Jangan Hanya Diam, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Nggak Suportif

Apakah pasanganmu memiliki sikap demikian?

Dalam menjalin hubungan, setiap orang pasti menginginkan pasangan yang bisa saling menerima dan mendukung satu sama lain. Namun bagaimana jadinya ketika kamu memiliki pasangan yang nggak pernah suportif terhadapmu.

Seharusnya pasangan yang tulus adalah ia yang mampu memberi dukungan dan menjadi penyemangat ketika kamu memiliki cita-cita tersebut. Jika kamu memiliki pasangan yang seperti itu, bicarakan baik-baik dan lakukan lima cara berikut ini untuk mengomunikasikannya.

1. Coba utarakan isi hatimu 

Jangan Hanya Diam, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Nggak Suportifpexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Apa yang tengah hatimu rasakan saat ini entah itu perasaan jengkel, sebal, hingga marah ketika menghadapi sifatnya yang tidak pernah mendukungmu, coba deh utarakan secara baik-baik. 

Keluarkan segala unek-unek yang sudah mengendap lama di dalam hati, supaya dia tahu bahwa selama ini kamu tidak nyaman dengan sifatnya tersebut. Ungkapkan dengan jujur ya, supaya tidak terjadi miskomunikasi. 

2. Bicarakan secara baik-baik 

Jangan Hanya Diam, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Nggak Suportifpexels.com/freestocks.org

Setelah mengutarakan isi hati, coba mulai bicarakan masalah yang kamu alami secara baik-baik. Jujurlah kalau selama ini kamu tidak nyaman dengan sikapnya yang nggak bisa suportif padamu.

Selain itu kamu jangan hanya diam dan berharap pasanganmu mengerti secara sendiri. Ungkapkan apa yang ingin kamu ucapkan, jika kamu butuh motivasi atau dukungan bicaralah secara langsung biar tidak salah paham. 

Baca Juga: 5 Etika Penting Komunikasi dengan Pasangan yang Sering Dilupakan

dm-player

3. Cari jalan keluar bareng 

Jangan Hanya Diam, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Nggak Suportifpexels.com/Văn Thắng

Ingat ya setiap masalah yang dihadapi dalam hubungan pasti ada jalan keluarnya. Namun hal itu tergantung bagaimana kamu dan pasangan menyelesaikan berdua. Maka lebih baik jika kalian bisa menurunkan ego masing-masing, mencoba saling memahami satu sama lain, dan mencari jalan keluar bersama agar hubunganmu bisa kembali membaik. 

4. Menjadi pasangan yang suportif 

Jangan Hanya Diam, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Nggak Suportifpexels.com/Gustavo Fring

Sebelum menuntut pasanganmu menjadi pribadi yang suportif, ada baiknya kamu bersikap suportif lebih dulu. Tidak ada salahnya kok kamu bersikap suportif dan bisa mendukungnya lebih dulu, siapa tahu ia bisa belajar darimu. Karena bisa jadi masalah tersebut muncul karena kalian berdua tidak saling memberi dukungan satu sama lain. 

5. Mengevaluasi diri

Jangan Hanya Diam, Ini 5 Cara Hadapi Pasangan yang Nggak Suportifpexels.com/Gustavo Fring

Meskipun terdengar simpel, melakukan evaluasi diri sangatlah penting. Karena dengan mengevaluasi diri kamu akan mengerti letak kesalahan pada hubungan yang kamu jalin, hingga tahu penyebab kenapa ia tidak pernah mendukung.

Siapa tahu ia memiliki alasan sendiri kenapa ia melakukan hal tersebut. Selain itu, jika hubungan yang tidak suportif tersebut diiringi dengan tindakan buruk lainnya, lebih baik kamu hati-hati agar tidak terjebak dalam toxic relationship yang dapat merugikanmu. 

Yuk, mulai sekarang evaluasi lagi hubunganmu. Ingat jangan buru-buru mengakhiri hubungan, jika sebenarnya bisa diselesaikan secara baik-baik. 

Baca Juga: Apakah Kamu dan Pasanganmu Memiliki Kualitas Hubungan Suportif Ini?

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya