Comscore Tracker

5 Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Hospital Playlist'

Nomor 2, poin penting yang perlu dicatat para jomlo! 

Hospital Playlist merupakan salah satu KDrama viral di 2020. Bercerita tentang keseharian lima sahabat yang juga dokter spesialis di sebuah rumah sakit, KDrama ini menggabungkan berbagai tema dalam ceritanya, termasuk slice of life dan romance.

Memiliki cerita yang realistis, maka tak heran banyak hal inspiratif yang bisa dipetik dari KDrama kolaborasi Shin Won Ho dan Lee Woo Jong ini. Salah satunya adalah pelajaran tentang cinta. Yuk, kita simak lima pelajaran cinta dari KDrama Hospital Playlist!

1. Jatuh cinta takkan mengenal waktu dan tempat

5 Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Salah satu poin penting dari banyak kisah romansa di KDrama Hospital Playlist adalah kamu takkan pernah tahu kapan, bagaimana, dan pada siapa kamu akan jatuh cinta. Hal ini ditunjukkan terutama oleh pasangan dokter-tentara kita, Jun Wan dan Ik Sun.

Meski sudah saling mengenal sebelumnya, saat bertemu lagi bertahun-tahun setelahnya, siapa sangka bahwa Jun Wan akhirnya jatuh hati pada adik sahabatnya itu. Seperti Jun Wan, di kehidupan nyata pun, kamu takkan tahu pada siapa kamu nantinya akan jatuh cinta.

2. Tak bisa ditebak, ingat bahwa jodoh ada di tangan Tuhan 

5 Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Ada pepatah mengatakan bahwa, "Jodoh ada di tangan Tuhan". Nyatanya, dalam berbagai situasi, pepatah tersebut benar adanya. Sampai waktunya tiba, kamu takkan tahu siapa labuhan terakhir cintamu. Karena itu, jangan menyerah untuk menemukan dan mendapatkan hatinya!

Hal ini dapat dilihat dari kisah cinta Jung Won dan Gyeo Wool. Di usianya yang menginjak 40 tahun, Jung Won tak pernah berpikir akan jatuh cinta. Namun ternyata ia lalu bertemu Gyeo Wool, dokter residen pekerja keras. Walau awalnya menolak, ia akhirnya mengakui perasaannya dan memilih menjalin kasih dengan gadis itu.

Baca Juga: 5 Cara Menolak Cinta ala Chae Songhwa Hospital Playlist, Antigalau!

3. Gak cuma disimpan diam-diam, ada saatnya perasaan cinta juga perlu diperjuangkan 

5 Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Kamu mungkin termasuk orang yang lebih memilih menyimpan diam-diam perasaan cinta yang dirasakan. Meski begitu, kamu musti ingat bahwa ada kalanya perasaan itu tak hanya disimpan, namun juga perlu diperjuangkan. Tak peduli kamu cowok atau cewek, semua punya hak untuk memperjuangkan cintamu.

Gyeo Wool, Min Ha, dan Ik Jun menunjukkan pentingnya hal ini. Gyeo Wool yang mencintai Jung Won dan Min Ha pada Seok Hyung. Di sisi lain, Ik Jun yang mencintai Song Hwa juga menunjukkan bahwa cinta diam-diam saja tak cukup. Karena itu, ia akhirnya memilih memperjuangkan cinta pertamanya, Song Hwa, yang dulu pernah ia lepaskan.

4. Cinta bukanlah segalanya, ada banyak hal lain yang terkadang lebih penting 

5 Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Bukan sepenuhnya bucin, banyak tokoh KDrama Hospital Playlist justru bersikap realistis dalam menyikapi cinta. Seok Hyung, misalnya, menolak cinta Min Ha karena takut pengalamannya di masa lalu terulang lagi. Begitu pula dengan Song Hwa yang masih belum memberi jawaban atas pernyataan cinta Ik Jun.

Dari mereka, kamu bisa melihat bahwa terkadang ada banyak faktor selain cinta yang perlu dipikirkan sebelum menjalin hubungan asmara. Contohnya, perbedaan antara kamu dan dia, atau bahkan hubungan persahabatan yang kalian jalani selama ini. Karena itu, tak perlu buru-buru, pikirkan matang-matang sebelum menjalin cinta, ya.

5. Melepaskan pasangan yang berselingkuh adalah balas dendam terbaik yang bisa dilakukan 

5 Pelajaran Cinta yang Bisa Dipetik dari KDrama 'Hospital Playlist'Instagram.com/hospitalplaylist_official

Saat mengetahui pasanganmu selingkuh, mungkin yang kamu pikirkan adalah membalas dendam dengan menyakitinya balik. Namun sebetulnya, bentuk balas dendam terbaik adalah dengan berpisah darinya. Dengan melakukan itu, kamu memberikan dirimu kesempatan untuk lebih bahagia dan menemukan cinta yang baru.

Ik Jun melakukan hal itu setelah pertimbangan matang. Ia yang setia dan berusaha menjadi pasangan suportif ternyata dikhianati sang istri. Istrinya bahkan berbohong soal alasannya meminta cerai. Meski terluka, Ik Jun memutuskan bercerai karena lebih ingin fokus pada kebahagiaannya dan putranya, Uju.

Nah, itulah lima pelajaran cinta yang dipetik dari Hospital Playlist. Inspiratif sekaligus realistis, tak heran KDrama yang dibintangi Jo Jung Suk, Yoo Yeon Seok, Jung Kyung Ho, Kim Dae Myung, dan Jeon Mi Do ini harus masuk daftar drakor favoritmu!

Baca Juga: 10 Hal Paling Dinanti Penggemar 'Hospital Playlist' di Season Kedua!

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya