Comscore Tracker

5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju Pernikahan

Siapkan mulai dari sekarang

Bagi beberapa orang menikah adalah hal yang agak sukar dilakukan karena berbagai macam tantangan yang bakal dihadapi di masa depan, tak jarang banyak yang menunda untuk menikah dan memakan waktu lama untuk memantapkan diri untuk menuju ke sebuah pernikahan.

Nah, bagi kamu yang belum siap secara mental untuk menikah, beberapa tips berikut ini dapat membantumu untuk bersiap secara mental menghadapi pernikahan.

1. Mulai menyesuaikan dan merencanakan keuangan

5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju PernikahanUnsolash.com/markusspiske

Hal yang paling ditakutkan oleh beberapa orang untuk menjalani pernikahan adalah masalah kecukupan ekonomi yang otomatis bakal bertambah seiring bertambahnya kebutuhan rumah tangga, anggota keluarga dan berbagai kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Sebelum berpikir untuk melangkah ke jenjang pernikahan, usahakanlah untuk mulai menyesuaikan dan merencanakan keuangan untuk di masa depan kelak. Kamu tidak harus menunggu sampai kaya, setidaknya kamu mempunyai beberapa tabungan yang cukup untuk masuk ke fase berumah tangga.

2. Berkomitmen

5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju PernikahanUnsplash.com/priscilladupreez

Jika kamu ingin melangkah ke jenjang pernikahan, hal yang palin utama yang harus kamu lakukan dengan pasangan adalah berkomitmen. Kalian bisa saling berbicara dan bertukar pikiran tentang kehidupan rumah tangga kelak yang akan kalian jalani, hal ini akan membuatmu mengerti bagaimana nanti membangun fondasi yang kokoh untuk berumah tangga.

Misalnya berkomitmen soal nafkah, pekerjaan, anak, dan berbagai hal lainnya yang akan kalian ingin wujudkan bersama.

Baca Juga: Sadari, Ini 6 Tanda Kamu Mulai Lupa Tujuan Pernikahan Bersama Pasangan

3. Bangun persahabatan bersama dengan pasangan

5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju PernikahanUnsplash.com/Jtylernix

Jadikanlah pasanganmu sebagai teman hidup yang sangat kamu hargai dan idam-idamkan, maka kamu akan merasa bahwa dia adalah sosok yang pantas untuk menemanimu sampai di hari tuamu. Lakukanlah hal-hal yang membuat kalian saling mengerti dan menjaga dalam suka maupun duka tanpa terbesit keinginan untuk saling meninggalkan, karena kamu dan dia adalah satu sehingga sulit untuk terpisahkan.

4. Belajar dari pasangan panutan

5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju PernikahanUnsplash.com/priscilladupreez

Jika kalian mempunyai sosok pasangan yang pantas untuk kalian jadikan panutan, maka janganlah ragu untuk bertanya dan banyak belajar dari mereka yang sudah berumah tangga lama dan tetap harmonis.

Pelajarilah bagaimana mereka bersikap satu sama lain, bagaimana mereka membagi antara pekerjaan dan juga waktu bersama keluarga, bagaimana mereka menyelesaikan masalah dan berbagai hal lainnya yang patut kalian pelajari untuk hubungan rumah tangga kalian kelak.

5. Ikuti kelas atau kursus pranikah

5 Tips Bagi Para Pasangan dalam Mempersiapkan Mental Menuju PernikahanUnsplash.com/fuuj

Bagi beberapa pasangan muda dan masih awam atau memiliki sedikit pengetahuan tentang bagaimana menjalani kehidupan rumah tangga, kini telah banyak kelas atau kursus pranikah yang memiliki pembimbing profesional atau pemimpin agama yang dapat menjawab berbagai pertanyaan mengenai masalah pernikahan.

Mengikuti kursus pranikah dapat membantumu menambah wawasan tentang bagaimana dunia pernikahan itu sendiri.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu kamu dalam mengatasi ketakutan atau kecemasan sebelum menikah. Itulah beberapa tips untuk para pasangan dalam mempersiapkan mental menuju pernikahan.

Baca Juga: 5 Cara Hargai Pasangan dalam Pernikahan, Bikin Hubungan Tetap Romantis

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya