Comscore Tracker

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Teman

Gak perlu ambil pusing perkataan yang gak menyenangkan

Dalam kehidupan kita sehari-hari selalu ada saja permasalahan yang menghampiri silih berganti. Yang paling sering terjadi dan gak menyenangkan adalah ketika kita jadi bahan gosip lingkaran pertemanan. Bikin jengkel dan suasana hati berantakan, iya gak?

Meskipun begitu kamu jangan panik dulu saat berada di posisi seperti tadi, lebih baik tunjukan pemikiran dewasa kalian dengan mengambil enam tindakan bijak seperti berikut ini!

1. Jangan mudah terprovokasi dan emosi

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Temanunsplash.com/antorpaul

Ini adalah tindakan utama yang paling penting dan wajib kamu ambil. Jangan mudah terbawa emosi atau termakan hasutan orang-orang yang justru akan memperkeruh keadaan. Kamu harus bersikap tenang karena lewat kepala dingin kamu akan terhindar dari tindakan gegabah serta solusi pun bisa mudah ditemukan.

2. Abaikan perkataan negatif yang bermunculan

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Temanunsplash.com/@benwhitephotography

Meskipun telinga terasa panas dan mulut ingin membantah perkataan yang tidak benar tapi ada baiknya kamu mengabaikan omongan negatif orang. Sekalipun kamu membalas perkataan negatif tadi, mereka tidak akan merasa puas. Sebab oknum yang menyebarkan gosip ini suka mencari kekurangan atau kesalahan, gak akan ada habisnya jika terus meladeni. Lebih baik kamu tutup telinga dan mengabaikan mereka. 

3. Bersikap santai dan cuek saat jadi perhatian orang

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Temanunsplash.com/@yaanapi

Situasi ini memang membuat tidak nyaman, semua perhatian seolah menuju ke dalam kehidupan pribadi kita. Namun seperti hal yang dijelaskan pada poin sebelumnya, menanggapi mereka hanya membuang energi saja. Sikap cuek dan masa bodoh sangat diperlukan saat menghadapi kondisi seperti ini.

Baca Juga: 5 Alasan Orang Blak-blakan Bisa Jadi Teman Baik, Gak Akan Menyesal!

4. Beri penjelasan yang singkat, jelas, dan padat

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Temanunsplash.com/@rawpixel

Saat kamu sudah gerah dan tidak kuat lagi menahan kabar yang semakin tak karuan maka beri penjelasan yang tepat, yaitu yang singkat, jelas dan padat. Tahan diri kamu untuk tidak terbawa emosi atau terpancing tanggapan orang untuk mengulik masalah lain dalam hidup kalian. Kalau terlalu panjang lebar nanti bisa-bisa persoalan akan merembet dan semakin rumit. 

5. Tunjukkan bukti yang kuat

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Temanunsplash.com/@eliottreyna

Cara ini bisa dipilih ketika kalian gak mau banyak bicara. Cukup tunjukan bukti kuat yang bisa menjawab atau menangkal kabar miring yang beredar. Dijamin orang yang menggunjingkan kalian bakal diam tak berkutik ketika tiba-tiba kamu buka suara dengan menunjukan bukti yang nyata. 

6. Jika perlu minta bantuan orang yang tepat

Jangan Panik! Ambil 6 Tindakan Bijak Ini Saat Kalian Digosipkan Temanunsplash.com/@yaoqiqiqilai

Opsi terakhir adalah dengan meminta bantuan orang lain jika diperlukan. Kalau kamu merasa tidak tahan dan tidak mampu mengontrol emosi maka serahkan saja kepada orang yang kamu percayakan. Tapi harap berhati-hati pula saat memilih orang kepercayaan sebab kalau sembarangan bisa jadi bumerang yang bikin masalah jadi bertambah.

Gosip adalah hal sederhana tapi memiliki efek yang sangat berpengaruh pada kehidupan seseorang. Maka dari itu ketika kamu menjadi korban jangan bersikap gegabah dan lakukan tindakan bijak seperti di atas tadi ya guys!

Baca Juga: Gak Melulu Buruk, Ini 5 Pelajaran Penting yang Bisa Dipetik dari Gosip

SA Photo Verified Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya