Comscore Tracker

5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!

Gak selamanya dia akan paham kode yang kamu berikan

Pernah gak sih terpikirkan olehmu kalau hanya memberi kode belum tentu gebetanmu akan paham dan peka akan perasaanmu terhadapnya? Apalagi jika kamu hanya menunggu dan berharap dia menyadari perasaanmu. Berharap si dia akan mengerti kodemu juga bukanlah kepastian. Jadi, inilah lima alasan kenapa sebaiknya kamu nyatakan cintamu kepadanya, setop hanya memberikan kode dan menunggu. 

1. Menunggu hanya membuang waktumu, lebih baik kamu sampaikan perasaanmu padanya

5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!ilustrasi menyatakan cinta (pexels.com/Juan Vargas)

Memang tidak semua orang berani untuk menyatakan cinta secara langsung kepada orang yang disukainya. Terutama perempuan, bisa karena malu, gengsi atau menganut stereotipe bahwa prialah yang harus lebih dulu menyatakan cinta, sedangkan perempuan hanya menunggu. Tapi, coba kamu pikirkan kembali, bagaimana dia tahu perasaanmu jika kamu saja tidak bilang cinta kepadanya? Apakah kamu berharap dia akan paham kode-kode cinta yang kamu berikan? 

Karena tidak semua orang peka, terutama pria. Menunggu hanya membuang waktumu, kamu juga akan memendam rasa cintamu dalam waktu yang lama jika berharap dia akan paham bahwa kamu menyukainya. Jauh lebih baik kamu ekspresikan rasa cintamu kepadanya dengan menyatakan cinta. Namun, kamu juga harus mempersiapkan hatimu jika ternyata dia tidak menyukaimu, tapi setidaknya kamu tidak membuang waktumu terlalu lama hanya untuk menunggunya. 

2. Menunggu tidak memberimu kepastian, sedangkan menyatakan cinta akan memberimu jawaban

5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!ilustrasi menyatakan cinta (pexels.com/Andres Ayrton)

Menunggu dan berharap gebetan paham perasaanmu dari kode-kode yang kamu berikan tetap saja tidak akan memberikanmu kepastian. Berbeda dengan saat kamu menyatakan cintamu kepadanya. Mengapa? Karena kamu akan mendapatkan jawaban darinya, apakah dia menyukaimu atau tidak.

Memang tidak ada jaminan dia akan membalas perasaanmu jika kamu menyatakan cinta kepadanya lebih dulu.

Namun setidaknya kamu mendapatkan kepastian dari jawaban yang diberikannya. Dengan begitu kamu juga akan tahu perasaan dia yang sesungguhnya terhadapmu. Jika nyatanya dia tidak menyukaimu, maka kamu bisa belajar untuk segera move on darinya. Itu lebih baik dibandingkan kamu hanya menunggu tanpa tahu bahwa ternyata dia tak menyukaimu. 

Baca Juga: 9 Ucapan Unik untuk Bilang I Love You dalam Bahasa Inggris, Cek!

3. Menunggu hanya membuatmu lelah akan ketidakpastian, jadi lebih baik kamu nyatakan cintamu

5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!ilustrasi menyatakan cinta (pexels.com/Katerina Holmes)

Tahukah kamu? Sebesar apa pun rasa cintamu padanya, namun menunggu akan membuatmu merasa lelah. Apalagi jika dia tidak memberikan respons dan balasan akan kode-kode yang kamu berikan.

Hal tersebut wajar terjadi karena belum tentu dia paham kode yang kamu berikan. Jika sudah seperti itu, yakinkah kamu akan terus menunggunya dengan menahan rasa lelahmu? 

Jangan buat hatimu lelah karena mengharapkan cinta yang kamu tak tahu kepastiannya. Jauh lebih baik kamu nyatakan cintamu kepadanya agar hatimu juga merasa lega dan tidak ada lagi beban karena memendam terus perasaan cintamu. Percayalah, kamu akan merasa plong saat kamu sudah mengeluarkan semua isi hatimu selama ini kepadanya. 

4. Menunggu hanya memberikan orang lain kesempatan untuk mendekatinya

5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!ilustrasi menyatakan cinta (pexels.com/Gary Barnes)

Diam menunggu hanya membuat orang lain memiliki kesempatan untuk mendekatinya, karena belum tentu hanya kamu saja yang menyukainya. Bisa saja ada banyak yang menyukainya seperti dirimu.

Jika kamu hanya menunggu, maka kamu harus siap melihat dia di dekati oleh orang lain yang berani menyatakan cintanya. Oleh karena itu, jangan biarkan kamu kehilangan cintamu, bahkan sebelum kamu menyatakan perasaanmu terhadapnya. 

Jadi, katakan cintamu sebelum kamu kehilangan dirinya. Begitu pun dengan dirimu, jika seandainya dia menolak perasaanmu, maka belum tentu di luar sama tidak ada yang menyukaimu.

Jangan memaksakan cintamu bahwa kamu harus dengannya. Mungkin di luar sana ada orang yang benar-benar mencintaimu dan tulus menyayangimu. Kamu harus bisa move on dan jangan sampai terpuruk jika gebetanmu tidak membalas rasa cintamu. 

5. Bahagiakan dirimu dengan menyatakan cintamu, jangan hanya diam dan memendam rasa sukamu

5 Alasan Lebih Baik Nyatakan Cinta, Stop Hanya Beri Kode dan Menunggu!ilustrasi menyatakan cinta (pexels.com/Katerina Holmes)

Jika kebahagiaanmu adalah dirinya, maka nyatakanlah perasaan sukamu kepadanya. Jangan hancurkan kebahagiaanmu hanya dengan menunggu dan melihatnya. Karena diam dan menunggu sambil memendam rasa sukamu hanya akan membuatmu menderita karena tak memiliki kepastian. 

Bukan cinta namanya jika kamu menderita karena menanggung perasaanmu. Cobalah keluarkan keberanianmu, agar dia tahu bahwa rasa cintamu kepadanya bisa membuatmu bahagianya. Dan tentunya kamu akan semakin bahagia jika dia menyambut dengan baik pernyataan cintamu.

Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka kamu harus mempersiapkan dirimu untuk bisa menerimanya. Tapi setidaknya kamu sudah berusaha mencoba menyatakan rasa cintamu kepadanya demi kebahagiaanmu. 

Menyatakan cinta ke gebetan memang tidak mudah, namun setidaknya kamu bisa mendapatkan kepastian dari gebetan mengenai perasaanmu terhadapnya. Jangan hanya menunggu dan berharap dia memahami perasaan sukamu berdasarkan kode yang kamu berikan. Seperti halnya lima alasan di atas, bahwa lebih baik kamu nyatakan cintamu, jangan hanya memberi kode dan menunggunya tanpa ada kepastian. 

Baca Juga: 5 Tips Percaya Diri saat Nyatakan Perasaan ke Pujaan Hati

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya