Comscore Tracker

Ini 5 Cara Membantu Teman Keluar dari Hubungan yang Gak Sehat

Kamu bisa melakukan dengan cara ini

Semua orang pasti ingin menjalin hubungan asmara yang sehat. Punya pasangan yang baik, memperlakukan kita dengan benar, dan bertanggung jawab dalam hubungan. Namun tidak semua orang beruntung memiliki kisah asmara yang sehat, kadang kita melihat teman yang terjebak dalam toxic relationship. 

Entah itu adanya perselingkuhan, kekerasan dalam hubungan, pasangan tidak memperlakukan kita dengan baik, dan sebagainya. Sebagi teman dekat pasti sangat sedih melihat teman sendiri diperlakukan demikian, nah berikut lima cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu teman keluar dari hubungan yang gak sehat. 

1. Mulailah pembicaraan dari hati ke hati

Ini 5 Cara Membantu Teman Keluar dari Hubungan yang Gak SehatPerempuan ngobrol (pexels.com/@karolina grabwoska)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan memulai pembicaraan dari hati ke hati terlebih dahulu dengan temanmu. Kadang seseorang tetap bertahan dalam hubungan toksik karena takut ditinggal pasangan, takut memulai hubungan baru, adanya ancaman, dan sebagainya. 

Maka kamu bisa memulai pembicaraan dengan dia. Katakan bahwa bertahan dalam hubungan yang gak sehat bisa merusak kesehatan fisik dan mental. Tidak ada dampak baik dari hubungan tersebut. Nasihati pelan-pelan supaya ia bisa menyadari hal itu. 

2. Mengajaknya untuk membuka mata dan pikiran

Ini 5 Cara Membantu Teman Keluar dari Hubungan yang Gak Sehatwanita sedang bercerita (pexels.com/@SHVETS production)

Seseorang kalau sudah cinta mati sekaligus cinta buta duluan, ia tidak bisa membedakan mana hal baik dan buruk dalam hidupnya. Ia merasa apa yang dilakukan pasangan adalah sesuatu yang biasa dalam hubungan, meski itu tidak benar dilakukan. 

Maka tugasmu yaitu membantu dia untuk membuka mata selebar-lebarnya. Sadarkan bahwa apa yang dilakukan pasangan adalah hal yang keliru dan hilangkan keyakinan bahwa pasangannya bisa berubah suatu saat nanti. Mengingat jika hal tersebut sudah menjadi watak dan tabiat, akan sulit dihilangkan dalam sekejap. 

Baca Juga: 5 Cara Menakar Kedewasaan Seseorang dalam Hubungan Percintaan

3. Beri dukungan padanya

Ini 5 Cara Membantu Teman Keluar dari Hubungan yang Gak Sehatwanita sedang bercerita (pexels.com/@rodnae production)

Mungkin kita berpikir keluar dari hubungan yang gak sehat itu mudah, tinggal putus dan akhiri saja. Namun bagi sebagian orang, keluar dari toxic relationship itu sulit dilakukan, entah karena adanya ancaman atau faktor lain yang mempersulit. Maka jika temanmu di posisi demikian tetaplah beri dukungan padanya, jangan tinggalkan dia seorang diri.

Berikan pandangan atau masukan, namun bukan dengan cara menghakimi atau memojokkannya. Berikan dukungan bahwa dirinya layak dicintai dan akan mendapat pasangan yang tepat suatu saat nanti. Dengan demikian ia punya keberanian untuk lepas dari hubungan yang gak sehat. 

4. Katakan mencintai diri sendiri itu lebih penting

Ini 5 Cara Membantu Teman Keluar dari Hubungan yang Gak Sehatseorang perempuan (pexels.com/@Polina Sirotina)

Selain tiga poin di atas cara membantu teman keluar dari hubungan yang gak sehat adalah, dengan mengatakan bahwa mencintai diri sendiri itu jauh lebih penting. Buat apa bertahan dalam hubungan toksik apabila tidak bahagia, buat apa masih mempertahankan pasangan kalau kerjaannya cuma nyakitin. 

Lebih baik melepaskan hubungan tersebut, sehingga kedamaian bisa didapatkan, lebih baik jomblo tapi kita happy. Justru ini bisa dimanfaatkan untuk lebih mencintai diri sendiri. 

5. Sadari bahwa kamu tidak mempunyai kendali atas hubungan mereka

Ini 5 Cara Membantu Teman Keluar dari Hubungan yang Gak Sehatseorang teman (pexels.com/@liza summer)

Jika sudah berusaha menyadarkan, sudah memberitahu bahwa apa yang ia lakukan itu keliru, tapi dia tetap bertahan dalam hubungan tersebut, sadari bahwa kamu tidak mempunyai kendali atas hubungan mereka. Semua keputusan ada di tangan temanmu, mau mengakhiri atau bertahan itu pilihan dia. 

Kamu hanya bisa mendoakan, semoga temanmu mengetahui baik dan buruknya supaya tidak menyesal di akhir. Mengingat kalau terlalu memaksa, bisa-bisa pertemanan kalian yang jadi rusak. 

Itu dia lima cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu teman keluar dari hubungan yang gak sehat. Semoga cara di atas ampuh menyadarkan temanmu jika terjebak dalam toxic relationship itu hanya membuatnya menderita. 

Baca Juga: 5 Ciri Hubungan yang Sudah Sulit untuk Dipertahankan, Harus Bagaimana?

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya