Comscore Tracker

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!

Coba perhatikan dengan baik

Tak jarang orang terjebak dengan hubungan pertemanan yang sebenarnya tidak perlu dipertahankan. Karena merasa teman itu sudah sangat akrab dengannya dalam rentang waktu yang sangat lama iaa pun merasa apa yang dilakukan oleh temannya adalah hal yang sewajarnya dilakukan oleh seorang teman.

Meskipun, banyak orang yang telah mengatakan bahwa teman kamu itu adalah orang yang kiurang baik tetap saja kamu akan merasa ia adalah orang yang paling baik dalam hidup kamu yang tanpa kamu sadari sebenarnya teman  kamu itu adalah sebagian toxic people yang harus kamu hindari.

1. Suka iri kepada kamu

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!thoughtcatalog.com

Mungkin karena mau menjaga hubungan pertemanan kalian ia akan menyampaikan keiriannya secara halus, misalnya: "hidup kamu enak banget sih gak kayak hidup aku", kalimat ini terkesan biasa aja tapi pahamilah ini sebenarnya kalimat yang menunjukkan bahwa ia merasa iri terhadap kesuksesan yang kamu miliki.

Jika ia memang teman yang baik ia akan selalu mendukung kamu dan sadar bahwa keahliaan setiap orang itu pastilah berbeda satu sama lain.

2. Menghalangi kesuksesan kamu

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!Bustle.com

Menghalangi kesuksesan ini bisa berupa kamu yang tadinya seseorang yang rajin belajar dan menjalankan tanggung jawab kamu dengan baik membuat kamu menjadi orang yang sebaliknya.

Kata-kata seperti "Yaudahlah belajar nanti aja kan masih bisa besok, hari ini kita pergi dulu. Masa muda itu harus dinikmati." Kamu harus bijak kalau sudah mendengar hal yang seperti ini. Memang masa muda itu waktunya untuk menikmati hidup tapi kamu harus ingat menjalankan tanggung jawab itu adalah bagian dari mengejar kesuksesan kamu di masa depan nantinya.

3. Pendengar yang buruk

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!Dailystar.co.uk

Pernah gak kamu kalau curhat teman kamu memberikan respon yang baik, gausah respon yang baik deh tapi cukup menjadi pendengar yang baik aja. Jika teman kamu melakukan hal ini berarti memang ia adalah teman yang baik Tapi kalau ia melakukan kebalikannya sudah saatnya kamu memikirkan  pertemanan kalian.

Apalagi, biasanya orang seperti ini akan menuntut kamu untuk selalu mendengar keluhannya tapi tibanya kamu yang curhat ia malah kurang tertarik terhadap cerita kamu.

Baca Juga: Sering Tidak Disadari, Ini 5 Tanda Circle Medsos Itu Toxic

4. Selalu mengkritik dengan kata-kata yang kurang pantas

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!bbc.com

Sebagai seorang teman memang sewajarnya untuk mengingatkan kamu jika kamu melakukan hal yang buruk. Tapi bukan berarti teman kamu berhak untuk selalu mengkritik diri kamu apalagi sampai menggunakan kata-kata yang kurang enak di dengar atau tidak pantas. 

Jika ingin memberitahu kamu kan bisa teman kamu lakukan dengan baik bukannya harus dengan kata-kata yang bisa menyakiti kamu. Coba deh apa dia bisa terima jika kamu mengkritiknya dengan kata- kata yang kasar?

5. Tak pernah merasa bersalah

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!Vanityfair.com

Namanya juga manusia pasti ada saatnya kan kita melakukan kesalahan tidak mungkin kita tidak pernah melakukan kesalahan. Begitu juga di dalam hubungan pertemanan bisa aja kan kamu tujuannya bercanda tapi ternyata tanpa kamu sadari kamu sudah menyakiti perasaan teman kamu, kalau sudah begini pastinya kamu harus meminta maaf karena sudah tanpa sadar menyakiti teman kamu.

Tapi ini tidak berlaku terhadap toxic people ia justru akan merasa bahwa kamulah yang terlalu sensitive dan tidak akan pernah meminta maaf untuk hal-hal yang dianggapnya sepele.

6. Punya pikiran negatif terhadap kamu

6 Tanda Temanmu Toxic People, Coba Lihat Lagi Deh!Bustle.com

Sebentar-bentar teman kamu curiga tentang apa yang kamu lakukan, misalnya: kamu sedang sibuk karena tugas yang menumpuk tapi malah kamu dibilang udah dapat teman baru dan ninggalin dia atau kalau kamu sedang persiapin surprise buat dia tapi dianya malah mikir kamu sibuk pacaran dan gak ada waktu buat dia. Intinya ia tidak pernah berusaha untuk berpikiran positif tentang kamu. Semua yang kamu lakukan hanya berakhir menjadi sesuatu hal yang negatif buat dirinya.

Jika kamu melihat hal-hal di atas coba deh kamu pikirkan lagi apakah ia memang layak buat kamu jadikan teman?

Baca Juga: Buang Energi, Ini 7 Jenis Toxic People yang Harus Kamu Hindari

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya