Comscore Tracker

5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!

Jangan sampai membuatmu menyesal

Kamu pernah merasa nggak hubungan yang kamu jalin dengan pasangan pelan-pelan membawamu ke arah yang buruk? Membuatmu jadi semakin jauh dengan keluarga, tidak lagi memiliki waktu untuk sekadar me time, dan merusak pribadimu.

Padahal semua orang ingin memiliki hubungan yang bisa membawanya ke arah lebih baik. Nah, supaya kamu lebih berhati-hati yuk kenali 5 tanda bahwa pasangan telah mengubahmu menjadi pribadi yang buruk berikut ini

1. Semakin tidak memiliki waktu untuk keluarga

5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!pexels.com/Ketut Subiyanto

Saat menjalin hubungan waktu kita memang lebih banyak dihabiskan bersama pasangan. Kemana-mana selalu bareng, menghabiskan waktu berdua, liburan bersama, dan aktivitas lainnya. Hal itu sebenarnya tidak salah, namun jika kamu berlebihan hingga lupa waktu terhadap keluarga sendiri itu yang jadi masalah.

Kamu jadi cuek terhadap orang tua, tidak memiliki waktu saat weekend karena sibuk dihabiskan dengan pasangan. Bahkan untuk sekadar ngobrol bersama orangtua saja tidak sempat. Jika sudah seperti itu lebih baik evaluasi kembali hubunganmu dengan si dia. 

2. Kamu jadi mengabaikan relasi dan teman-temanmu 

5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!unsplash.com/Courtney Cook

Selanjutnya yaitu kamu jadi abai terhadap hubungan atau relasi dengan temanmu yang lain. Nggak ada yang salah kok jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu bersama pasangan. Namun apa semua hal harus tercurahkan hingga sering melupakan teman-temanmu, jadi sering abai terhadap janji di kantor, dan melupakan aktivitas penting? Ingat ya, jangan sampai membuatmu terjebak dalam hubungan yang nggak sehat. 

3. Tidak bisa mendukung cita-citamu

5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!pexels.com/freestocks.org

Hubungan sehat adalah hubungan yang bisa saling mendukung impian dari pasangan masing-masing. Pasangan yang bisa men-suport dan selalu memberi semangat untuk terus mengejar impian. Berbeda jika pasangan tidak pernah mau mendukung cita-citamu, ia akan sering mematikan semangat, menurunkan motivasi, dan suka membatasimu untuk mengeksplor hal baru. 

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Terus Bertahan di Lingkungan Toksik

4. Pasangan yang selalu kompetitif

5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!Photo by Vera Arsic from Pexels

Tanda selanjutnya yaitu beberapa kali kesempatan hubunganmu dipenuhi dengan kompetitif. Ia tidak menginginkanmu menjadi lebih berkuasa dan melebihi dirinya. sehingga ketika dirimu berhasil melakukan hal besar, ia menjadi tidak suka. Ingat ya hubungan bukanlah suatu kompetisi siapa yang paling hebat dan paling berkuasa tetapi hubungan yang bisa saling mendukung terhadap impian masing-masing. 

5. Hubungan yang kamu jalin terasa semakin melelahkan 

5 Tanda Awal Pasangan Membawa Pengaruh Buruk Terhadapmu, Hati-Hati Ya!Pexels.com/Tan Danh

Terakhir, karena ia terlalu mengontrolmu dalam hubungan akhirnya membuatmu jadi lelah sendiri. Pengaruh buruk yang ia berikan semakin lama membuat hidupmu menjadi kacau dan berantakan.

Selain itu hubungan juga dipenuhi dengan masalah yang sering berdatangan, hingga akhirnya membuatmu kelelahan. Jika sudah seperti itu, lebih baik pikirkan ulang apa kamu masih mau mempertahankan pasangan yang seperti dirinya. 

Itulah 5 tanda awal pasangan membawa pengaruh buruk terhadapmu. So, lebih selektiflah dalam memilih pasangan ya, jangan sampai menjalin hubungan dengan orang yang salah. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Harus Segera Temui Psikolog setelah Alami Putus Cinta

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya