Comscore Tracker

5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri Pasangan

Apa ya kira-kira penyebabnya?

Dalam menjalin hubungan dibutuhkan sikap rasa percaya diri, supaya masing-masing tidak saling insecure ketika menjalin asmara. Namun bagi sebagian orang, rasa percaya diri tersebut sulit digali dan dimiliki. 

Pasangan kadang terjebak perasaan merasa rendah daripada orang lain, tidak lebih baik, dan merasa gak ada kelebihan yang bisa dibanggakan. Tapi jangan buru-buru menyalahkan si dia, berikut lima hal yang tanpa disadari bisa menurunkan kepercayaan diri pasanganmu. 

1. Kamu yang selalu membanding-bandingkan dia dengan orang lain

5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@rodnae production)

Hal pertama yang tanpa disadari bisa menurunkan kepercayaan diri pasangan adalah, kamu yang selalu membanding-bandingkan dia dengan orang lain. Entah membandingkan soal fisik, pendapatan, pencapaian yang telah diraih, mengenai materi, dan sebagainya. 

Siapa sih yang gak merasa down jika kita punya pasangan, namun suka dibanding-bandingkan dengan wanita lain misalnya. Pastinya sangat menyebalkan dan berujung menurunkan kepercayaan diri, karena jadi merasa tidak pantas untuk dimiliki. 

2. Memuji perempuan lain di depan pasangan

5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri Pasanganwanita sedang menatap pria (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Hal selanjutnya yang bisa menurunkan kepercayaan diri pasangan adalah memuji wanita lain. Padahal kamu sudah punya pasangan lho, tidak sepantasnya memuji orang lain di hadapan pasanganmu. Entah memuji kecantikannya, soal penampilan, atau apa pun itu. Jika itu dilakukan menunjukkan bahwa kamu gak bisa menjaga perasaannya. 

Memang siapa yang gak sakit hati kalau pasangan sendiri terang-terangan memuji wanita lain? Pastinya sangat menyesakkan bukan. Dia jadi merasa tidak seperti yang kamu harapkan. 

Baca Juga: 6 Cara Membangun Kepercayaan ke Pasangan

3. Menuntut pasangan jadi sosok yang sempurna

5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@afif kusuma)

Di dunia ini gak ada manusia yang benar-benar sempurna. Semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Di balik kekurangan seseorang pasti ada kelebihan yang bisa dibanggakan.

Namun, jika dirimu selalu menuntut pasangan untuk jadi sosok yang sempurna, menjadi seseorang yang kamu mau, menuntutnya untuk ini itu, tentu membuatnya gak bisa menjadi diri sendiri. Ia akan menggunakan "topeng" untuk menciptakan kesempurnaan tersebut. Sehingga rasa kepercayaan diri untuk menjadi dirinya sendiri akan menurun. 

4. Selalu mengungkit masa lalu

5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@timur weber)

Setiap orang punya kisah masa lalu. Baik itu kamu atau pasangan pasti memiliki masa lalunya masing-masing. Ketika memutuskan menjalin hubungan ke jenjang serius, satu hal yang harus kamu persiapkan, apakah mampu menerima segala hal yang ada dalam dirinya termasuk masa lalunya.

Jika menerima, silakan berlanjut hubungan tersebut. Namun jika belum bisa, berterusteranglah bahwa kamu belum mampu menerima keadaan dia yang sebenarnya. Jangan ketika sudah menjalin hubungan serius, kamu selalu mengungkit-ungkit masa lalunya dan menghakimi seolah-olah dia manusia penuh dosa, karena hal itu bisa menurunkan kepercayaan diri pasangan. Dari awal sudah jelas bukan, hubungan itu berjalan jika masing-masing mau menerima secara utuh. 

5. Selalu berbicara negatif pada pasangan

5 Hal yang Tanpa Disadari Bisa Menurunkan Kepercayaan Diri Pasanganpasangan berantem (pexels.com/@budgeron bach)

Poin terakhir yang bisa menurunkan kepercayaan diri pasangan adalah, sikapmu yang selalu berbicara negatif padanya. Misalnya, pasangan melakukan kesalahan sepele, kamu langsung melontarkan kata-kata yang gak pantas, ada masalah kecil kamu mengucapkan sumpah serapah, dan perlakuan yang lain. 

Selalu berbicara hal buruk inilah yang bisa membuat pasangan jadi merasa bersalah, merasa tidak dihargai, dan menurunkan kepercayaan dirinya. Sehingga hubungan yang kalian jalin semakin kacau. 

Krisis percaya diri dalam hubungan membuat siapa saja jadi gak nyaman. Maka berusahalah untuk gak melakukan lima hal di atas supaya tidak menurunkan kepercayaan diri pasanganmu. Perlu jadi catatan juga kalau kepercayaan dirimu gak bisa diruntuhkan oleh perlakuan siapa pun.

Baca Juga: 5 Cara Bangkitkan Kepercayaan Diri setelah Jadi Korban Single Shaming

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya