Comscore Tracker

Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini sekalipun Jatuh Cinta, Stop Lepas Kendali!

Jangan biarkan cinta menguasai dirimu sepenuhnya

Saat jatuh cinta, terkadang seseorang rela melakukan apa saja demi pasangannya. Dia ingin pasangannya merasa bahagia dan senang atas apa yang dilakukannya. Nah, apakah kamu termasuk tipe yang seperti itu? Jika iya, maka sebaiknya kamu tetap bisa mengendalikan dirimu dengan baik dengan mengingat hal-hal yang sebaiknya tidak kamu tinggalkan sekalipun kamu sedang jatuh cinta. 

Meninggalkan hal-hal penting di dalam hidup demi cinta tidaklah baik untuk dirimu ke depannya. Kamu akan selalu menjadikan dirinya prioritas, padahal seharusnya kamu mementingkan dirimu sendiri terlebih dahulu sebelum pasangan. Nah, lima hal ini jangan sampai kamu tinggalkan sekalipun kamu sedang jatuh cinta. 

1. Prinsip dan tujuan hidup yang kamu miliki

Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini sekalipun Jatuh Cinta, Stop Lepas Kendali!ilustrasi punya tujuan hidup (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Memiliki prinsip dan tujuan di dalam hidup akan membuatmu mampu menentukan arah terbaik untuk masa depanmu. Nah, jika kamu sedang jatuh cinta, jangan sampai kamu meninggalkan prinsip dan tujuan hidupmu itu.

Sekalipun misalnya pasanganmu yang memintanya. Jika dia menyukaimu, maka seharusnya dia mendukung kamu, bukan sebaliknya. Jadi, jangan pernah tinggalkan prinsip dan tujuan hidupmu hanya untuknya dan karena cinta.

2. Kebahagiaanmu sendiri

Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini sekalipun Jatuh Cinta, Stop Lepas Kendali!ilustrasi bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Atas dasar cinta, kamu selalu mendahulukan kebahagian pasangan di atas kebahagiaanmu sendiri. Namun sayangnya hal tersebut tidaklah benar untuk kamu lakukan. Seharusnya kamu mendahulukan kebahagiaanmu sendiri baru kebahagiaan pasanganmu. 


Kamu tidak memiliki kewajiban untuk selalu membahagiakan dan menyenangkan hidup pasanganmu dibandingkan hidupmu sendiri. Jjangan pula kamu gantungkan kebahagiaanmu pada pasanganmu, karena saat dia tak ada maka kamu akan semakin sulit untuk bahagia. 

Baca Juga: 5 Cara Meminta Maaf Usai Bertengkar dengan Pasangan, Dijamin Baikan!

3. Dirimu apa adanya

Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini sekalipun Jatuh Cinta, Stop Lepas Kendali!ilustrasi jadi diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu yang paling tahu dirimu sendiri, bukan orang lain, termasuk pasanganmu. Jadi, kamu tidak perlu merubah dirimu hanya demi dirinya atau atas permintaannya. Jika dia menyukaimu, maka maka dia akan menerima dirimu apa adanya. 

Lakukan hal-hal yang kamu inginkan dan kamu impikan tanpa harus takut karena pasanganmu tidak menyukainya. Selama hal itu positif untuk kamu lakukan, maka seharusnya pasanganmu bisa menerimanya. Jangan menelan bulat-bulat kritik dan saran pasangan jika dia tidak bisa memberikan alasan yang logis dan masuk akal di belakangnya.

4. Kemandirianmu

Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini sekalipun Jatuh Cinta, Stop Lepas Kendali!ilustrasi mandiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jangan gantungkan hidupmu pada pasanganmu. Bukankah sebelum bertemu dengannya kamu sudah mandiri dan terbiasa tanpa dirinya? Maka biarkanlah terus seperti itu sekalipun kamu jatuh cinta padanya. Meninggalkan kemandirian dan mengandalkan hidup pada pasanganmu juga tidaklah benar untuk kamu lakukan.


Usahakan untuk melakukan semua hal sendiri, apalagi hal-hal yang terbilang sederhana dan kecil. Kemudian, jika saat kamu menghadapi hal yang rumit dan sulit, di mana kamu sudah mencoba menyelesaikannya dengan semaksimal mungkin namun tetap tidak bisa, maka barulah kamu meminta pertolongan.

5. Orang terdekatmu seperti keluarga dan sahabat

Jangan Tinggalkan 5 Hal Ini sekalipun Jatuh Cinta, Stop Lepas Kendali!ilustrasi keluarga (pexels.com/August de Richelieu)

Saat jatuh cinta memang bawaannya ingin selalu bersama dengan pasangan. Tapi, cobalah untuk kendalikan dirimu agar tidak selalu melakukan itu. Jangan abaikan orang-orang terdekatmu seperti keluarga dan sahabatmu. Jatuh cinta tidak harus membuatmu menjadi menjaga jarak dari mereka. 


Ingatlah mereka selama ini selalu ada saat kamu mengalami kesusahan di masa dulu sebelum kamu bertemu pasanganmu saat ini. Jadi, jangan tinggalkan orang terdekatmu sekalipun pasanganmu mengatakan dia tidak menyukai mereka. Selain itu, kamu juga perlu mendengarkan saran dari orang terdekatmu mengenai pasanganmu. Mereka tentu mengharapkan yang terbaik untukmu.

Perlu kamu ingat bahwa jangan sampai kamu kehilangan banyak hal di dalam hidupmu hanya karena cinta. Menyesalinya kemudian juga tidak akan memberikanmu perubahan yang berarti. Jadi, kamu harus bisa mengantisipasinya dengan mengendalikan dirimu dengan tidak meninggalkan lima hal di atas sekalipun kamu sedang jatuh cinta. 

Baca Juga: 5 Tips Dekati Gebetan yang Susah Jatuh Cinta

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya