Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Kamu adalah Orang yang Mudah Cemburu pada Pasangan

#IDNTimesLife Hmm, apa kamu termasuk?

Salah satu hal yang bisa jadi penyebab hubungan mengalami keretakan yaitu sikap cemburu yang berlebihan terhadap pasangan. Ngaku aja kalian sudah berapa kali bertengkar hanya karena cemburu satu sama lain?

Hal ini tentunya bisa berdampak pada keseriusan hubungan kalian untuk ke depannya. Nah jika kamu nggak ingin hubungan kalian hancur, kenali 5 tanda bahwa kamu adalah orang yang mudah cemburu pada pasangan. 

1. Selalu cek handphone dan stalking media sosial pasangan

5 Tanda Bahwa Kamu adalah Orang yang Mudah Cemburu pada Pasanganpexels.com/Son Bom

Tanda pertama bahwa kamu sosok yang mudah cemburu yaitu selalu ingin mengecek ponsel dan stalking ini itu terhadap media sosial pasangan. Kamu ingin tahu dia sedang apa kalau nggak bareng kamu, mengecek pesan yang masuk di hanphonenya, hingga menuntut darinya untuk selalu memberi kabar setiap hari. 

Awalnya mungkin sesekali kamu lakukan, tapi lama-lama menjadi sebuah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Karena hal sepela inilah yang kadang menjadi pemicu pertengkaran kalian. 

2. Suka mengontrol pasangan

5 Tanda Bahwa Kamu adalah Orang yang Mudah Cemburu pada Pasanganpexels.com/Polina Zimmerman

Tanda selanjutnya bahwa kamu orang yang mudah cemburu pada pasangan yaitu kamu selalu ingin mengontrol dirinya. Padahal kalian masih tahap pacaran lho tapi kamu suka melarang ini itu, membatasai ruang gerak pasangan, hingga apa yang ia lakukan harus izin dulu terhadapmu.

Kalau sudah begini bisa-bisa membuat pasangan jadi gak betah terhadap perlakuanmu. Jadi, lebih hati-hati ya. 

3. Selalu ingin tahu semua hal dari pasangan

5 Tanda Bahwa Kamu adalah Orang yang Mudah Cemburu pada Pasanganpexels.com/@Ketut Subiyanto

Tanda selanjutnya yaitu kamu selalu ingin tahu semua hal dari pasanganmu. Mulai dari bagaimana kesehariannya ketika kalian gak bersama, bagaimana pekerjaan yang ia lakukan, saat kumpul bersama teman, dan menuntut untuk selalu dikabari sepanjang waktu. Padahal yang namanya menjalin hubungan itu tetap membutuhkan waktu untuk urusan pribadi, untuk me time, dan momen bersama keluarga di rumah.

Baca Juga: Bawel Tapi Ngangenin! Ini 5 Keuntungan Menikah dengan Orang Cemburuan

4. Cepat mengambil kesimpulan

5 Tanda Bahwa Kamu adalah Orang yang Mudah Cemburu pada Pasanganpexels.com/Alex Green

Selain tanda di atas ciri-ciri bahwa kamu pasangan yang mudah cemburu yaitu kamu cepat mengambil kesimpulan yang salah. Misalnya nih kamu menganggap teman lawan jenis pasangan adalah orang yang harus kamu singkirkan, padahal mereka hanya sebatas teman dan rekan kerja saja, tidak lebih.

Hal inilah yang membuat perasaanmu jadi diliputi rasa cemas dan khawatir berlebihan. Jadi, jangan mudah mengambil keputusan yang salah ya. 

5. Membatasi ruang gerak pasangan

5 Tanda Bahwa Kamu adalah Orang yang Mudah Cemburu pada Pasanganpexels.com/Artem Beliaikin

Tanda terakhir yaitu kamu suka membatasi ruang gerak pasangan. Dia ingin melakukan apa saja harus izin dulu padamu, kamu suka melarang dirinya untuk berteman dengan lawan jenis meski itu teman sendiri, dan suka melarangnya untuk gak melakukan ini itu. Waduh kalau kamu terlalu posesif dan cemburu bukan gak mungkin dia jadi gak betah mempertahankan hubungan tersebut.

Cemburu pada pasangan hal yang wajar kok, namun akan menjadi nggak wajar jika hal tersebut dilakukan secara berlebihan. Maka bangunlah sikap saling percaya satu sama lain supaya kamu gak menjadi orang yang mudah cemburu. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Dikenal Paling Cemburuan, Bikin Gemas!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya