Comscore Tracker

5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tua

Sudah muncul dalam hubungan persahabatan kalian?

Dalam hidup ini, datang dan perginya seseorang dalam kehidupan kamu merupakan hal yang biasa. Begitu juga dengan seorang sahabat yang terkadang hanya bisa bertahan sebentar dalam menjalin hubungan persahabatan denganmu. Tentu saja, hal ini disebabkan oleh banyak hal. Seperti perbedaan karakter, mempunyai mimpi yang berbeda, hingga berpisah karena sebuah jarak.

Namun, dari sekian banyak orang yang datang dan pergi dalam kehidupan kamu sebagai seorang sahabat. Tentunya akan bertahan beberapa orang atau satu orang sahabat saja, yang akan menjaga hubungan persahabatan kalian, hingga tua. Cara untuk mengetahuinya, pastinya akan muncul dari beberapa tanda. Contohnya, seperti tanda-tanda di bawah ini.

1. Perbedaan karakter dan pemikiran tidak membuat kalian berpisah

5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tuapexels.com/@mentatdgt-330508

Pertama, setiap orang pastinya akan mempunyai banyak sekali perbedaan dengan orang lain. Contohnya seperti berbedanya karakter seseorang, hingga sering munculnya sebuah perbedaan pendapat. Namun meskipun begitu, seorang sahabat sejati tentunya tidak akan mempermasalahkan hal seperti itu sama sekali.

Justru, sahabat sejati akan menganggap itu semua merupakan sebuah anugerah dan bisa membuat hubungan persahabatan semakin erat lagi. Karena dengan mempunyai perbedaan karakter dan pendapat, kalian akan sama-sama belajar untuk saling menghargai satu sama lain.

2. Meskipun pertengkaran sering sekali terjadi antara kalian, namun mudah sekali untuk baikan

5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tuapexels.com/@daria

Coba deh hitung-hitung. Berapa kali kamu dan sahabat bertengkar dalam seminggu? Jika kamu dan sahabat sering sekali bertengkar, namun mudah juga untuk saling memaafkan, kamu harus bersyukur. Itu merupakan tanda selanjutnya bahwa hubungan persahabatan kalian akan bertahan hingga tua nanti lho.

Di saat kalian bertengkar dan mudah sekali baikan, secara tidak langsung kalian sedang belajar banyak hal. Salah satunya adalah kalian akan menjadi pasangan sahabat yang saling terbuka satu sama lain dan kalian pun, tidak mudah mementingkan ego masing-masing.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kenapa Kamu Merasa Tidak Senang Melihat Sahabat Sukses

3. Sama-sama memegang prinsip kejujuran dan keterbukaan dalam menjalin hubungan persahabatan

5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tuapexels.com/@vera-arsic-304265

Berbicara seputar keterbukaan dan kejujuran dalam sebuah hubungan persahabatan. Tentunya ini merupakan modal penting, agar hubungan persahabatan kalian bertahan sampai tua. Karena tidak sedikit, hubungan persahabatan yang hanya bertahan sebentar saja.

Biasanya, karena mereka tidak mau terbuka dan jujur dengan masalah yang sedang terjadi satu sama lain. Intinya, kalau ada masalah atau hal yang kurang pas, segeralah ungkapkan kepada sahabatmu.

4. Meskipun mengetahui keburukan sahabat, namun dia tidak pernah mengumbar-umbarnya

5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tuaunsplash.com/@matheusferrero

Di saat kamu menjalin sebuah hubungan sahabatan dengan seseorang. Tentunya dia akan mengetahui beberapa kebiasaan buruk dan rahasia-rahasia, yang tidak orang lain ketahui. Meskipun begitu, percayalah bahwa seorang sahabat sejati tidak akan menceritakan semua keburukanmu kepada orang lain.

Dia sadar, bahwa keburukan atau rahasia seorang sahabat bukanlah hal yang harus diumbar-umbar. Karena kepercayaan dari seorang sahabat yang mau menceritakan rahasianya kepadamu, sangatlah berharga dari pada apa pun.

5. Sejauh apa pun jarak dan sesibuk apa pun kalian, komunikasi merupakan poin utama

5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tuapexels.com/@mccutcheon

Terakhir, biasanya hubungan persahabatan akan mulai retak disaat kesibukan dan jarak memisahkan. Coba deh kamu ingat-ingat, seberapa banyak sahabat yang pergi melupakan kamu hanya karena sebuah jarak? Tentunya pasti banyak dan pasti akan ada saja.

Percayalah, seorang sahabat sejati tidak akan mempermasalahkan sebuah jarak dan sebuah kesibukan dalam hubungan persahabatan. Sesibuk apa pun dan sejauh apa pun jarak. Mereka akan tetap menjaga komunikasi dengan baik, saling mendukung satu sama lain dan menyempatkan diri untuk bisa bertemu dengan sahabat tercinta.

So, carilah sahabat sejati yang bisa kamu jadikan sahabat hingga nanti tua. Karena dengan begitu, kamu akan menjadi orang yang sangat bahagia pastinya.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Drama

sandinugraha Photo Community Writer sandinugraha

Kepoin aja dulu, Siapa tahu jodoh

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You