Comscore Tracker

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'

Bikin kamu tambah bijak memandang cinta

It's Okay to Not Be Okay merupakan salah satu KDrama yang banyak dibicarakan di 2020. Memiliki cerita menarik tentang kisah cinta perawat jiwa dan penulis dongeng dengan gangguan kepribadian antisosial, membuat KDrama ini pantang dilewatkan.

Tak hanya mempunyai premis menarik, nyatanya KDrama tvN dan Netflix yang dibintangi Kim Soo Hyun serta Seo Ye Ji ini juga mengandung banyak pelajaran inspiratif. Contohnya, yang berkaitan dengan cinta, seperti enam poin berikut ini. 

1. Setiap orang bisa dan berhak untuk jatuh cinta

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Memilih tema mengenai kesehatan mental dan healing romance, It's Okay to Not Be Okay seolah ingin berpesan bahwa seyogyanya setiap orang bisa dan berhak untuk jatuh cinta. Termasuk orang-orang dengan gangguan mental. 

Tak hanya pada pasangan utama KDrama ini, yakni Moon Kang Tae dan Go Moon Young, namun juga pada pasangan lainnya. Misalnya, kisah Lee Ah Reum dan Joo Jung Tae, dua pasien yang sama-sama dirawat di Rumah Sakit Jiwa OK.

2. Tak hanya dipendam, cinta juga perlu untuk diperjuangkan

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Kamu mungkin termasuk orang yang lebih cenderung untuk memendam perasaan cinta daripada berjuang untuk si dia. Meski begitu, kamu perlu ingat ada saatnya cintamu juga perlu untuk diperjuangkan.

Hal ini terutama dibahas oleh hubungan Moon Kang Tae dan Go Moon Young. Berbeda dengan Moon Kang Tae yang awalnya berusaha memendam dan mengabaikan, Go Moon Young berusaha keras agar cintanya berbalas.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Rumah Mewah Mistis dalam Drakor It's Okay to Not Be Okay

3. Komunikasi dan saling memahami adalah kunci dalam hubungan

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Karena gangguan kepribadian antisosial yang dimilikinya, Go Moon Young cenderung bersikap 'bar-bar' serta tak jarang berkata dan bertindak kejam. Di sisi lain, Moon Kang Tae menjadi tuas pengaman dan membantunya menahan diri.

Dari kisah pasangan yang dijuluki Moon Moon couple ini, kamu bisa mengambil kesimpulan. Bahwa meskipun berbeda karakter, hubungan tetap bisa harmonis dengan adanya usaha saling memahami dan menjaga komunikasi.

4. Mencintai erat kaitannya dengan kesabaran

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Salah satu pesan menarik tentang cinta yang ditekankan di KDrama ini adalah pentingnya kesabaran. KDrama ini seolah berkata mencintai erat kaitannya dengan bersabar. Bahwa tak perlu terburu-buru dalam prosesnya, tapi jalani pelan-pelan.

Di It's Okay to Not Be Okay, poin tentang hal ini dibahas di kisah PDKT Go Moon Young pada Moon Kang Tae, dan Lee Sang In pada Nam Joo Ri. Juga tentang bagaimana Moon Kang Tae menahan diri sebelum yakin akan perasaannya pada Go Moon Young.

5. Cinta sepihak itu sulit, jadi tentukan batasmu lalu move on

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Nam Joo Ri sudah lama mencintai Moon Kang Tae. Ia lalu berusaha pelan-pelan mendekati pria itu. Namun, kehadiran Go Moon Young membuatnya sadar bahwa cintanya tak terbalas. Awalnya, ia patah hati tapi akhirnya ia lebih memilih melepaskan dan move on.

Kisah Nam Joo Ri ini mengajarkan bahwa cinta sepihak itu sulit. Saat berjuang tak bisa lagi dilakukan karena si dia telah bahagia dengan pujaan hatinya, maka pilihan terbaik adalah move on. Yakinlah, bahwa kamu juga bisa menemukan cinta yang baru.

6. Restu dari keluarga adalah hal yang penting

6 Pelajaran Cinta dari KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'Instagram.com/tvndrama.official

Kisah cinta Moon Kang Tae dan Go Moon Young bukannya tanpa halangan. Selain perbedaan karakter dan masa lalu tragis, hubungan mereka juga terhalang oleh restu Moon Sang Tae yang takut Go Moon Young akan merebut Moon Kang Tae darinya.

Perjuangan Go Moon Young dibantu Moon Kang Tae untuk mendapat restu dari sang kakak memiliki pesan penting, bahwa cinta saja tak cukup. Sebab saat kamu serius dengan si dia, artinya kamu juga harus berusaha menjalin hubungan baik dengan keluarganya.

Nah, itulah enam pelajaran cinta yang bisa dipetik dari It's Okay to Not Be Okay. Kisahnya yang menarik dan inspiratif, menjadikan KDrama ini cocok untuk jadi drakor favorit.

Baca Juga: 6 Misteri yang Perlu Dijawab di KDrama 'It's Okay to Not Be Okay'

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya