Comscore Tracker

Punya Pasangan Introvert? 5 Tips agar Dia Nyaman Curhat Denganmu

Agar dia bisa lebih terbuka untuk bercerita

Ada berbagai macam sifat pasangan saat menjalin hubungan. Ada yang selalu terbuka, bisa curhat dengan mudah, namun di lain sisi ada yang nyaman dengan sikapnya yang tertutup. Nah punya pasangan yang tertutup seperti ini, membuat kita jadi susah-susah gampang memahami apa yang ia rasa.

Sebab, ia lebih suka memendam segala masalah yang ada. Namun tenang saja, ini lima tips supaya pasanganmu yang introvert bisa nyaman curhat sama kamu. 

1. Bilang padanya kalau ada masalah jangan sungkan untuk bercerita

Punya Pasangan Introvert? 5 Tips agar Dia Nyaman Curhat Denganmuwanita dan pria sedang duduk (pexels.com/@pixabay)

Tips pertama supaya pasangan yang tertutup nyaman curhat sama kamu, yaitu dengan bilang padanya kalau ada masalah jangan sungkan untuk bercerita. Kadang, seseorang gak mau cerita, karena ia takut mengganggumu, takut kamu kepikiran masalahnya, dsb.

Namun, yang namanya hubungan harus bisa saling terbuka satu sama lain. Maka, apa pun masalah yang kalian hadapi diskusikan sama-sama. Supaya menghindarkan yang namanya miskomunikasi.

2. Coba kamu cerita atau curhat duluan padanya

Punya Pasangan Introvert? 5 Tips agar Dia Nyaman Curhat Denganmupasangan romantis (pexels.com/@Anastasiya Vragova)

Tips selanjutnya, yaitu pancing dia dengan kamu yang curhat duluan. Kalau pasangan tipe orang yang introvert, memang ia cenderung lebih nyaman jadi pendengar daripada bercerita. Namun jangan salah, kalau ingin pasangan lebih terbuka kamu bisa bercerita lebih dulu misal tentang pekerjaan yang kamu hadapi saat ini, masalah pertemanan, dsb.

Karena biasanya nih, kalau kita mancing cerita duluan, dia pada akhirnya mau curhat juga. Jangan malah sama-sama pasif, yang akhirnya membuatnya jadi cenderung diam. 

Baca Juga: 5 Pilihan Topik Obrolan Saat Kencan Pertama untuk Kamu Si Introvert

3. Jangan men-judge kalau dia sedang curhat

Punya Pasangan Introvert? 5 Tips agar Dia Nyaman Curhat Denganmupasangan romantis (pexels.com/@Katerina Holmes)

Tips selanjutnya yaitu, jangan men-judge atau menghakimi apabila pasangan sedang bercerita. Karena dia tipe orang yang tertutup, maka ketika ia sudah terbuka dan gak malu lagi untuk cerita janganlah menghakiminya.

Dengarkan apa yang ia katakan dan berusahalah untuk jadi pendengar yang baik untuknya. Karena biasanya kalau kita curhat terus dihakimi, orang jadi malas untuk cerita lagi. Lebih baik dengarkan saja, supaya pelan-pelan ia bisa terbuka sama kamu. 

4. Coba cari topik obrolan yang seru

Punya Pasangan Introvert? 5 Tips agar Dia Nyaman Curhat Denganmucouple goals (pexels.com/@budgeron bach)

Poin selanjutnya yaitu, cobalah cari topik obrolan yang seru. Kalau ingin dia terbuka, bisa bercerita sama kamu, dan nyambung saat ngobrol, cobalah untuk mencari topik yang menyenangkan. 

Setiap orang pasti punya hal yang disukainya, mulai dari ngobrolin tentang hobi, tentang berita yang saat ini sedang viral, dan topik yang lain. Dengan begini, diharapkan ia bisa nyaman dalam hubungan. 

5. Jangan lupa menyelipkan pujian dan kata-kata semangat padanya

Punya Pasangan Introvert? 5 Tips agar Dia Nyaman Curhat Denganmupasangan sedang menatap layar laptop (pexels.com/@cottonbro)

Tips terakhir supaya pasangan nyaman curhat sama kamu, yaitu dengan tidak lupa menyelipkan pujian atau kata-kata semangat. Apabila kamu gak bisa memberinya saran, maka berikan dia support terbaik. Di situasinya yang sedang buruk atau down jangan pernah meninggalkan dia. 

Karena biar bagaimana pun, ia butuh seseorang yang bisa mendukungnya. Maka, jangan lupa untuk menyelipkan pujian ketika ia berhasil melakukan sesuatu, dan semangat saat ia sedang terjatuh. 

 

Itulah lima tips supaya pasangan yang introvert bisa lebih terbuka curhat sama kamu. Semoga tips di atas bisa membantumu, ya. Karena, yang namanya hubungan menjaga komunikasi itu sangat penting. 

Baca Juga: Punya Pacar Introvert? Ini 5 Tanda Jika Kamu Memang Nyaman Dengannya

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya