apa adanya dengan bahasa cinta yang ia punya. 

Itulah lima harapan berlebihan dalam hubungan yang bisa membuatmu kecewa berat. Sudah dikatakan sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, maka tuangkan rasa cintamu sesuai kadarnya.

Baca Juga: 5 Penyebab Hubungan Sulit Beranjak ke Jenjang Pernikahan, Kok Bisa?

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya