Comscore Tracker

Hindari 5 Kesalahan Ini saat Pendekatan, Terlalu Berlebihan Mengejar!

Jangan sampai kamu melewati batas yang seharusnya kamu jaga

Melakukan pendekatan dengan gebetan tentu tidak bisa sembarangan, kamu perlu hati-hati agar tidak melakukan kesalahan saat masa pendekatanmu itu. Jangan sampai kamu malah kehilangan gebetan yang kamu sukai karena melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa kamu hindari. Jangan buat gebetan yang kamu sukai itu malah ilfeel padamu. 

Atau kamu melakukan kesalahan yang justru akan merugikan dirimu sendiri. Kesalahan tersebut memang bisa saja terjadi karena kamu yang merasa gugup atau salah tingkah saat berhubungan dengannya atau ketika bersama dengannya. Oleh karena itu, kamu perlu mengendalikan dirimu dengan baik, seperti mencoba berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan suatu tindakan. Nah, hindari lima kesalahan ini saat sedang masa pendekatan dengan gebetan. 

1. Terang-terangan menunjukkan perasaanmu hingga kamu terlalu berlebihan dalam mengejar dirinya

Hindari 5 Kesalahan Ini saat Pendekatan, Terlalu Berlebihan Mengejar!ilustrasi menunjukkan rasa suka (pexels.com/Samson Katt)

Menunjukkan rasa cinta dan sayangmu kepada gebetan sebenarnya adalah hal yang wajar, selama itu kamu lakukan dalam batas normal. Namun, jika kamu terang-terangan melakukannya dengan terlalu berlebihan dalam mengejar dirinya, maka di situlah letak ketidakwajarannya. Gebetanmu bisa merasa risih dan tidak nyaman jika kamu seperti itu. Misalnya kamu selalu menghubunginya setiap saat dan tidak sabar menunggu balasan pesan darinya sehingga terus-menerus mengirimkan pesan.

Atau saat dia tidak mengangkat teleponmu, kamu berkali-kali meneleponnya hingga dia mengangkatnya. Jika seperti itu, sikapmu malah menunjukkan bahwa kamu terobsesi dengannya, bukan cinta. Kamu yang statusnya masih gebetannya saja tidak memberikannya ruang. Apalagi jika kamu menjadi kekasihnya, maka kamu akan semakin obsesi kepadanya. 

Itulah yang akan dipikirkan gebetanmu saat kamu terlalu berlebihan dalam mengejarnya. Dia akan merasa sulit bergerak karena sikapmu itu. Jadi, hindari kesalahan tersebut dan cobalah mendekati gebetanmu secara wajar dan normal. Namun jangan terlalu santai juga, nanti dia malah berpikir kamu gak serius mengejarnya. 

2. Terlalu terbuka dengan menceritakan segala hal tentang dirimu kepadanya hingga hal pribadimu

Hindari 5 Kesalahan Ini saat Pendekatan, Terlalu Berlebihan Mengejar!ilustrasi bicara dengan gebetan (pexels.com/George Pak)

Bersikap jujur dan terbuka memang perlu di dalam hubungan asmara. Hal tersebut bisa menjaga hubunganmu karena komunikasi yang terjadi terbilang lancar dan tanpa hambatan. Di mana kamu dan pasangan sama-sama bebas dari pikiran negatif dan overthinking karena sikap pasangan yang jujur dan terbuka, tanpa ada yang ditutupi dan disembunyikan darimu. 

Namun, hal itu bisa kamu lakukan jika dia sudah menjadi pasanganmu, sedangkan saat ini dia masih terbilang gebetanmu, maka kamu tidak perlu terlalu blak-blakan dengan menceritakan segala hal tentang dirimu kepadanya. Hal tersebut malah salah untuk kamu lakukan karena belum tentu dia bisa menjaga hal pribadimu yang terbilang rahasia dan privasi. Ingatlah bahwa kamu belum mengenal pribadinya terlalu dalam dan kamu belum tahu kepribadiannya yang sesungguhnya seperti apa. 

Baca Juga: 5 Tips PDKT ala Jun Ho di Extraordinary Attorney Woo, Auto Diterima!

3. Terlalu memprioritaskan dirinya hingga kamu selalu berkorban untuknya

Hindari 5 Kesalahan Ini saat Pendekatan, Terlalu Berlebihan Mengejar!ilustrasi memprioritaskan gebetan (pexels.com/Gustavo Fring)

Berkorban dalam hubungan asmara terkadang memang perlu dilakukan karena untuk membuktikan rasa cintamu padanya. Namun lakukanlah itu sewajarnya. Ingatlah dia saat ini statusnya masih gebetanmu, bukan pasanganmu. Di mana kamu juga belum tahu bagaimana perasaannya yang sesungguhnya padamu. Jadi, jangan sampai dia hanya memanfaatkan rasa cintamu tersebut. 

Hindari dirimu untuk terlalu memprioritaskan dirinya hingga kamu selalu berkorban untuknya. Jangan prioritas dirinya di atas kebutuhan dan hal penting yang sebenarnya perlu kamu utamakan dan lakukan untuk dirimu sendiri. Karena hal tersebut salah untuk kamu lakukan. Jangan sampai kamu sendiri justru malah mengalami kesulitan dan kerugian karena mengabaikan dirimu sendiri. Selalu berkorban untuknya yang belum memberikan kepastian hanya akan membuatmu terluka jika nyatanya dia hanya mempermainkan perasaanmu saja. 

4. Terlalu mengumbar perasaanmu dan proses pendekatanmu pada teman-teman dan di media sosial

Hindari 5 Kesalahan Ini saat Pendekatan, Terlalu Berlebihan Mengejar!ilustrasi cerita kepada teman (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Jika kamu butuh teman untuk berbagi dan curhat mengenai perasaanmu pada gebetan atau apa yang kamu rasakan saat dalam proses mendekati gebetan, maka pilihlah teman yang dapat kamu percaya. Yaitu teman yang akan menjaga rahasiamu dan tidak mengumbarnya kemana-mana. Hal tersebut perlu kamu lakukan untuk menjaga perasaanmu, karena jika nyatanya kamu ditolak oleh gebetan maka itu tidak akan terlalu mempermalukan dirimu. 

Bayangkan jika kamu terlalu mengumbar perasaanmu dan proses pendekatanmu kepada teman-temanmu. Apalagi sampai menuangkannya di media sosial. Selain membuat gebetanmu risih dan teman-temanmu terganggu, saat kamu tidak jadian dengannya justru malah akan membuatmu malu akan kebucinanmu terhadapnya. Belum lagi jika teman-temanmu meledek atau memperolok kebucinanmu itu saat proses pendekatan ke gebetan. 

5. Kamu yang masih memiliki trust issue sehingga terlalu membatasi diri

Hindari 5 Kesalahan Ini saat Pendekatan, Terlalu Berlebihan Mengejar!ilustrasi membatasi diri (pexels.com/William Fortunato)

Jika kamu masih memiliki trust issue atau trauma akan pengalamanmu di masa lalu, jangan paksakan dirimu untuk langsung menjalin hubungan dengan mendekati seseorang yang baru di dalam hidupmu. Apalagi jika nyatanya gebetanmu malah memberikan respons positif dan menanggapi dengan baik dirimu saat kamu melakukan pendekatan padanya. 

Itu akan melukainya saat kamu menjadi terlalu membatasi dirimu ketika dia sudah menunjukkan ketertarikannya untuk menjalin hubungan denganmu. Padahal, kamulah yang lebih dulu mendekati dirinya. Jangan lakukan itu jika kamu tak mau menyakiti orang lain. Jauh lebih baik jika kamu mendekati orang yang kamu sukai saat kamu sudah benar-benar siap menjalin hubungan dan sudah bisa menghilangkan trust issue-mu itu. 

Saat dalam proses mendekati gebetan, kamu harus bisa menempatkan diri dan bersikap sewajarnya agar bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin saja terjadi. Dengan begitu, kamu bisa mencegah hal-hal yang tidak kamu inginkan atau merugikan dirimu.

Baca Juga: 7 Pendekatan Ini, Bikin Kamu Gak Kikuk Sama Rekan Kerja

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya