Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!

Mulai sekarang turunkan ekspektasimu, ya

Apa sekarang kamu sedang merasa patah hati? Sudah menjalin hubungan lama tapi gagal lagi, diam-diam suka sama seseorang eh dia malah suka orang lain, sudah nyatakan cinta tapi dia gak ada rasa. Hm, ngomongin perasaan memang paling menyesakkan ya.

Maka mulai sekarang biar gak mudah sakit hati jangan banyak berharap pada orang lain ya. Nah berikut lima hal yang membuat kita jadi mudah merasa patah hati. Jadi, sebisa mungkin harus kamu hindari.

1. Terlalu banyak berharap

5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!laki-laki dan perempuan (pexels.com/@Yasmin Luisa k)

Penyebab pertama yaitu, karena kamu terlalu banyak berharap pada seseorang. Padahal salah satu sumber rasa kecewa ya karena kita terlalu berharap ini pada orang lain. Berharap ia bisa membalas perasaanmu, berharap dia membuka hatinya untukmu, berharap ia akan selalu ada, dan lainnya.

Nah jika harapan tersebut gak terwujud dan tidak sesuai yang kamu pikirkan baru deh muncul sesak di dada. Kalau seperti ini siapa yang disalahkan? Apakah dia? Bukan, namun kamu sendiri yang terlalu banyak berharap padanya.

2. Memiliki ekspektasi lebih pada seseorang

5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!pasangan sedang duduk (pexels.com/@limuel gonzales)

Poin selanjutnya yang membuatmu mudah patah hati yaitu, karena kamu menaruh ekspektasi lebih pada seseorang. Misalnya nih kamu sedang PDKT dengan seseorang, kalian saling berbalas pesan, tapi di sini kamu langsung berekspektasi membayangkan bahwa dia ada rasa.

Namun belum tentu itu terjadi, dia membalas pesan bukan berarti ada perasaan. Angan-angan yang terlampau tinggi inilah membuat hatimu jadi mudah terpatahkan. Sebab sering kali ekspektasi gak sesuai dengan realitas yang ada.

Baca Juga: 5 Ekspektasi yang Gak Masuk Akal, Hentikan Daripada Kecewa

3. Terlalu dalam jatuh cinta, hingga lupa perasaan gak bisa dipaksakan

5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!seorang wanita (pexels.com/@min an)

Karena kamu terlalu cinta pada seseorang, hingga lupa bahwa perasaan itu gak bisa dipaksakan. Kamu sedang menyukai seseorang, melakukan apa saja untuk menarik perhatiannya, berkorban ini itu, namun belum tentu pengorbanan yang kamu lakukan menggerakkan hatinya untuk menyukaimu. Kamu lupa bahwa perasaan itu gak bisa dipaksakan.

So, ini jadi pembelajaran sebelum mencintai seseorang dengan sangat dalam, ketahui dulu bagaimana perasaannya untuk meminimalkan adanya patah hati.

4. Mudah menaruh rasa percaya

5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!ilustrasi pasangan (pexels.com/@Ba phi)

Mudah menaruh kepercayaan pada orang lain juga menjadi sumber hati mudah terpatahkan. Ya bagaimana tidak, kamu percaya dengan omongan yang ia lontarkan padahal itu semua omong kosong doang, percaya pada janji yang ia buat padahal janji tersebut gak pernah ditepati, dan lainnya.

Apa yang ia katakan seperti keyakinan yang membuat orang lain jadi mudah percaya, padahal ia cuma jago ngomong saja. Maka jangan mudah menaruh kepercayaan pada seseorang, apalagi kalau masih dalam hubungan yang gak jelas.

5. Berharap ia melakukan hal yang sama terhadapmu

5 Hal yang Membuat Mudah Patah Hati, Jangan Banyak Berharap!wanita sedang menatap pria (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Poin terakhir kenapa mudah patah hati yaitu, ketika kamu melakukan sesuatu pada seseorang kamu berharap orang tersebut juga melakukan hal yang sama. Kamu berkorban untuknya, belum tentu dia mau berkorban untukmu. Kamu selalu ada di saat dia sedih, belum tentu ia ada saat kamu membutuhkannya.

Mungkin kamu menganggapnya orang yang berarti, tapi belum tentu juga ia menganggapmu sosok yang spesial. So, jangan berekspektasi pada seseorang untuk melakukan hal yang sama.

Mudah patah hati bisa jadi karena kamu terlalu berekspektasi lebih, kontrol perasaan dan hatimu. Dari beberapa poin di atas apakah kamu pernah mengalaminya sendiri? Semoga tidak ya.

Baca Juga: Bukan Balas Dendam, Ini 5 Obat Patah Hati yang Bikin Kamu Segera Pulih

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya