Comscore Tracker

Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!

Gak baik lho terlalu bergantung itu

Namanya menjalin hubungan, adakalanya kamu dan pasangan saling bergantung satu sama lain. Entah bergantung terhadap kehidupan, prioritas, atau hal lainnya. Namun, bagaimana jadinya kalau kita gak bisa lepas dari pasangan? Apa-apa harus dengan dia, merasa gak bisa hidup sendiri, dan selalu melibatkannya. Kalau sudah begitu lama-lama dia jadi risih sendiri, kan? Nah berikut lima tips supaya gak terlalu bergantung pada pasanganmu. 

1. Punya kesibukan sendiri

Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!ilustrasi wanita yang bekerja (pexels.com/@Burst)

Tips pertama supaya gak terlalu bergantung pada pasangan yaitu, dengan mempunyai kesibukan diri. Mentang-mentang punya pacar janganlah selalu bergantung padanya, berusahalah jadi sosok yang mandiri. Misalnya dengan fokus pada perkembangan kariermu, fokus studi, melakukan hobi yang disukai, dan kesibukan yang lain. Dengan begitu hari-harimu bisa termanfaatkan dengan baik, di mana tidak hanya tentang pacar saja. 

2. Selalu meluangkan waktu untuk urusan pribadi

Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!Perempuan sedang me time (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Tips selanjutnya supaya gak terlalu bergantung pada pasangan yaitu, selalu meluangkan waktu untuk urusan pribadi. Ngaku aja kalau sudah punya pacar kita selalu menghabiskan waktu dengannya, maka biar gak terus menerus bergantung jangan lupa meluangkan waktumu untuk urusan pribadi. Seperti me time, melakukan rutinitas perawatan, olahraga, hingga agenda kumpul dengan teman. 

3. Berusaha mandiri soal keuangan

Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!mandiri finansial (pexels.com/@karolina Grabowska)

Cara selanjutnya yaitu, berusaha mandiri soal keuangan. Kalau kalian masih tahap pacaran, pasangan belum ada hak membiayai ini itu terhadap kebutuhanmu, mungkin sesekali sih gak masalah. Jadi, jika kamu sudah punya pekerjaan, usahakan untuk tidak terlalu bergantung padanya. Biasakan untuk menabung dan mengatur keluar masuk keuangan sendiri supaya bisa menjadi sosok yang independen.  

Baca Juga: 5 Manfaat yang Kamu Dapat jika Gak Terlalu Bergantung pada Orang Lain

4. Sesekali berpergian sendiri

Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!wanita travelling (pexels.com/@Alexandr Podvanly)

Ingat pasangan bukan objek yang bisa mengantar jemputmu setiap saat. Bukan juga yang 24 jam bisa sama-sama terus, maka dari itu coba untuk berpergian sendiri. Jika memang dia gak bisa selalu ada untukmu, gak ada yang salah kok berangkat pergi sendiri, justru membuatmu lebih bebas dan bisa menikmati kehidupan.

Kamu bisa jalan-jalan ke mall, bertemu dengan kawan-kawan tanpa direcoki oleh pasangan, dan aktivitas yang lain. Percaya deh hal ini bakal terasa menyenangkan meski tidak dengan pasangan. 

5. Hilangkan berbagai macam pikiran negatif

Biar Gak Terlalu Bergantung pada Pasangan, Lakukan 5 Hal!Perempuan menikmati pemandangan (pexels.com/@olga)

Cara terakhir supaya gak terlalu bergantung pada pasangan adalah dengan menghilangkan berbagai macam pikiran negatif. Hilangkan ketakutan bahwa kamu gak bisa hidup tanpa dia, hilangkan sikap posesif yang berlebihan, dan halau perasaan insecure yang ada dalam dirimu. Mulailah melakukan sesuatu tanpa terus bergantung pada pasangan. Belajarlah sendiri, nikmati proses yang ada, nanti kamu juga bisa jadi sosok yang mandiri. 

Mempunyai sifat yang bergantung pada pasangan sebenarnya bukan kesalahan kok. Tapi kalau sifat kita sudah terlalu berlebihan bisa membuat pasangan jadi risih duluan. Jadi, belajarlah untuk jadi sosok yang mandiri ya. 

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Terbiasa Bergantung pada Pasangan Sejak Awal Pacaran

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya