Comscore Tracker

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu Protektif

Boleh dicoba deh...

Terkadang kamu mungkin merasa bahwa pacarmu terlalu protektif terhadapamu, bahkan sikap protektifnya dapat menimbulkan kejenuhan dan menjadi masalah serius untukmu. Yah, apapun yang diforsir secara berlebihan akan berakhir dengan tidak baik, mempunyai pasangan yang super protektif bisa menjadi masalah buatmu. Bahkan banyak yang tak sanggup dengan pasangannya dan memilih untuk mengakhiri hubungan dibanding harus menjalani hidup yang selalu dihantui oleh sikap seperti ini.

Akan tetapi sebagian orang menganggap sikap over protektif seperti ini menjadi hal yang lumrah dalam sebuah hubungan, bahkan ada yang merasa lebih dicintai apabila pasangannya bersikap seperti itu terhadapnya. Sesungguhnya semua bisa teratasi apabila kamu bisa mengerti dan mengatasi pasanganmu bersikap protektif berlebihan terhadapmu. Berikut ini beberapa tips dan cara menghadapi pacar yang terlalu protektif.

1. Cari tahu mengapa dia terlalu melindungimu

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu ProtektifUnsplash.com/priscilladupreez

Sebelum mencapai kesimpulan dan berpikir bahwa pacarmu bukan orang yang baik, kamu perlu mengetahui alasan di balik sikapnya yang terlalu protektif. Mungkin dia memiliki beberapa pengalaman pahit sebelum menjalin hubungan denganmu, atau mungkin dia hanya berusaha melindungimu dari orang yang memiliki niat buruk terhadapmu. Cari tahulah terlebih dahulu apa penyebab ia menjadi se-protektif itu terhadapmu.

2. Mengenalkan Teman-Temanmu Kepada Dia

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu ProtektifUnsplash.com/alexisrbrown

Psanganmu mungkin merasa bahwa tidak semua orang di sekitarmu dapat dipercaya atau memiliki niat baik. Jadi, jika dia tidak ingin kamu bergaul dengan teman-teman tertentu, lebih baik kamu memperkenalkan mereka satu sama lain. Dengan cara ini pasanganmu akan mengetahui tentang teman-temanmu dan akan dapat memahami pribadi teman-temanmu sehingga ia tak perlu risau dengan lingkungan pertemananmu.

3. Jelaskan Kepadanya Agar Tidak Terlalu Khawatir dengan Dirimu

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu ProtektifUnsplash.com/shelbymary_

Jika kamu memang merasa tidak nyaman dengan sikap protektifnya, maka kamu bisa menjelaskan kepadanya bahwa kamu bisa menjaga diri sendiri dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Mungkin dia berpikir bahwa selama ini kamu memang sosok yang perlu dituntun dan membutuhkan perlindungan, maka sampaikanlah dan tunjukkan kepadanya bahwa kamu tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan.

Baca Juga: Bukan Protektif, Ini 5 Fakta Pembeda Kalau Pacarmu Justru Posesif Akut

4. Membicarakan tentang sikapnya terhadapmu dan mengambil kesimpulan yang tepat bersama-sama

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu ProtektifUnsplash.com/priscilladupreez

Bicaralah kepadanya tentang sikapnya terhadapmu, kemudian carilah kesimpulan bersama-sama untuk menangani ketidaknyamananmu atas sikapnya. Tidak ada masalah yang bisa diselesaikan tanpa diskusi yang layak, kamu bisa mencoba memperbaikinya dengan membicarakan hal tersebut dan pastikan kamu menyampaikan perasaanmu dengan cara yang benar sehingga ia dapat memahami pikiran atau perspektif yang selama ini kamu tangkap atas sikap protektifnya.

5. Cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu Protektifinstagram.co/hyungsik__boyoung

Jika dia melarangmu melakukan sesuatu atau memintamu untuk tidak bergaul dengan orang-orang tertentu yang tidak ia sukai, cobalah untuk tidak bereaksi berlebihan, terutama di depan umum , kamu bisa membicarakannya nanti di tempat yang lebih private, karena menghadapai pasangan yang memiliki sikap protektif tinggi harus dengan ketenangan agar tidak menimbulkan keributan. Reaksi berlebihan tidak hanya akan memperburuk situasi tetapi juga akan membawa lebih banyak kesulitan bagimu.

6. Jangan Terlalu Bergantung padanya

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu ProtektifUnsplash.com/priscilladupreez

Mungkin karena sikapmu yang terlalu bergantung kepadanya selama ini, terlalu sering menunjukkan kelemahanmu didepannya sehingga dia berpikir bahwa kamu memang sosok yang harus dipantau kemana-mana dapat menyebabkan ia bersikap protektif  berlebihan terhadapmu, maka tunjukkanlah sikap bahwa kamu bisa melakukan apapun sendiri selama kamu masih sanggup.

7. Hindari Menerima Sikap Protektifnya

7 Tips Menghadapi Pasangan yang Terlalu ProtektifUnsplash.com/fwed

Jika sikap protektifnya sudah sangat mengganggu kenyamananmu, maka kamu punya hak untuk menolak perilaku tak menyenangkan ini, kamu juga perlu mengedepankan hakmu sebagai pasangan agar hubunganmu dengannya tidak berakhir toksik bagimu.


Sikap protektif juga sebenarnya diperlukan dalam sebuah hubungan, masing-masing orang punya tingkat kekhawatiran yang berbeda dan punya pandangan yang berbeda tentang bagaimana menjaga pasangan agar terhindar dari segala yang tidak diinginkan, akan tetapi beberapa orang yang bersikap seperti ini perlu mengevaluasi diri bersama pasangan, agar terhindar dari yang namanya takaran berlebihan termasuk protektif yang berlebihan. Itulah beberapa tips dan cara untuk menghadapai pasangan yang over protektif.

Baca Juga: 6 Tips Meluluhkan Hati Agar Gak Over Protektif Terus pada Pasangan

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

Semua berawal dari tulisan kecil || Ig: Shasya Khairana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya