Comscore Tracker

Anti-canggung, 5 Tips Curhat Seputar Asmara kepada Orang Tua

Pastinya mereka tidak akan membocorkan kisah asmara kamu

Curhat seputar hubunggan asmara kepada sahabat atau sekedar curhat di media sosial, pasti sudah sangat biasa dan sering sekali dilakukan kebanyakan orang. Padahal, jika kamu salah dan sembarangan dalam mencurahkan isi hati kamu, resikonya cukup besar dan rahasia kamu juga bisa tersebar lho.

Dari sekian orang yang ada di sekeliling kamu, orang tua adalah orang paling tepat yang bisa kamu jadikan teman untuk curhat. Meskipun untuk sebagian orang merasa aneh dan akan terasa malu. Tetapi orangtua akan menjamin semua rahasia kamu aman dan tidak akan bocor kepada orang lain. 

Sebenanrnya curhat kepada orangtua juga enak lho. Daripada lama-lama, berikut ini ada 5 tips ampuh yang bisa kamu lakukan saat curhat seputar asmara kepada orang tua, tanpa rasa canggung.

1. Mulailah untuk menjalin kedekatan dengan orang tua

Anti-canggung, 5 Tips Curhat Seputar Asmara kepada Orang Tuapexels.com/@albert-rafael-153747

Poin pertama yang harus kamu perhatikan adalah menjalin kedekatan dengan orang tua. Meskipun kamu sudah cukup dewasa, tetapi tetap saja kamu harus dekat dan menjalin komunikasi yang baik dengan orang yang sudah memberikan cinta tulus kepadamu, yaitu orang tua.

Beberapa cara agar kamu bisa kembali dekat dengan orang tua adalah kamu bisa membantu kegiatan atau pekerjaannya, selalu makan bersama-sama dengan mereka, hingga tidak lupa untuk selalu menanyakan kabar dan kesehatan dari orang tua.

2. Hindari komunikasi yang terburu-buru dan terkesan kamu sedang cukup sibuk

Anti-canggung, 5 Tips Curhat Seputar Asmara kepada Orang Tuapexels.com/@burst

Di saat kamu sedang mencurahkan isi hati dan ingin sekali mendapatkan solusi dari orang tua. Perlihatkan bahwa kamu sedang mempunyai waktu luang yang cukup banyak dan jangan sampai terburu-buru. Supaya orang tua kamu lebih leluasa dalam memberikan masukan dan lebih bisa dengan santai untuk mendengarkan semua keluh kesah kamu dalam hal hubungan asmara.

3. Fokuslah pada lawan bicara dan apa yang kalian bahas saat itu

Anti-canggung, 5 Tips Curhat Seputar Asmara kepada Orang Tuapexels.com/@freestocks

Selain buang-buang waktu, tidak fokus dengan lawan bicara dan tidak fokus dengan topik yang dibahas, tentunya akan membuat kesan pertama curhat kamu dengannya menjadi kurang baik. Dia akan merasa, bahwa kamu tidak sunggunh-sungguh untuk meminta solusi darinya dan kamu juga tidak sungguh-sungguh untuk curhat kepadanya.

Solusinya adalah cobalah untuk tidak memainkan gadget saat sedang curhat dan tidak melirik kesana kemari. Karena tentunya itu sangat tidak sopan dan tentunya kurang baik untuk kegiatan curhat kamu dengan orang tua.

Baca Juga: 8 Tanda Kamu Mulai Selingkuh Hati dengan Teman Curhatmu

4. Jika kamu merasa sangat canggung, curahkan isi hatimu sambil melakukan kegiatan bersama orang tua

Anti-canggung, 5 Tips Curhat Seputar Asmara kepada Orang Tuapexels.com/@d123x

Jika kamu memang benar-benar sangat malu atau canngung saat akan mencurahkan isi hati. Tidak salahnya untuk mencurahkan isi hati kamu, sambil melakukan kegiatan yang sama-sama kalian sukai.

Misalnya, kamu bisa curhat sambil menikamti indahnya taman, sambil berolahraga bersama atau bisa juga sambil memasak bersama orang tua. Selain bisa membuat rasa canggung kamu berkurang, cara ini juga akan membuat hati orang tua kamu menjadi lebih senang.

5. Belajarlah untuk bisa peka dengan kondisi hati orang tua

Anti-canggung, 5 Tips Curhat Seputar Asmara kepada Orang Tuapexels.com/@abdghat

Satu lagi, sebelum kamu akan memulai curhat kepada orang tua. Cobalah untuk belajar peka melihat kondisi hati dari orang tua. Jika sedang mempunyai banyak pikiran atau masalah kerja, lebih baik kamu mencari waktu yang lain saja guys.

Kalau pun kamu benar-benar sudah tidak tahan dengan masalah asmara yang sedang kamu hadapi, sedangkan orang tua sedang kurang baik kondisi hatinya. Lebih baik untuk berdoa saja kepada tuhan untuk mencurahkan isi hati kamu kepadanya dan memohon untuk mencari jalan keluar dari semua masalah yang sadang kamu hadapi.

Ingat guys, meskipun kamu sudah dewasa, bukan berarti kamu menjadi jauh darinya dan menjaga jarak. Orang tua juga akan merasa sangat bahagia, jika kamu tetap dekat dan melain komunikasi yang baik dengannya.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Wanita Mudah untuk Curhat Dibandingkan Pria

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You