Comscore Tracker

Gak Perlu Malu, 5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum Tunangan

Sudah pernah membicarakannya belum?

Tunangan merupakan acara tukar cincin sekaligus pertemuan keluarga yang digelar beberapa waktu sebelum hari pernikahan. Acara ini merupakan titik awal suatu pasangan untuk saling berkomitmen ke jenjang yang lebih serius.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan bertunangan, masing-masing pasangan harus sudah saling percaya satu sama lain. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu dibahas suatu pasangan sebelum mereka bertunangan. Jika kamu termasuk pasangan yang akan bertunangan tahun ini, pastikan kamu telah mendiskusikan hal ini bersama pasanganmu.

1. Gak perlu ragu untuk berdiskusi soal keuangan

Gak Perlu Malu, 5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum TunanganUnsplash/Rawpixel

Banyak pasangan yang masih enggan untuk mendiskusikan masalah keuangan sebelum menikah. Mereka berpikir masalah keuangan hanya akan memperkeruh suatu hubungan. Padahal bahasan soal keuangan bukan semata-mata membandingkan gaji masing-masing. Kalian juga perlu mengetahui berapa tabungan masing-masing, apakah kalian mempunyai cicilan atau hutang dan bagaimana kebiasaan kalian dalam mengontrol pengeluaran selama ini.

Hal ini tentu saja berguna pada saat kalian melakukan perencanaan pernikahan dan memutuskan untuk membeli rumah atau kebutuhan-kebutuhan lainnya yang memerlukan biaya besar. Selain itu, kalian juga bisa mengetahui masalah keuangan masing-masing dan mencari solusinya bersama.

2. Masalah anak juga penting untuk dibahas lho

Gak Perlu Malu, 5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum TunanganUnsplash/Picsea

Selain keuangan, masalah anak juga penting untuk dibicarakan. Bukan hanya sekadar berapa anak yang akan kalian punya nanti, namun bagaimana cara kalian merawat anak tersebut. Kalian juga perlu memikirkan jalan apa yang kalian pilih saat melahirkan, apakah kalian sudah menyiapkan dana pendidikan untuk anak, dan siapa yang akan mengasuh anak nantinya, terutama bagi pasangan yang sama-sama bekerja.

3. Diskusikan juga bagaimana cara kalian menyelesaikan pertengkaran

Gak Perlu Malu, 5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum Tunanganweddingaffair.co

Ketidaksepakatan tentu saja menjadi hal wajar dalam hubungan rumah tangga. Namun, hal yang paling penting adalah bagaimana cara kalian menyelesaikan suatu perdebatan nantinya. Dalam kondisi emosi, seseorang bisa saja lupa bagaimana berkomunikasi secara efektif dan berpikir secara rasional.

Jadi kalian juga perlu belajar bagaimana berdebat secara efektif. Belajar bagaimana cara bereaksi tanpa perlu melakukan kekerasan. Belajar menerima kritik dan gak melemparkan kalimat negatif dalam keadaan emosi. Semua hal ini bisa dipelajari jika suatu pasangan saling memahami kepribadian satu sama lain.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Pasangan yang Baru Ketahuan Setelah Menikah

4. Jika sama-sama ingin mengejar karier impian, kalian juga perlu mendiskusikannya

Gak Perlu Malu, 5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum Tunanganzoosk.com

Kamu juga perlu mendiskusikan soal karier dengan pasangan sebelum bertunangan. Beberapa orang mengatakan bahwa pilihlah pekerjaan yang kamu suka agar gak merasa seperti sedang bekerja. Namun, bagaimana jika pekerjaan yang kita suka menuntut untuk berpindah-pindah tempat, memakan waktu lebih dari delapan jam atau harus selalu update kejadian-kejadian besar selama 24 jam?

Hal itu mungkin bukan jadi masalah besar jika status seseorang masih single, namun beda lagi ceritanya jika nanti telah berkeluarga. Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan di mana kalian akan tinggal jika pekerjaanmu dan pasangan berada di kota yang berbeda.

Pikirkan juga bagaimana pengaruhnya jika salah satu dari kalian bekerja dari rumah atau mungkin tidak keduanya. Lalu bagaimana cara kalian membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga, terutama bagi kalian yang memutuskan untuk mempunyai anak.

5. Bahasan soal seks gak boleh terlewat dari percakapan kalian

Gak Perlu Malu, 5 Hal Ini Wajib Dibahas Blak-blakan Sebelum TunanganUnsplash/Rawpixel

Membicarakan soal seks dengan teman mungkin akan lebih mudah dibanding dengan pasangan. Topik ini memang terkadang membuat pasangan merasa canggung, khawatir dan sebagainya. Namun, kamu bisa mencobanya ketika berada di luar rumah atau sedang dalam perjalanan.

Sebelum membicarakan hal ini, kamu juga perlu memahami tubuhmu sendiri dan cara menggunakannya. Sehingga kamu bisa mengetahui bagian mana yang kamu kuasai. Kemudian diskusikan pada pasanganmu tentang apa yang kalian butuhkan agar tetap merasa aman dan nyaman saat melakukannya. Sehingga kalian pun bisa menumbuhkan kepercayaan dan empati satu sama lain.

Itu tadi beberapa hal yang perlu kalian diskusikan dengan pasangan sebelum bertunangan. Gak perlu ragu membahas hal-hal tersebut, karena pada akhirnya saat berumah tangga nanti kalian akan membahasnya setiap hari.

Baca Juga: 6 Tanda Pasanganmu Kelak Akan Jadi Partner Terbaik di Masa-masa Sulit

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya