Comscore Tracker

Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakan

Jangan takut untuk jatuh cinta kembali, ya!   

Sudah berapa kali kamu dikecewakan? Ditinggal kekasih menikah, diselingkuhi diam-diam, terhalang restu orangtua, atau mengalami kekerasan fisik dari mantan? Rasanya memang sakit sekali jika mengingat kejadian tersebut. Putus cinta karena hal yang menyakitkan memang sangat sulit untuk dilupakan, apalagi jika kejadian tersebut meninggalkan rasa trauma untuk takut jatuh cinta kembali.

Untuk mengobati rasa tersebut alangkah baiknya setelah putus cinta untuk tidak langsung mencari kekasih baru. Menenangkan hati dan perasaan terlebih dulu dengan kesendirian bisa menjadi salah satu obatnya.

Jika memang sudah siap kamu bisa membuka hati lagi. Namun ternyata hal tersebut tidaklah mudah, ada kalanya perasaan takut untuk jatuh cinta dan trauma sering menghampiri. Nah untuk itu kamu perlu mengatasinya dengan 5 tips di bawah ini. 

1. Mulai sekarang hapus segala kenangan tentang mantan kekasihmu 

Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakanpexels.com/@JESSICA TICOZZELLI

Agar kamu siap untuk membuka hati kembali dan terlepas dari bayang-bayang masa lalu hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu hapus segala kenanganmu tentang dia. Jadikan masa lalu tersebut sebagai pelajaran berharga agar kamu lebih hati-hati dalam urusan asmara. Hapus segala foto dia di handphonemu, atau blokir akun media sosialnya jika itu perlu. 

Setelah kamu belajar memaafkan masa lalu, kamu bisa mencoba membuka hati kembali untuk orang lain. Yakinkan diri bahwa orang tersebut akan lebih baik dari mantamu sebelumnya. Sehingga perlahan-lahan rasa takut dan trauma akan jatuh cinta kembali bisa kamu atasi. 

 2. Maafkan kesalahan dan penderitaan di masa lalu 

Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakanunsplash.com/@Andre Neel

Kejadian yang kamu alami di masa lalu memang sangat menyakitkan. Menghapus segala kenangan bersama mantan juga bukan perkara yang mudah, butuh beberapa bulan bahkan tahun untuk move-on dan memaafkan kesalahannya.

Namun, jika kamu tidak memaafkan  kesalahannya di masa lalu, bagaimana kamu siap untuk membuka hati kembali? Come on, hidup ini terus berlanjut jangan biarkan waktumu habis hanya untuk meratapinya. Buat dirimu bahagia dengan mencoba memaafkan kesalahan dan penderitaan masa lalu, agar kamu siap untuk membuka hati kembali. 

3. Perluas wawasan dengan mencoba hal baru 

Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakanunsplash.com/@Céline Druguet

Kehidupan yang monoton dalam jangka waktu bertahun-tahun hanya akan membuatmu terjebak dalam zona nyaman. Ingin hati melepas segala kenangan buruk dari masa lalu, yang ada kenangan tersebut akan terus bercokol dalam hati jika kamu tidak mencoba menyibukkan diri dan memperluas wawasanmu.

Setelah beberapa kali patah hati dan dikecewakan ini saatnya untuk meng-eksplore diri dan memperluas wawasan dengan mencoba hal baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Sebab ketika kita memperluas wawasan kita akan lebih banyak mengenal orang dan siapa tahu kamu akan menemukan tambatan hati kembali.

Baca Juga: Biar Gak Sia-sia, 5 Hal Ini Wajib Dilakukan saat Pulih dari Patah Hati

4. Jangan buru-buru mencari pasangan baru 

Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakanpexels.com/Анна Хазова

Setelah dikecewakan berkali-kali janganlah terburu-buru untuk mencari pengganti, apalagi hanya menjadikannya sebagai pelampiasan. Tapi, bukan berarti kamu tidak boleh dekat dengan orang baru ya, kamu berhak untuk membuka hati kembali untuk orang lain. Namun, jangan terburu-buru untuk menaruh harapan tinggi padanya.

Letakkan harapan tersebut sekadarnya, agar jika nanti tidak sesuai dengan ekspetasimu kamu tidak akan terlalu kecewa. Selain itu kamu tidak bisa memastikan apakah dia orang yang tepat sebelum kamu mengenalnya dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama. 

5. Ubah tipe pasangan yang kamu inginkan 

Sudah Lama Sendiri? 5 Tips Membuka Hati Setelah Sering Dikecewakanpexels.com/Masha Raymers

Memiliki tipe pasangan adalah hal yang wajar. Namun, apakah kamu pernah kecewa terhadap tipe pasangan karena sifatnya? Hmmm, agar kejadian di masa lalu tidak terulang, kamu perlu untuk menilai kembali bagaimana tipe pasanganmu.

Jika kamu menemukan tipe orang yang memiliki karakter sama dengan masa lalu yang menyakitimu, lebih baik jauhi saja. Eiitsss, bukan berarti kita menyamakan karakter semua orang itu sama ya, namun agar kita jauh lebih hati-hati dalam memilih pasangan hidup. 

Itulah 5 tips menemukan cinta baru patah hati. Semoga tips di atas bisa membantu untuk menemukan cinta sejatimu ya. 

Baca Juga: Tak Selamanya Buruk, 5 Manfaat Ini akan Kamu Dapat saat Patah Hati

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya