Comscore Tracker

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan Cinta

Ia bakal paham kok~

Kamu mungkin sekarang sedang kebingungan dengan sikap temanmu yang menyatakan cinta kepadamu. Kamu mungkin akan merasa risi dengan tindakannya, namun kamu juga punya hak untuk memberikan penolakan. Bukan untuk bersikap tidak baik tetapi ini adalah sikap yang paling bijak jika memang benar kamu tidak menyukai sikapnya.

Berbicaralah dengan baik, mengatakan perasaanmu yang sejujurnya dan tidak bertele-tele adalah sikap yang paling baik yang bisa kamu lakukan. Nah, berikut ini enam sikap menolak baik temanmu yang menyatakan cinta kepadamu, jadi tidak usah risau.

1. Mengatakan perasaan sejujurnya

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan CintaUnsplash.com/fwed

Mengatakan perasaanmu yang sejujurnya adalah hal yang paling memberikan kejelasan pada temanmu agar tidak berharap. Kejujuran biasanya merupakan kebijakan terbaik untuk dilakukan karena berbohong akan perasaan merupakan hal yang tidak relevan.

Hindari mengarang alasan palsu, misalnya kamu mengatakan padanya bahwa kamu sudah mempunyai kekasih dan ketika ia bertanya pada teman dekatmu dan mengetahui faktanya bahwa kamu berbohong, ia akan merasa kecewa padamu. Jadi berkata jujur dan bersikap dewasa adalah kunci untuk memberikan kejelasan padanya bahwa kamu tidak punya perasaan dengannya.

2. Jelaskan dengan detail alasanmu menolak

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan CintaUnsplash.com/priscilladupreez

Walaupun perasaan tidak suka adalah landasan utamanya, kamu juga harus punya alasan kuat lainnya mengapa kamu menolaknya. Karena tidak semua orang bisa langsung mengerti dengan sikap yang kamu ambil. Jelaskanlah faktor-faktor apa saja yang membuatmu bisa menolaknya sehingga ia pun bisa menghilangkan rasa penasarannya terhadap alasanmu menolaknya.

3. Melakukan penolakan dengan hormat

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan CintaUnsplash.com/alexisrbrown

Kamu harus menyikapi perasaannya dengan dewasa, bisa saja ia terjebak dengan kebaikanmu padanya sehingga ia jatuh cinta. Namun jika kamu tidak bisa menerimanya, perlakukanlah dia dengan hormat. Tidak memberikan sikap atau kata-kata yang akan menyakiti perasaannya juga perlu kamu perhatikan. Jelaskan padanya dengan baik bahwa kamu tidak bisa menerimanya. Jelaskan juga tentang sikap baikmu selama ini kepadanya hanya sebagai teman baik saja.

Baca Juga: 6 Etika Menolak Pernyataan Cinta Seseorang, Jangan Langsung Dijauhi

4. Hilangkan perasaan tidak enakmu

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan CintaUnsplash.com/vidarnm

Mungkin saja kamu merasa tidak enak kepadanya karena ia adalah temanmu, dan kamu tidak ingin kehilangan teman baikmu. Memang akan terasa sulit untuk mempertimbangkan jika alasannya seperti ini. Akan tetapi lebih baik bersikap tegas dengan perasaanmu lebih baik dibanding harus membohongi diri sendiri dan juga orang lain.

Janganlah membuat sebuah harapan bila kamu tidak bisa memenuhinya, hilangkanlah perasaan tidak enak tersebut. Baik atau lambat ia akan mengerti dengan sikapmu, karena perasaan tidak bisa dipaksakan.

5. Tetap pada pendirian

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan CintaUnsplash.com/priscilladupreez

Jika temanmu ini tetap bersikeras ingin bisa jalan denganmu dan melakukan segala cara untuk meluluhkanmu. Tetaplah pada rencana awalmu. Kamu harus bersikap tegas dengan sikap dan perasaanmu sendiri. Dia mungkin belum mengerti sikap penolakan yang kamu lakukan, maka buatlah dia mempertimbangkan lagi perasaanya dan mempertimbangkan hubungan pertemanan kalian.

6. Menjaga hubungan baik sebagai teman

6 Sikap Menolak dengan Baik Teman yang Menyatakan CintaUnsplash.com/brookecagle

Walaupun ia  punya perasaan padamu, kamu harus tetap menjaga hubungan baik dengannya. Karena kamu dan dia bisa saja akan masih terus bertemu di sebuah komunitas atau berbagai event lainnya, belajarlah menerima keadaan dan hilangkanlah sikap  canggung padanya walau bisa saja ia yang akan menjadi sangat canggung padamu.

Tetaplah untuk bersikap seperti teman biasa  dan kalau bisa kamulah yang harus mencairkan suasana.

Itulah beberapa cara menolak teman yang menyatakan cinta kepadamu, bersikap tegaslah karena tidak semua cara bisa kamu gunakan untuk menghadapi teman yang menyatakan cinta kepadamu.

Baca Juga: Cara Menolak Cintanya Tanpa Bikin Sakit Hati, Jangan Paksakan Hatimu!

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya