Comscore Tracker

5 Pelajaran Hidup dari Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lama

Di balik kesulitan pasti ada pelajaran yang bisa diambil

Berbicara tentang cinta memang sangat rumit. Ada yang kesetiaannya dikhianati, cinta bertepuk sebelah tangan, hingga kandasnya hubungan yang sudah terjalin lama. Putus cinta dari hubungan yang terbilang lama amatlah menyakitkan.

Kalau diingat-ingat bagaimana pengorbananmu selama ini, perasaan yang sudah mau curahkan, dan perhatian yang kamu beri ternyata tidak menjamin hubungan tersebut bisa berakhir sampai pelaminan. Meski sangat menyakitkan, ini 5 pelajaran hidup yang bisa didapat dari kandasnya hubungan yang sudah terjalin lama.

1. Jadi sadar hubungan yang terjalin lama tidak menjamin bakal sampai pelaminan

5 Pelajaran Hidup dari Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lamaunsplash.com/@Jonathan Borba

Apa yang bisa dipelajari dari kandasnya hubungan yang sudah terjalin lama? Ya, benar sekali hubungan cinta yang telah terjalin bertahun-tahun tidak menjamin bisa membawamu sampai ke pelaminan, ke arah titik terakhir dalam pencarian cinta yaitu pernikahan.

Dari situ kamu bisa belajar bahwa seseorang yang selalu ada untukmu selama ini belum tentu menjadi pasangan hidupmu. Oleh karenanya, cintailah seseorang sewajarnya saja, supaya kamu nggak terlalu merasakan sakitnya perpisahan. 

2. Melepaskan kadang menjadi cara terbaik daripada mempertahankannya

5 Pelajaran Hidup dari Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lamapexels.com/cottonbro

Meski sudah menjalin hubungan lama yang namanya kisah cinta pasti ada fase naik turunnya. Kadang bahagia dan nggak jarang ada masalah yang berujung pertengkaran. Berbagai masalah inilah, yang bisa membuat hubungan mengarah pada hal toxic.

Nah, di situasi tersebut kamu harus berani memutuskan, daripada mempertahankan hubungan yang sudah jelas tidak baik bagi hidupmu lebih baik untuk diakhiri saja. Ya meski sulit, melepaskan bisa jadi pilhan terbaik daripada mempertahankannya. 

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Hubungan Gagal Diselamatkan dan Akhirnya Harus Kandas

3. Menghindarkanmu dari seseorang yang salah di masa depan

5 Pelajaran Hidup dari Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lamapexels.com/@Yuri Catalano

Bisa jadi kenapa hubungan yang kalian jalin bertahun-tahun kandas, mungkin itu cara Tuhan untuk menyelamatkanmu dari cinta yang salah di masa depan. Selama ini kamu mungkin berpikir dia adalah sosok yang mencintaimu dengan tulus dan apa adanya, tapi ternyata dia bukanlah orang yang tepat untuk hidupmu.

Apa yang kamu kira baik, belum tentu menjadi pilihan terbaik, maka Tuhan memisahkan kalian. Semoga saja kamu dipertemukan dengan orang yang tepat nantinya, ya. 

4. Jadi lebih hati-hati dalam memilih pasangan untuk ke depannya

5 Pelajaran Hidup dari Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lamapexels.com/@Min an

Hikmah selanjutnya dari hubungan yang sudah terjalin lama malah berakhir kandas yaitu kamu jadi lebih hati-hati dalam memilih pasangan. Pengalaman yang lalu menjadikanmu orang yang lebih bijak, selalu berpikir sebelum bertindak, dan tidak mau main-main dalam urusan cinta. Ketika ingin menjalin hubungan baru kamu jadi lebih selektif untuk mencari seseorang yang cocok dan pas denganmu. 

5. Kamu jadi termotivasi untuk terus memperbaiki diri

5 Pelajaran Hidup dari Kandasnya Hubungan yang Sudah Terjalin Lamapexels.com/@Lola Russian

Kegagalan dari kisah cintamu yang bertahun-tahun mendorongmu untuk terus memperbaiki diri. Kamu jadi sadar mencari pasangan bukan untuk main-main. Maka dari itu kamu mulai untuk memperbaiki kualitas hidupmu, memperbaiki kekurangan yang ada, dan terus meng-upgrade kemampuan.

Kamu harus yakin ketika kita memperbaiki diri, pasangan kita kelak juga seseorang yang sama-sama memperbaiki dirinya. Tak mengapa sekarang gagal, tapi yakin cinta yang baik bakal hadir sebentar lagi di hidupmu.

 

Itulah 5 pelajaran hidup yang bisa diambil dari kandasnya hubungan yang sudah terjalin lama. Meski menyakitkan, percaya deh di balik kesusahan bakal ada kebahagiaan yang akan menantimu. Semoga saja kamu segera dipertemukan dengan jodoh yang baik.

Baca Juga: Lagi-lagi Kandas, Ini 5 Alasan Kamu Gak Pernah Punya Hubungan Serius

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya