Comscore Tracker

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan Baik

Semangat yah buat pejuang LDR

Seperti lirik lagu LDR dari Raisa, “tanpamu langit tak berbintang dan tanpamu hampa yang ku rasa”. Ya, seperti itulah perasaan bagi orang-orang yang menjalani yang namanya Long Distance Relationship. Bagi siapa pun yang mengalami yang namanya LDR sudah pasti bisa merasakan rindu dan rasa cemas yang luar biasa terhadap pasangannya.

Terkadang berat bagi mereka yang menjalani LDR dan harus kandas di tengah jalan karena mengaku sudah tidak berkomunikasi seintens dibanding saat bersama dan masih banyak faktor lainnya yang membuat hubungan LDR itu tabuh untuk dipertahankan. Namun para pejuang LDR yang masih berjuang sampai sekarang jangan putus asa dengan hubunganmu.

Walaupun jarak memisahkan, kalian harus yakin bahwa semuanya akan terbayar ketika kalian bisa memanfaatkan waktu yang sedikit untuk bertemu. Berikut ini tips agar komunikasi pasangan LDR tetap terjaga dengan baik.

1. “Quality Time” atau menghabiskan waktu bersama sebelum berpisah

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan BaikUnsplash.com/priscilladupreez

Bertemu dan melakukan hal-hal positif bersama-sama sebelum salah satu di antara kalian pergi jauh adalah bagian yang sangat penting untuk menciptakan perasaan kuat sebelum berpisah. Buatlah memori indah sebelum LDR dimulai, serta buatlah rencana ke depannya setelah kalian terpisahkan jarak agar kalian bisa saling menguatkan.

2. Menyisihkan waktu untuk berkomunikasi satu sama lain

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan BaikUndplash.com/bjornftw

Ketika LDR dimulai, menyisihkan waktu untuk saling berkomunikasi bisa menjadikan hubunganmu tetap terjaga, bahkan ketika kalian sedang  terpisah jarak dan sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Mencuri waktu di tengah kesibukan untuk saling berkomunikasi dapat membantumu menghargai waktu yang jarang bisa diluangkan bersama pasanganmu.

Baca Juga: 7 Cara Biar Valentine Pasangan LDR Bisa Istimewa, Pasti Gak Kepikiran!

3. Pandailah mengelola perasaan

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan BaikUnsplash.com/anthonytran

Ya, tidak jarang para pasangan LDR dihantui oleh banyaknya kecemasan tentang pasangan masing-masing. Terkadang rasa cemas itu berubah jadi malapetaka buat hubunganmu, kamu yang gampang cemburuan, kamu yang terlalu protektif, mulai saat ini kurangilah untuk bersikap demikian, memang bersikap seperti ini perlu sebagai penambah manis sebuah hubungan, namun bersikap berlebihan bukanlah hal yang tepat.

4. Berlatih untuk berkomunikasi dengan bijak

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan BaikUnsplash.com/priscilladupreez

Komunikasi jadi bagian penting saat LDR, namun berkomunikasi dengan bijak harus kamu terapkan ketika sedang dalam situasi LDR, mengapa? Karena membicarakan hal-hal yang penting seperti menanyakan kabar dan menanyakan pengalaman apa saja yang didapat hari ini adalah hal yang jauh lebih penting dibanding kamu harus mengomel karena ia telat menghubungimu. Atau berbagai macam alasan lainnya yang bikin percakapan intens kalian jadi tidak nyaman.

5. Tidak lupa membagikan hal kecil dari kegiatanmu agar pasangan LDR-mu juga tahu

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan BaikUnsplash.com/lena_myzovets

Mengirimkan setiap aktivitas dan kebahagiaanmu dalam bentuk foto melalui media sosialmu kepadanya dapat membuatnya merasa menjadi bagian penting dalam hidupmu. Ia merasa kamu tidak lupa untuk saling berbagi informasi dengannya walau dengan hari-hari LDR kalian.

6. Mengidentifikasi masalah apa saja yang kalian dapatkan ketika LDR

6 Tips agar Komunikasi Saat LDR Tetap Terjaga dengan BaikUnsplash.com/henrihere

Nah, mengetahui apa saja masalah yang kamu dapatkan ketika LDR dan saling mencari solusi bersama adalah hal yang tepat untuk meminimalisasi rasa cemas dan juga penat yang terjadi di antara kalian.

Dengan mengetahui perasaan-perasaan apa saja yang ada dalam benak kalian dan saling mencurahkannya akan membuat kalian tahu sesulit apa dan serumit apa menjalankan hubungan jarak jauh ini. Kalian justru akan lebih bisa mengatasi masalah dari LDR ini.

Jadi buat kalian yang masih berjuang dengan hubungan jarak jauh, jangan patah semangat. Kalian bisa kok. Itulah beberapa tips agar komunikasi saat menjalani LDR tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Alasan Orang INFJ adalah Sosok Terbaik Saat Menjalani Hubungan LDR

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya