Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalian

Urusan percintaan juga bisa harus bisa memiliki kualitas

Selama ini berbagai anggapan muncul mengenai hubungan pacaran. Pacaran memang kenyataannya memiliki banyak bentuk dan gaya yang membuat setiap orang yang menjalaninya mengalami perubahan. Namun perubahan tersebut tidak selalu ke arah yang negatif lho, sebab jika kamu dan pacar bisa mengontrol diri maka pacaran bisa jadi ajang intropeksi dan pengembangan diri. 

Nah, biar hubungan kalian gak cuma buat senang-senang belaka coba simak tips di bawah ini deh. Dengan begini ikatan pacaran kalian bakal berdampak positif bagi kehidupan masing-masing. 

1. Menyusun agenda kencan yang bermanfaat

Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalianpexels.com/@andre-furtado-43594

Kencan seperti sebuah ritual wajib yang dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Ya wajar saja, setelah beraktivitas di hari padat kerja kita pasti butuh refreshing dan menghabiskan waktu berkualitas bersama. Kalau biasanya kamu cuma ke mall atau makan di restoran, mulai ganti kegiatan kencan dengan sesuatu yang bermanfaat.

Misalnya pergi ke tempat bernuansa alam yang bisa menyegarkan pikiran, ikut kegiatan sosial bareng, atau olahraga bersama. Manfaatnya terasa dan hubungan juga makin bahagia!

2. Memotivasi satu sama lain agar terus berkembang

Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalianpexels.com/@natthanon-kongyam-507657

Meskipun sudah mendapat posisi yang terjamin di kantor atau usaha yang kamu tekuni, jangan lupa untuk terus berkembang. Sebagai manusia kita harus tetap belajar dan meningkatkan kualitas diri. Fungsi dari pasangan di sini adalah dengan ikut memotivasi pasangan agar kalian masing-masing bisa terus berkembang. Jangan membatasi gerak-gerik mereka agar tidak terkekang atau terjebak di zona nyaman ya.

3. Menciptakan komunikasi yang lancar

Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalianpexels.com/@dtanpt

Hubungan minim drama adalah hubungan yang dilandasi komunikasi yang lancar. Ini merupakan kunci dari kualitas hubungan yang sesungguhnya. Kalau kamu dan pasangan sudah terbiasa membina komunikasi yang lancar maka segala permasalahan atau hal-hal yang harus diutarakan gak akan terganjal dan tersimpan di hati. Lewat cara ini kalian berarti sudah mengantisipasi untuk jadi pasangan yang dewasa. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Jangan Sampai Pacaran dengan People Pleasure

4. Memberi ruang sendiri supaya pasangan tetap nyaman

Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalianpexels.com/@vijarindo

Senyaman apapun kamu dan pasangan tetap saja kalian punya kehidupan pribadi yang juga harus diurusi. Memberi ruang untuk pasangan berada di dunianya gak akan bikin mereka hilang. Justru dengan tidak terlalu egois mengekang dirinya kamu dan dia semakin yakin bahwa kalian memang ditakdirkan untuk bersama.

Bagaimanapun juga teman, orangtua, dan kerabat mereka adalah sosok yang mendampingi pasangan sebelum bertemu dengan kalian. 

5. Menjaga tali silaturahmi dengan teman dan lingkungan masing-masing

Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalianpexels.com/@luizclas-170497

Melanjut dari poin nomor lima tadi, menjalin silaturahmi dengan orang di sekitar kita maupun lingkungan pasangan juga menjadi tanda hubungan yang kamu jalani sehat. Kita sadar betul bahwa di dunia ini tidak bisa hidup sendiri, oleh karena itu jangan terfokus pada hubungan kalian berdua saja. Ada banyak hal yang juga harus kalian perhatikan. Menjaga ikatan tali silaturahmi membuat hubungan kalian berjalan dengan restu yang bisa memperlancar ikatan hingga jenjang pernikahan. 

6. Menghindari konflik yang berlarut-larut dalam hubungan

Simak 6 Tips Menjalin Pacaran Sehat, Berdampak Positif Lho Bagi Kalianpexels.com/@wildlittlethingsphoto

Tips terakhir untuk membina hubungan yang sehat adalah dengan tidak membiarkan masalah larut berlama-lama. Kalau bisa kamu dan pasangan mulai membiasakan tidak membiarkan masalah terbawa hingga tidur. Usahakan untuk menyelesaikan masalah di akhir hari agar menghindari konflik lain yang rentan ikut bermunculan. Menyelesaikan masalah secepatnya akan membuat kamu dan pasangan merasa nyaman. 

Pacaran sehat harus dimiliki setiap pasangan kekasih yang ingin hidupnya jelas dan terarah. Karena zaman sekarang sangat rentan terjadi penyelewengan jadi pastikan untuk menjaga diri kalian lewat gaya pacaran di atas tadi ya!

Baca Juga: Sering Merasa Bosan Saat Pacaran? Atasi dengan 5 Cara Ini

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You