Comscore Tracker

Biar Gak Canggung, 5 Tips Menjalin Persahabatan Beda Usia

Ada keseruan tersendiri lho!

Hubungan persahabatan memang mempunyai banyak persamaan dengan hubungan asmara. Salah satu kesamaannya adalah hubungan ini tidak pernah memandang usia sama sekali. Jika sudah nyaman dan sudah serasi, tidak ada salahnya untuk dijadikan sahabat, meskipun terpaut usia yang cukup jauh.

Menjalin hubungan persahabatan beda usia, tentu ada beberapa perbedaan saat kamu menjalin persahabatan dengan seseorang yang mempunyai usia sama denganmu. Makanya, ada tips dan trik tersendiri, saat kamu menjalin hubungan persahabatan beda usia. 

1. Jangan membandingkan pencapaian kamu dengan sahabatmu sendiri

Biar Gak Canggung, 5 Tips Menjalin Persahabatan Beda Usiaunsplash.com/@gonarnaizpazos

Membanding-bandingkan pencapaian dengan seorang sahabat, tentu merupakan hal yang kurang baik dan hanya akan membuat persahabatan semakin renggang saja. Apalagi jika kamu bersahabat dengan orang beda usia dan kamu sebagai orang yang usianya lebih muda daripada sahabat kamu.

Perbedaan pencapaian tentunya akan selalu ada dalam hubungan persahabatan. Misalnya dalam hal materi, penghargaan dan percintaan. Daripada membandingkan pencapaian dengan sahabat kamu. Lebih baik kamu mengambil benyak pelajaran darinya, agar bisa sukses dan bisa berhasil seperti sahabat kamu.

2. Saling memberikan ruang untuk berkumpul dengan sahabat seumurannya

Biar Gak Canggung, 5 Tips Menjalin Persahabatan Beda Usiaunsplash.com/@simonmaage

Dia bukan hanya milik kamu dan sahabatnya pun, tidak hanya kamu saja. Tentunya dia mempunyai sahabat seumuran dengannya dan dia pun, harus mempunyai waktu untuk bisa berkumpul dengan mereka.

Berilah sahabat kamu ruang dan waktu untuk berkumpul dengan sahabat seusianya. Lagi pula, kamu sendiri tentu ingin berkumpul dengan sahabat seusia kamu dan tidak mau diatur-atur olehnya. Berilah kebebasan dan jangan terlalu mengekangnya. Percaya deh, dia tidak akan meninggalkan kamu demi sahabat barunya.

3. Menjadikan komunikasi sebagai kunci utama persahabatan

Biar Gak Canggung, 5 Tips Menjalin Persahabatan Beda Usiaunsplash.com/@boxedwater

Jika kamu dan sahabat jarang sekali bertemu, karena mempunyai kesibukan masing-masing. Tentuanya kamu harus tetap menjalin komunikasinya dengannya, lewat media sosial. Usahakan untuk selalu bertukar cerita satu sama lain dan saling memberikan semangat dalam meraih impian.

Jangan pernah meremehkaan komunikasi guys. Karena komunikasi adalah kunci utama dalam hubungan apa pun, termasuk dalan hubungan persahabatan beda usia.

Baca Juga: Seru Abis, Ini 6 Keuntungan yang Didapat Jika Punya Sahabat Beda Usia

4. Sering-seringlah bertukar cerita dan bertukar wawasan

Biar Gak Canggung, 5 Tips Menjalin Persahabatan Beda Usiaunsplash.com/@katietreadway

Keuntungan menjalin persahabatan beda usia memanglah sangat banyak. Salah satunya adalah kalian bisa saling bertukar wawasan dan salin membagi ilmu satu sama lain. 

Misal, jika usia kamu lebih muda, maka kamu bisa mencari informasi tentang bagaimana cara menjalani kehidupan dan cara meraih cita-cita yang selama ini kamu impikan. Namun jika usia kamu lebih tua darinya, kamu bisa belajar tentang budaya anak muda yang sedang terjadi dan bisa kamu terapkan kepada saudara atau anak kamu kelak.

5. Jangan ragu atau segan untuk memberikan masukan atau komentar membangun

Biar Gak Canggung, 5 Tips Menjalin Persahabatan Beda Usiaunsplash.com/@benwhitephotography

Bukan sahabat namanya, jika masih ragu dan merasa enggak enak saat akan memberikan masukan. Meskipun usia kamu berbeda jauh, tentu masukan sangat dibutuhkan oleh masing-masing diantara kalian. Saat dia mendapatkan masalah, cobalah untuk membantunya dan memberikan masukan-masukan yang positif. Bahkan gak ada salahnya juga menjadikan sahabat beda usia sebagai teman curhat. 

Jangan ragu untuk menjalin persahabatan beda usia guys.

Baca Juga: Catat! 6 Hikmah Ini Akan Kamu Rasakan Saat Menjalin Hubungan Beda Usia

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You