Comscore Tracker

Sebelum Menyerah pada Hubungan, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkan

Biar nantinya kamu tidak menyesal

Dalam menjalin cinta naik turun hubungan adalah hal yang biasa. Kadang mengalami cekcok, berselisih paham dengan pasangan, perbedaan pendapat, tapi setelah itu kedaan bisa kembali membaik dan tidak terjadi apa-apa. Masalah dalam hubungan itu ibarat bumbu yang bisa mewarnai perjalanan cinta kalian.

Nah, ketika terjadi masalah jangan buru-buru untuk mengakhiri hubungan selagi masalah yang kalian alami bukan sesuatu yang besar dan merugikan. Oleh karena itu, sebelum akhirnya kamu memutuskan menyerah dalam hubungan ini lima hal yang harus kamu pertimbangkan. 

1. Ingat lagi alasan dulu kenapa kamu jatuh cinta dengannya

Sebelum Menyerah pada Hubungan, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkanunsplash.com/@Denys Nevozhai

Sebelum akhirnya kamu menyerah dalam hubungan coba deh ingat lagi apa alasan kamu dulu untuk jatuh cinta. Temukan apa hal yang bisa membuatmu bertahan sampai saat ini. Apakah karena sifatnya yang tanggung jawab, apa karena dia sosok pengertian, apa karena dia pribadi yang cerdas, atau karena alasan lain.

Kamu adalah orang yang tahu apa alasan terbesar untuk jatuh cinta padanya dan kamu sendiri adalah orang yang tahu apakah hubungan kalian bisa terus berlanjut atau tidak. 

2. Pikirkan apa kamu sudah siap untuk melepaskannya

Sebelum Menyerah pada Hubungan, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkanunsplash.com/@Pietra Schwarzler

Masalah dalam hubungan itu hal biasa kok, hari ini begitu hebat diuji sebuah cobaan besok jadi terasa baik-baik saja. Jangan karena masalah sepele kamu jadi sedikit-sedikit minta putus. Pikirkan sekali lagi apa yang bisa membuatmu bertahan sampai saat ini. Renungi juga apakah kamu sudah siap untuk melepaskan seseorang yang selalu ada untukmu selama ini.

Jika masalah tersebut bisa kalian perbaiki, adakalanya bertahan bisa menjadi pilihan. Tapi jika kamu merasa putus hubungan adalah pilihan yang tepat, kamu bisa mengakhirinya dengan baik. 

Baca Juga: 7 Tanda Kamu dengan Pacar Sebaiknya Putus, Jangan Dipaksakan Lagi

3. Temukan penyebab masalah

Sebelum Menyerah pada Hubungan, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkanunsplash.com/@Randy Jacob

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan sebelum menyerah yaitu, dengan menemukan akar permasalahan dalam hubungan kalian. Cari tahu penyebab sebenarnya apa kemudian carilah solusi yang tepat.

Sekiranya bisa kalian selesaikan dengan baik segeralah cari titik temu, jika membutuhkan waktu jeda atau break juga tidak masalah, dengan begitu kalian punya waktu untuk berpikir dan introspeksi diri. Pastikan sebelum mengambil keputusan, kamu sudah paham betul apa akar masalahnya. 

4. Renungkan alasan apa yang bisa mempertahankan hubunganmu atau tidak

Sebelum Menyerah pada Hubungan, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkanunsplash.com/@Nathan Dumlao

Selanjutnya yaitu coba renungkan alasan kenapa hubunganmu harus dipertahankan. Coba tanya pada diri sendiri seandainya hubungan kalian tetap berlanjut apakah kamu bisa bahagia, apa kamu bisa menerima kelebihan dan kekuranganya sampai akhir nanti, dan lainnya. Coba renungkan dan pikirkan sebelum mengambil keputusan besar. Bertahan atau melepaskan semua ada di tangan kamu, maka pikirkan lebih dulu. 

5. Bicarakan satu sama lain terlebih dahulu

Sebelum Menyerah pada Hubungan, 5 Hal Ini Harus Kamu Pertimbangkanunsplash.com/sept commercial

Terakhir sebelum menyerah pada hubungan yang sudah kamu jalin tolong bicarakan satu sama lain terlebih dahulu. Carilah waktu untuk berbicara empat mata dan jangan pernah kamu menutupi apa yang sedang kamu rasakan saat ini. Jujurlah terhadap pasanganmu sebab komunikasi jadi salah satu faktor penting untuk menghindari kesalahpahaman. Tapi,  jika pada akhirnya putus hubungan jadi jalan terbaik, semoga kamu bisa menemukan kebahagiaan dengan orang lain nantinya. 

Itulah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum akhirnya menyerah pada hubungan. Jadi, sebelum mengambil keputusan besar pikir dan renungkan dulu untuk dampak ke depannya ya.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Buru-Buru Menjalin Hubungan Setelah Hatimu Dipatahkan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya