Comscore Tracker

5 Pelajaran yang Bisa Diambil Setelah Bertengkar dengan Pasangan

Di balik suatu yang buruk, ada hal positif yang diambil

Dalam hubungan rasanya mustahil kalau selalu berjalan mulus-mulus saja. Baik itu hubungan yang baru atau yang sudah lama, pasti ada masa-masa naik turun. Adanya masalah, pertengkaran, dan keributan pasti pernah dialami.

Berbicara mengenai pertengkaran, ini merupakan suatu hal yang harus dihindari dalam hubungan. Namun, meski selalu dipandang sebagai hal yang negatif, ternyata ada lima pelajaran yang bisa diambil setelah bertengkar dengan pasangan. Apa saja?

1. Bisa belajar untuk mencari jalan keluar yang terbaik 

5 Pelajaran yang Bisa Diambil Setelah Bertengkar dengan PasanganIlustrasi pasangan (pexels.com/@Andres Ayrton)

Pelajaran pertama dari adanya pertengkaran dengan pasangan yaitu, bisa belajar untuk mencari jalan keluar yang terbaik. Setelah ribut dan bertengkar, pasti setiap pasangan tidak ingin ini menjadi berlarut-larut, semuanya menginginkan masalah tersebut bisa cepat diselesaikan.

Maka adanya masalah tersebut membuat kalian bisa belajar untuk mencari solusi dari persoalan yang dialami. Kalian bisa diskusi bareng enaknya bagaimana dan apa jalan keluar yang bisa diambil. Selain itu, persoalan ini bisa membuat kalian jadi tambah dewasa dalam menyikapi suatu hal. 

2. Menyadari bahwa tidak ada hubungan yang sempurna 

5 Pelajaran yang Bisa Diambil Setelah Bertengkar dengan Pasanganpasangan sedang bertengkar (pexels.com/@Timur Weber)

Dalam hubungan kalau kamu menuntut adanya kesempurnaan rasanya sangat mustahil bisa dilakukan. Namanya masalah atau pertengkaran merupakan hal yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Maka setelah adanya pertengkaran dengan pasangan kamu jadi semakin sadar, bahwa seberusaha apa pun kita membuat hubungan jadi sempurna tetap pasti ada celah.

Oleh karena itu kamu dan pasangan harus bisa saling menjaga dan memahami satu sama lain. Sehingga masalah yang kalian alami bisa diselesaikan dengan cara baik-baik. 

Baca Juga: Hindari 7 Hal Ini saat Bertengkar dengan Pasangan, Apa Saja?

3. Bisa melatih kesabaran 

5 Pelajaran yang Bisa Diambil Setelah Bertengkar dengan Pasanganpasangan sedang bertengkar (pexels.com/@mart production)

Poin selanjutnya adalah bisa melatih kesabaran. Tak bisa ditampik kalau sedang bertengkar dengan pasangan pasti rasanya emosian mulu, kita jadi lebih sensitif, masalah kecil jadi dibesarkan, dan lainnya.

Namun kalau kita bisa memandang dari sisi yang positif, adanya pertengkaran ternyata bisa melatih kesabaran kita lho. Bisa belajar menahan emosi, kepribadian, dan menahan diri untuk tidak kasar terhadap pasangan. Dari sini kalian harus bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

4. Menyadari bahwa komunikasi dalam hubungan itu sangat penting 

5 Pelajaran yang Bisa Diambil Setelah Bertengkar dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@cottonbro)

Pelajaran selanjutnya yang bisa kita ambil yaitu, menyandarkanmu bahwa komunikasi dalam hubungan itu sangat penting. Salah satu sebab yang bisa menimbulkan pertengkaran adalah komunikasi yang tidak berjalan lancar.

Jika ada masalah cuma dipendam sendirian, jika pasangan melakukan hal yang gak disukai dibiarkan saja, untuk menunggu salah satunya peka duluan. Maka adanya pertengakaran bisa membuatmu sadar salah satu kunci hubungan awet itu komunikasi yang berjalan dengan maksimal. 

5. Bisa mengetahui isi hati yang selama ini terpendam 

5 Pelajaran yang Bisa Diambil Setelah Bertengkar dengan Pasanganilustrasi pasangan (pexels.com/@david gomes)

Tidak selalu buruk kok, adanya pertengkaran dengan pasangan bisa membuat kalian mengetahui isi hati yang selama ini terpendam. Mungkin selama menjalin hubungan kalian susah untuk mengekspresika perasaan dan mengungkapkan suatu hal.

Namun dengan adanya pertengkaran kamu jadi tahu bagaimana isi hati pasanganmu, dan paham apa yang mengganggunya selama ini. Kalian bisa mengekspresikan isi pikiran  masing-masing supaya tidak salah paham lagi. 

 

Dalam hubungan pertengkaran bisa kapan saja terjadi. Namun sebisa mungkin kita harus menghindarinya, supaya hubungan kalian tidak berakhir kandas atau putus di tengah jalan. 

Baca Juga: 5 Hal Sepele yang Bikin Pasangan Gak Betah, Bisa Mancing Pertengkaran!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya